Comscore Tracker

Menilik Gol Kontroversial Jepang vs Spanyol, Sahkah Itu?

Kemenangan Jepang singkirkan Jerman di Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas Jerman secara tragis tersingkir dari Piala Dunia 2022 meski menang 4-2 atas Kosta Rika, Jumat (2/12/2022) dini hari tadi WIB. Hal itu terjadi karena di waktu yang sama, Jepang secara mengejutkan sukses menaklukkan Spanyol 2-1.

Tragisnya Jerman tersingkir boleh dibilang bukan karena kemenangan Jepang, tapi proses gol yang membuat pesaingnya itu menang. Keputusan VAR yang kontroversial mengesahkan gol Jepang yang akhirnya memulangkan Jerman dari Qatar.

Andai saja gol Jepang itu dianulir, jalan cerita Jerman di Piala Dunia 2022 mungkin bakal lain.

1. Minta penjelasan FIFA

Menilik Gol Kontroversial Jepang vs Spanyol, Sahkah Itu?Gol kontroversial Jepang atas Spanyol. (skysports.com)

Jepang sukses membalikkan keadaan lewat dua gol cepat yang dicetak Ritsu Doan dan Ao Tanaka. Namun, yang menyita perhatian publik adalah gol dari Tanaka.

Sebelumnya, umpan cut-back dari Kaoru Mitoma dianggap telah keluar lapangan. Tetapi, setelah dicek menggunakan VAR, gol tersebut tetap sah. Hal itu pun menjadi perbincangan para pundit, salah satunya Graeme Souness.

“Kenapa FIFA tidak menjelaskan sesuatu yang sangat kontroversial kepada kita semua? Tolong jelaskan kepada kita,” kata dia dilansir Sky Sports.

Baca Juga: Duo Pencetak Gol Timnas Jepang Bermain di Bundesliga Jerman

2. Tak diperlihatkan sudut yang lain

Menilik Gol Kontroversial Jepang vs Spanyol, Sahkah Itu?Gol kontroversial Jepang atas Spanyol. (skysports.com)

Gol tersebut sebenarnya sempat dianulir oleh ofisial pertandingan yang hadir di lapangan. Tetapi, setelah dicek oleh VAR, gol tersebut akhirnya tetap disahkan.

Sebuah pandangan udara pun memperlihatkan kalau bola belum sepenuhnya keluar lapangan. Namun, hal itu belum cukup menurut Gary Neville.

"Rekaman udara menunjukkan bola ada di garis, tetapi, mungkin ada sebagian lainnya yang melewati garis. Rasanya tidak benar, saya berpikir kalau kami belum diperlihatkan dari sudut yang benar. Di Premier League, kami melihat semua sudut kamera VAR, di sini tidak," kata dia.

Ap yang dikatakan Neville sebetulnya memang harus dilakukan. Sebab, jika ditelisik melalui sudut lain, bola audah tak lagi menyentuh garis lapangan. 

3. FIFA harus beri klarifikasi ke Jerman

Menilik Gol Kontroversial Jepang vs Spanyol, Sahkah Itu?Timnas Jerman. (irishmirror.ie)

Souness melanjutkan, tayangan ulang yang diberikan belum cukup membuktikan bahwa bola belum keluar lapangan. Menurutnya, FIFA harus segera menjelaskan dengan menunjukkan bukti yang konkret terutama kepada Jerman.

“Ada 80 juta orang Jerman yang menunggu gambar yang menunjukkan kalau bola belum keluar lapangan. Jerman adalah negara dengan sepak bola yang besar. Kenapa mereka dibuat kebingungan dan tak segera diberi klarifikasi?” ujar dia.

Baca Juga: Pesta Gol Jerman vs. Kosta Rika Tak Mampu Bawa Keduanya Lolos 16 Besar

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya