Comscore Tracker

Jangan Lewatkan, Ini Jadwal Undian 16 Besar Liga Champions

Hayo, tim favorit kamu ketemu siapa ya?

Jakarta, IDN Times - UEFA akan menggelar undian babak 16 besar Liga Champions pada Senin malam nanti WIB (7/11/2022). Sebanyak 16 tim akan diundi dan ditentukan nasibnya dari UEFA Headquarters di Nyon, Swiss.

Dari peta yang muncul, bukan tak mungkin tercipta partai maut sejak babak 16 besar. Sebab, beberapa raksasa juga berstatus runner up grup seperti Inter Milan dan Liverpool.

Baca Juga: Daftar Tim yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2022/23

1. Babak 16 besar mulai Februari 2023

Jangan Lewatkan, Ini Jadwal Undian 16 Besar Liga ChampionsDrawing Liga Champions. (eurosport.com)

Babak 16 besar Liga Champions baru akan digelar mulai Februari 2023. Tepatnya, leg 1 akan digelar mulai 14, 15, 21, dan 22 Februari 2023. Kemudian, leg 2 digelar pada 7, 8, 14, dan 15 Maret 2023.

Tapi, sebelum itu, ada baiknya menyaksikan undian babak 16 besar. Prosesi undian bisa disaksikan secara langsung di situs resmi UEFA pada link berikut ini mulai pukul 18.00 WIB.

2. Dibagi jadi dua pot unggulan dan non-unggulan

Jangan Lewatkan, Ini Jadwal Undian 16 Besar Liga ChampionsBarcelona vs Bayern Munich. (theday.com)

Drawing akan dibagi ke dalam dua pot. Masing-masing pot menandakan juara grup (unggulan) dan runner-up (non-unggulan).

Untuk tim-tim unggulan terdiri dari Napoli, Porto, Bayern Munich, Tottenham Hotspur, Chelsea, Real Madrid, Manchester City, dan Benfica. Sedangkan tim-tim non-unggulan yaitu Liverpool, Club Brugge, Inter Milan, Eintracht Frankfurt, AC Milan, RB Leipzig, Borussia Dortmund, dan Paris Saint-Germain.

3. Beberapa peraturan jelang drawing

Jangan Lewatkan, Ini Jadwal Undian 16 Besar Liga ChampionsRekor 20 laga tanpa kekalahan Real Madrid akhirnya terputus usai kalah dari RB Leipzig di laga Grup C Liga Champions 2022/23. (realmadrid.com)

Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan jelang undian berlangsung. Tim-tim yang berasal dari negara yang sama tidak bisa bertemu satu sama lain di babak 16 besar.

Kemudian, tim yang berada di grup yang sama di fase grup, juga tidak bisa bertemu. Lebih lanjut, tim yang dikategorikan sebagai unggulan, akan bertindak sebagai tim tamu di leg pertama.

Peraturan gol tandang juga ditiadakan. Itu artinya, gol tandang tidak memiliki keuntungan sama sekali. Jika suatu pertandingan tetap imbang, pertandingan akan terus dilanjutkan hingga mendapatkan pemenang.

Baca Juga: Persaingan Topskor Liga Champions, Mbappe dan Salah Melesat

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya