Head to Head Belanda Vs Argentina: Laga Klasik yang Ketat

Keduanya sudah sering bertemu sebelumnya

Jakarta, IDN Times - Belanda akan menghadapi Argentina pada pertandingan perempat final Piala Dunia 2022. Duel yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Sabtu (10/12/2022) mulai pukul 02.00 WIB itu, diprediksi berlangsung sengit.

Bagaimana tidak, banyak warna yang terkandung dalam duel ini. Selain itu, dari segi teknis, kekuatan kedua tim berimbang dan memiliki kemiripan dalam urusan statistik. Mari kita bedah satu per satu.

1. Belanda sedikit lebih unggul

Head to Head Belanda Vs Argentina: Laga Klasik yang KetatMemphis Depay (kanan) sedang berduel dengan Walker Zimmerman (kiri) dalam duel Belanda vs Amerika Serikat dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Belanda dan Argentina sudah sering bertemu sepanjang sejarah baik dalam Piala Dunia maupun laga persahabatan. Dilansir 11 v 11, keduanya sudah saling berhadapan sebanyak sembilan kali.

Dari sembilan pertemuan tersebut, Belanda sedikit lebih unggul. De Oranje berhasil menang empat kali sedangkan Albiceleste berjaya dalam tiga kesempatan. Sedangkan dua pertemuan lainnya berakhir imbang.

Baca Juga: Prediksi Argentina Vs Belanda: Sejarah dan Dendam Lama

2. Argentina menang di pertemuan terakhir

Head to Head Belanda Vs Argentina: Laga Klasik yang KetatPemain Argentina, Lionel Messi coba melepaskan sepakan saat dikepung pemain belakang Polandia dalam duel babak penyisihan Grup C Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Pertemuan keduanya di Piala Dunia sudah terjadi sebanyak lima kali. Terakhir, pada semifinal di edisi 2014, Argentina sukses mengalahkan Belanda lewat adu penalti.

Pada Piala Dunia 2006, pertandingan berakhir imbang 0-0. Belanda terakhir kali bisa mengalahkan Argentina pada Piala Dunia 1998 dengan skor 2-1 berkat gol yang dicetak Patrick Kluivert dan Dennis Bergkamp.

3. Siap-siap jantungan

Head to Head Belanda Vs Argentina: Laga Klasik yang KetatSelebrasi Frenkie de Jong dan Memphis Depay saat membobol gawang Qatar. (Twitter/@FIFAWorldCup).

Di atas kertas, kedua tim memiliki kekuatan yang seimbang. Jika dilihat dari statistik lima pertandingan terakhir, maka Belanda sedikit lebih unggul karena meraih empat kemenangan dan sekali imbang. Sedangkan Argentina, empat kali menang dan sekali kalah.

Torehan gol Belanda di Piala Dunia 2022 pun sedikit lebih banyak dibanding Argentina. Tim asuhan Louis van Gaal mengoleksi delapan gol, satu lebih unggul ketimbang Albiceleste. Maka dari itu, pertandingan diprediksi akan berjalan sengit dan panas. Besar kemungkinan pemenangnya akan ditentukan lewat adu penalti.

Baca Juga: Virgil van Dijk: Belanda Bukan Lawan Lionel Messi, tapi Argentina

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya