FIFA Usut Kasus Salt Bae yang Seenaknya Pegang Trofi Piala Dunia

Salt Bae tersandung kontroversi trofi Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Celebrity Chef asal Turki, Salt Bae, dilaporkan akan segera diperiksa oleh FIFA. Hal itu lantaran pria bernama asli Nusret Gokce itu memegang trofi Piala Dunia seenaknya ketika Argentina sedang berselebrasi merayakan gelar juara di edisi 2022.

Kehadiran Salt Bae memang mengejutkan. Entah kenapa, dia tiba-tiba ada di lapangan dan memegang trofi Piala Dunia 2022. 

Para pemain Argentina diajaknya berfoto. Beberapa ada yang mau, tapi sisanya terlihat tak nyaman dengan kehadirannya, termasuk Lionel Messi.

Aksi Salt Bae tentunya sudah mengundang kritik tajam dari publik. Dia diserang, karena memang sesuai aturan, tak layak memegang trofi tersebut.

1. Segera ambil tindakan

Dilansir BBC, FIFA akan menindaklanjuti perbuatan Salt Bae yang menerobos masuk lapangan. Juru bicara FIFA mengatakan kalau mereka akan mengambil langkah yang sesuai terhadap kasus tersebut.

"FIFA telah menetapkan bagaimana individu memperoleh akses yang tidak semestinya ke lapangan setelah upacara penutupan Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium pada 18 Desember 2022. Tindakan internal yang sesuai akan diambil," ujar Juru Bicara FIFA.

Baca Juga: Kenapa Argentina Tak Puncaki Ranking FIFA Usai Juara Piala Dunia?

2. Trofi Piala Dunia tak bisa disentuh sembarang orang

FIFA Usut Kasus Salt Bae yang Seenaknya Pegang Trofi Piala Duniatrofi Piala Dunia (fifa.com).

FIFA sebenarnya sudah membuat aturan terkait siapa yang berhak memegang trofi Piala Dunia. Tidak sembarangan orang bisa memegang dan menyentuh trofi Piala Dunia.

Dianggap sebagai salah satu trofi paling berharga di dunia, hanya juara terkini, terdahulu, dan kepala negara, yang boleh memegang trofi tersebut. Itu demi menjaga kesakralan dan nilai dari trofi Piala Dunia.

Jelas, dari aturan ini, Salt Bae tidak masuk dalam kriteria tersebut. Pun, Salt Bae tak masuk ke dalam Football Family, hanya relasi dari beberapa pemain dan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

3. Beberapa pemain pernah kunjungi restoran Salt Bae

FIFA Usut Kasus Salt Bae yang Seenaknya Pegang Trofi Piala DuniaSalt Bae bersama Lionel Messi dan Paul Pogba. (dailysabah.com)

Salt Bae memiliki sejumlah restoran steak mewah dan menjadi terkenal pada 2017 berkat tekniknya dalam menaburkan garam untuk membumbui daging. Sejumlah bintang sepak bola ternama pun sempat mengunjungi restorannya seperti Cristiano Ronaldo, David Beckham, Paul Pogba, dan Messi.

Messi yang akhirnya sukses memenangkan Piala Dunia pertamanya dan yang ketiga bagi Argentina, sempat terlibat dengan kisruh Salt Bae. Pria Turki itu sempat mengajak Messi berfoto, tetapi Messi tampak tak senang dengan kehadirannya.

Baca Juga: Ramai Tolak Salt Bae dari Sepak Bola Usai Pegang Trofi Piala Dunia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya