Kroasia Mau Buyarkan Mimpi Lionel Messi Jadi Juara Dunia

Bermodalkan trisula maut lini tengah, Kroasia ingin juara

Jakarta, IDN Times - Kroasia mengusung misi ganda dalam duel kontra Argentina dalam semifinal Piala Dunia, Rabu dini hari WIB (14/12/2022), di Lusail Iconic Stadium. Selain ingin lolos ke final, tim berjuluk Vatreni itu akan berupaya sekuat tenaga untuk bisa mengakhiri mimpi Lionel Messi menjadi juara dunia bersama Argentina.

Kepercayaan diri Kroasia memang meninggi, apalagi setelah mampu mengalahkan Brasil. Comeback yang dicatatkan saat melawan Brasil, diakui oleh bek kanan Kroasia, Josip Juranovic, membuat kepercayaan dirinya meningkat. Kini, Juranovic menyatakan kalau Kroasia tak perlu takut main lawan siapa saja.

"Saya pikir kami tidak perlu untuk menakuti siapapun," kata Juranovic dilansir Al Jazeera.

1. Tidak hanya fokus untuk hentikan Messi

Kroasia Mau Buyarkan Mimpi Lionel Messi Jadi Juara DuniaBruno Petkovic di Piala Dunia 2022 (instagram.com/brunopetkovicofficial)

Messi memang menjadi sorotan di Piala Dunia 2022. Performanya melejit dan efektif bareng Argentina. Buktinya, dia sudah mencetak empat gol dan dua assist dari lima laga.

Semua tim mengamati pergerakan Messi, termasuk Kroasia. Tapi, Messi tak akan menjadi fokus Kroasia. Pemain yang mengelilinginya, juga akan diamati pergerakannya.

"Kami tidak memiliki rencana khusus untuk menghentikan Lionel Messi, setidaknya belum. Kami tidak berkonsentrasi untuk hanya menghentikan satu pemain. Pendekatan kami yaitu harus menghentikan mereka sebagai sebuah tim, bukan dengan man-marking atau taktik serupa lainnya. Argentina bukan hanya Messi,” kata striker Kroasia, Bruno Petkovic.

Baca Juga: Perjalanan Argentina Melaju ke Semifinal Piala Dunia 2022

2. Bermain sebagai keluarga

Kroasia Mau Buyarkan Mimpi Lionel Messi Jadi Juara DuniaJosip Juranovic (instagram.com/hns_cff)

Kroasia secara mengejutkan berhasil mencapai partai puncak di Piala Dunia 2018 lalu. Saat itu mereka kalah dari Prancis dan harus puas menjadi runner-up. Kini, Kroasia dalam misi untuk bisa meraih sukses yang lebih baik dari empat tahun lalu dengan menjadikan kebersamaan sebagai kunci kesuksesan.

"Kami perlu memainkan permainan terbaik. Saya akan mengatakan rahasia kesuksesan kami adalah kebersamaan dan persatuan. Kami bertindak dan bermain sebagai sebuah keluarga," ujar Juranovic.

3. Lini tengah terbaik jadi kunci

Kroasia Mau Buyarkan Mimpi Lionel Messi Jadi Juara DuniaLuka Modric. (marca.com)

Mesin permainan Kroasia, disebut Juranovic, berada di lini tengah. Dengan kehadiran Marcelo Brozovic, Luka Modric, dan Mateo Kovacic, Kroasia tampil solid.

Kreativitas Modric mendapatkan dukungan dari mobilitas Brozovic dan Kovacic. Dengan kolaborasi tersebut, Kroasia sulit ditembus lini tengahnya.

"Saya pikir trio Kovacic, Modric, dan Brozovic, adalah kombinasi lini tengah Kroasia terbaik dalam sejarah. Semuanya menjadi sangat mudah ketika Anda bermain dengan mereka,” kata Juranovic.

Baca Juga: Menengok Kiprah Kroasia Selama Berlaga di Piala Dunia, Mengejutkan!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya