Liverpool Bersua Ajax, Ada Penghormatan untuk Ratu Elizabeth II

Tak akan ada anthem Liga Champions yang diperdengarkan

Jakarta, IDN Times - Liverpool mengonfirmasi, akan memberikan beberapa penghormatan untuk Ratu Elizabeth II saat menjamu Ajax Amsterdam dalam laga lanjutan Grup A Liga Champions 2022/23. Hal itu dilakukan untuk mengenang jasa-jasa Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia beberapa hari lalu.

Rencananya, duel antara Liverpool melawan Ajax tersebut akan berlangsung di Anfield Stadium, Rabu (14/9/2022) dini hari WIB. Pertandingan ini digelar pada masa berkabung nasional menyusul meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Sempat ada keraguan apakah pertandingan akan bisa dilangsungkan atak tidak, tetapi dapat kini sudah bisa dikonfirmasi bahwa laga akan berjalan sesuai rencana. Klub tuan rumah pun sudah merencanakan sejumlah penghormatan.

"Liverpool akan menandai meninggalnya Yang Mulia Ratu [Elizabeth II] pada pertandingan Liga Champions melawan Ajax," tulis pernyataan klub dilansir Daily Mirror.

1. Ajax juga ikut memberikan sejumlah penghormatan kepada Ratu Elizabeth II

Liverpool Bersua Ajax, Ada Penghormatan untuk Ratu Elizabeth IIAnfield Stadium. (liverpoolfc.com)

Tak hanya Liverpool, tetapi juga dari Ajax selaku tim tamu. Mereka akan ikut dalam seremonial untuk menghormati Rau Elizabeth II.

"Para pemain, ofisial, staf, dan pendukung akan berkumpul untuk mengheningkan cipta sebelum kick-off. Para pemain juga akan mengenakan ban lengan hitam sebagai tanda penghormatan," bunyi pernyataan klub.

Baca Juga: Momen Ratu Elizabeth II Bersama Arsenal: Perjamuan di Buckingham

2. Tidak putar anthem Liga Champions

Liverpool Bersua Ajax, Ada Penghormatan untuk Ratu Elizabeth IITrofi Liga Champions. (UEFA.com)

Sebagai ungkapan rasa duka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, bendera di Anfield akan diturunkan setengah tiang. Kemudian, kedua tim juga akan memberikan penghormatan simbolis melalui media sosial.

"Bendera di Anfield telah diturunkan setengah tiang selama masa berkabung. Lambang klub di semua platform media sosial juga telah berubah menjadi hitam dan putih, mewakili warna masa berkabung,” lanjut pernyataan klub.

Menurut rencana, anthem Liga Champions yang biasa diperdengarkan saat kedua kesebelasan masuk ke lapangan, juga tidak akan diputar dalam laga nanti. Sebagai gantinya, lagu bertajuk Handel's Messiah akan dimainkan pada penobatan Raja Charles III.

3. Jadikan momen Ronaldo contoh

Liverpool Bersua Ajax, Ada Penghormatan untuk Ratu Elizabeth IIJurgen Klopp. (thisisanfield.com)

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, juga memberikan pandangannya mengenai hal tersebut. Menurutnya, para penggemar akan memberikan penghormatannya dengan benar seperti yang diberikan kepada bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo.

“Saya pikir itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Saya tidak berpikir para penggemar kami membutuhkan saran dari saya untuk menunjukkan rasa hormat. Ada banyak contoh di mana mereka menunjukkan rasa hormat yang tepat," ujar Klopp.

"Salah satu yang mengejutkan saya dan saya sangat bangga dengan momen itu adalah saat musim lalu ketika kami menghadapi Manchester United dalam situasi yang sangat menyedihkan untuk keluarga Cristiano Ronaldo. Dan itulah yang saya harapkan," lanjut dia.

Liverpool berharap dapat meraih poin penuh dari laga kontra Ajax. Sebelumnya, mereka terpaksa tunduk di hadapan Napoli dengan skor 1-4.

Baca Juga: Premier League Bisa Jalan Lagi, Tapi Laga di London Terancam

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya