Legenda Timnas Belanda Bagi Ilmu ke Ratusan Anak Indonesia

Diikuti oleh ratusan anak Indonesia

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Belanda, KNVB, baru saja merampungkan kegiatan coaching clinic di Lapangan C, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, siang ini WIB (25/11/2022). Dalam aktivitas yang menjadi rangkaian kegiatan bertajuk Oranje Indonesia Festival ini, juga hadir legenda Timnas Belanda, Ron Vlaar.

Coaching clinic ini diikuti oleh ratusan anak Indonesia yang kurang beruntung. Kepala Strategi Pemasaran Internasional KNVB, Ilja Dijkstra, menyatakan kalau KNVB tidak hanya ingin mengumpulkan pendukung timnas Belanda asal Indonesia, tetapi juga berharap bisa membantu mengembangkan talenta muda nusantara.

"Kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam pengembangan sepak bola di Indonesia.
Kami yakin dengan level yang telah dimainkan Ron Vlaar saat masih aktif bermain, sia bisa menginspirasi anak-anak dan memberikan mereka pelajaran agar bisa mencapai level yang sama dengan Vlaar di masa depan," kata Ilja dalam pernyataannya.

Baca Juga: Ron Vlaar Ikut Meriahkan Oranje Indonesia Festival

1. Latih langsung anak-anak

Legenda Timnas Belanda Bagi Ilmu ke Ratusan Anak IndonesiaRon Vlaar hadir di coaching clinic KNVB di Jakarta. (IDN Times/Ahmad Fikri Adzhani)

Dalam coaching clinic ini, Ron Vlaar tampak memimpin sesi latihan teknik dasar dalam bermain sepak bola. Tak sendiri, Si Beton juga didampingi oleh pelatih KNVB Hillary dan Sicilia, bersama juga dengan KNVB World Coaches partner Inspire.

Vlaar terlihat memberikan materi seperti cara mengumpan yang baik, pergerakan dengan atau tanpa bola, dan kontrol. Anak-anak Indonesia yang mengikuti sesi ini terlihat sangat antusias dengan latihan yang diberikan.

2. Pentingnya kedisiplinan

Legenda Timnas Belanda Bagi Ilmu ke Ratusan Anak IndonesiaRon Vlaar hadir di coaching clinic KNVB di Jakarta. (IDN Times/Ahmad Fikri Adzhani)

Meski begitu, Vlaar tak melulu menekankan kemampuan bermain bola sebagai yang terpenting untuk menjadi pemain terbaik. Menurutnya, yang paling penting adalah kedisiplinan.

"Disiplin adalah hal utama bagi saya baik dalam berlatih, makan, tidur, dan lain-lain. Di usia dini, sepak bola dapat mengajarkan anak mengenai kedisiplinan lewat konsistensi berlatih dan bergaya hidup sehat untuk menjadi juara. Di samping itu, sepak bola juga dikenal sebagai olahraga tim di mana tiap anak harus mengetahui tentang pentingnya kerjasama untuk mencapai tujuan," ungkap kata eks Aston Villa tersebut saat ditemui di lapangan.

3. Tebak-tebakan selebrasi gol

Legenda Timnas Belanda Bagi Ilmu ke Ratusan Anak IndonesiaRon Vlaar hadir di coaching clinic KNVB di Jakarta. (IDN Times/Ahmad Fikri Adzhani)

Tak hanya berlatih sepak bola, Vlaar dan peserta coaching clinic juga saling bercanda satu sama lain. Mereka saling bertukar tawa sambil bermain tebak-tebakan selebrasi gol milik para bintang dunia.

Terlihat Vlaar menirukan selebrasi gol, dan anak-anak menebaknya. Sempat juga anak-anak meminta Vlaar untuk melakukan selebrasi gol seperti milik Kylian Mbappe, Cristiano Ronaldo, Edinson Cavani, dan Mohamed Salah.

Baca Juga: Tak Pakai Ban Kapten Pelangi, Van Dijk Enggan Dikartu Kuning

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya