Comscore Tracker

Messi Inggris yang Meredup Setelah Gabung ManCity

Patrick Roberts sempat dianggap sebagai the next Messi

Jakarta, IDN Times - Patrick Roberts sempat digadang-gadang akan menjadi asset sepak bola Inggris. Gaya mainnya sempat dibanding-bandingkan dengan Lionel Messi. Apalagi ia juga main dengan kaki kiri dan juga berposisi sebagai pemain sayap.

Tumbuh di akademi sepak bola Fulham, Roberts sempat mencicipi bermain di tim utama the Cottagers. Dengan talentanya, Liverpool juga sempat memperlihatkan ketertarikan sebelum dirinya direkrut oleh Manchester City pada tahun 2015.

Namun sejauh ini ia hanya bermain satu kali di Premier League, itupun hanya empat menit saat menghadapi Tottenham Hotspur tahun 2015 lalu. Kini, ia tengah menjalani peminjaman di Prancis bersama Troyes. Ini merupakan keenam kalinya ia dipinjamkan secara berturut-turut.

1. Dijuluki Messi mini

Messi Inggris yang Meredup Setelah Gabung ManCityPatrick Roberts. (espn.co.uk)

Pelatih Fulham saat itu, Felix Magath, adalah orang yang memberikan Roberts debut di tim utama Fulham saat melawan Manchester City. Magath menganggap bakat seorang Roberts sangatlah luar biasa.

Sampai-sampai, di akademi saja ia dijuluki Messi mini. Setelah hanya 22 pertandingan bersama tim senior, City bergerak cepat dengan mengamankan bakat gemilang Roberts seharga 12 juta Pounds.

Baca Juga: 5 Perbedaan Gaya Permainan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

2. Terus dipinjamkan

Messi Inggris yang Meredup Setelah Gabung ManCityPatrick Roberts. (skysports.com)

Pada tahun 2016, Roberts dipinjamkan ke tim Skotlandia, Celtic. Di sana, ia memperlihatkan performa apiknya. Di musim perdananya, ia main sebanyak 13 kali. Akhirnya, Celtic memperpanjang masa peminjamannya untuk dua musim lagi. Alhasil, ia sukses di sana dengan memainkan 65 pertandingan di semua kompetisi.

3. Peminjaman yang gagal

Messi Inggris yang Meredup Setelah Gabung ManCityPatrick Roberts. (skysports.com)

Tidak bisa menembus skuat bertabur bintang milik Manchester City pada tahun 2018, ia Kembali dipinjamkan dan kali ini ke Spanyol. Tapi Roberts tampil mengecewakan dan membawa Girona terdegradasi dari La Liga.

Musim depannya, ia lagi-lagi dipinjamkan dan kali ini ia tetap berada di Inggris. Norwich City yang saat itu berstatus tim promosi berkesempatan menggunakan jasanya. Tetapi, peminjaman itu hanyalah bencana lainnya setelah periode mengecewakan di Girona. Ia hanya main di tiga pertandingan sebelum akhirnya Norwich memutuskan untuk menyelesaikan peminjaman lebih cepat pada bulan Januari. Lebih buruknya lagi, ia menerima kritikan pedas dari Daniel Farke.

“Kami harus berhati-hati dengan ekspektasi yang berlebihan terhadap pemain pinjaman dari Manchester City. Dia tidak memenangkan gelar bersama mereka musim lalu. Ia hanya pemain pinjaman yang timnya terdegradasi,” kata Farke dikutip Daily Mirror.

4. Tak kunjung membaik

Messi Inggris yang Meredup Setelah Gabung ManCityPatrick Roberts. (dcfc.co.uk)

Roberts melanjutkan kariernya di Middlesbrough. Di sana ia tampil lumayan dalam dua musim dengan catatan 21 pertandingan di semua kompetisi. Tetapi, di musim kedua, Middlesbrough tidak puas dan akhirnya diputus lagi kesepakatannya pada bulan Januari.

Pada musim 2020/2021 ia lagi-lagi dipinjamkan. Kali ini ke Derby County yang dilatih Wayne Rooney. Di sana, penampilannya sama saja. Tak ada peningkatan.

5. Kemungkinan peminjaman terakhir

Messi Inggris yang Meredup Setelah Gabung ManCityPatrick Roberts. (manchestereveningnews.co.uk)

Musim panas ini, ia lagi-lagi dipinjamkan. Ia bersama tiga pemain Manchester City lainnya dipinjamkan ke Troyes. Tim yang berada di bawah grup pemilik yang sama dengan Manchester City. Tetapi, sejauh ini, ia baru main di satu pertandingan dengan catatan 13 menit.

Kontrak Roberts menyisakan satu musim lagi. Tampaknya, Manchester City tidak akan memperpanjangnya. Kecuali, jika tiba-tiba Roberts tampil impresif di Troyes dan berhasil mengubah pikiran Guardiola.

Baca Juga: Manchester City Nyaris Rekrut Mason Greenwood

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya