MU Incar Titisan Andrea Pirlo di Leeds United 

Leeds pasang harga 60 juta poundsterling untuk Phillips

Jakarta, IDN Times - Manchester United terus berbenah untuk mendapatkan skuad yang ideal dalam misi untuk menuntaskan puasa gelar selama empat tahun terakhir. Posisi gelandang bertahan menjadi sektor yang paling disorot oleh manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer.

Memang, gelandang bertahan menjadi PR besar buat MU dalam beberapa tahun terakhir. Fred dianggap tak terlalu cakap buat mengemban tugas sebagai gelandang bertahan. Scott McTominay juga kurang memuaskan dan Nemanja Matic kian lambat seiring termakan usia.

Makanya, Solskjaer sempat membidik Declan Rice, gelandang West Ham yang sedang naik daun. Namun, Rice merupakan opsi yang mahal. Harga Rice yang selangit bikin MU pikir-pikir buat merekrutnya. Maka dari itu, MU mencari alternatif lain dan kini sudah menemukannya.

1. Incar gelandang elegan Leeds United

MU Incar Titisan Andrea Pirlo di Leeds United Kalvin Phillips. (independent.co.uk)

The Sun melansir, MU memang menjadikan Rice sebagai prioritas. Namun, banderolnya yang mencapai 100 juta poundsterling dianggap tak masuk akal

Sebagai gantinya, gelandang elegan Leeds United, Kalvin Phillips, jadi incaran baru MU. Kualitas Phillips dianggap tak jauh beda dengan Rice. Pun, Phillips memenuhi kriteria gelandang bertahan yang dibutuhkan oleh Setan Merah, kuat dan ngotot dalam urusan duel bola.

Bersama Rice, Phillips membuat lini tengah Inggris begitu menakutkan dan mengantarkannya ke final Piala Eropa 2020.

2. Kualitas serupa, harga berbeda

MU Incar Titisan Andrea Pirlo di Leeds United Kalvin Phillips. (skysports.com)

Selain memiliki kualitas yang setara dengan Rice, Phillips jadi alternatif yang lebih ramah di kantong. Leeds kabarnya akan mendengar penawaran yang masuk untuk pemain jebolan akademinya tersebut jika ada yang berani mendekati valuasi sekitar 60 juta poundsterling.

Tak mahal-mahal amat. Tapi, kalau MU mau dekati Phillips tahun depan, bisa jadi harganya lebih murah karena kontraknya akan habis pada 2024 mendatang. Hanya saja, akan jadi repot jika Leeds sukses memperpanjang kontrak Phillips.

3. Enggan pindah

MU Incar Titisan Andrea Pirlo di Leeds United goal.com

Meski kesempatan MU tampak terbuka lebar, ternyata Phillips enggan untuk berpisah dengan klub yang membesarkan namanya tersebut. Justru, Phillips yang asli Leeds masih betah bermain dengan The Whites.

Susah jika sudah bicara kedekatan emosional. Sebab, bukan tak mungkin Phillips akan menjadi seorang Steven Gerrard versi Leeds yang tak kunjung pindah ke klub lain di Inggris karena mau bela tim kota kelahirannya.

"Arti Manchester United bagi saya? Tidak ada," kata Phillips menanggapi isu ketertarikan MU.

Namun, sebenarnya MU punya kisah menarik dengan Leeds dalam urusan transfer pemain. Beberapa kali, kedua klub sering melakukan transfer yang bagus.

Terakhir, Daniel James pindah ke Leeds dari MU. Sebelumnya, MU sempat membeli sejumlah pemain top dari Leeds seperti Rio Ferdinand, Eric Cantona, hingga Alan Smith.

Baca Juga: Kalvin Phillips, si Penjelajah di Lini Tengah Inggris

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya