Comscore Tracker

Paulo Bento Nyatakan Mundur dari Kursi Pelatih Korea Selatan

Paulo Bento akan beristirahat lebih dulu

Jakarta, IDN Times - Pelatih timnas Korea Selatan, Paulo Bento, memutuskan untuk mundur dari kursi pelatih Korea Selatan. Hal itu disampaikan usai dirinya gagal membawa skuad Taeguk Warriors melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Korea Selatan masih belum bisa menahan superioritas Brasil dalam duel babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bentrok di Stadion 974, Qatar, Selasa (6/12/2022), Son Heung Min dan kolega menyerah dengan skor telak 4-1.

"Saya harus memikirkan masa depan dan itu tidak akan terjadi dengan tim nasional Korea Selatan. Saya baru saja mengumumkan kepada para pemain dan presiden federasi Korea Selatan dan ini adalah keputusan yang sudah saya ambil sejak September," kata dia dilansir Daily Mail.

1. Paulo Bento sudah ucapkan terima kasih atas perjuangan anak asuhnya

Paulo Bento Nyatakan Mundur dari Kursi Pelatih Korea Selatantwitter.com/KORFootballNews

Usai menyampaikan keinginannya, Paulo Bento akhirnya mengucapkan terima kasih kepada para pemain Korea Selatan. Ia mengaku sangat bangga telah bisa melatih mereka dan tampil cukup baik di Piala Dunia 2022.

"Saya harus berterima kasih kepada mereka atas semua yang telah mereka lakukan. Mereka telah memberikan yang terbaik, saya sangat senang dan bangga telah menjadi manajer mereka," ujar pelatih asal Portugal ini.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Brasil Bantai Korsel, Neymar Sejajar Pele

2. Tim media Korea Selatan belum umumkan Paulo Bento mundur

Paulo Bento Nyatakan Mundur dari Kursi Pelatih Korea SelatanTimnas Korea Selatan bersama sang pelatih, Paulo Bento. (thenationalnews.com)

Mesikpun Paulo Bento berkata demikian, federasi sepak bola Korea Selatan (KFA), belum mengumumkan perihal mundurnya pelatih tersebut. Tim media mereka menyebut, Paulo Bento belum resmi menanggalkan jabatannya sebagai pelatih.

Masih menurut sumber yang sama, ucapan bernada perpisahan yang dikatakan Paulo Bento , disimpulkan oleh banyak pihak sebagai pernyataan pengunduran diri. Menurutnya, itu tak benar, karena sang pelatih hanya akan berisitirahat sejenak dan baru akan memutuskan masa depannya nanti.

3. Jekak Korea Selatan di Piala Dunia 2022 bersama Paulo Bento

Paulo Bento Nyatakan Mundur dari Kursi Pelatih Korea SelatanPara pemain Korea Selatan melakukan protes bersama pelatihnya Paulo Bento. Dalam laga Grup H Piala Dunia 2022, Korsel kalah tipis 3-2 dari Ghana. (foxnews.com)

Langkah Paulo Bento bersama Korea Selatan di Piala Dunia 2022 tak berjalan mulus. Dia hanya bisa membawa anak asuhnya bermain imbang 0-0 kontrak Uruguay dalam laga pertama di babak penyisihan Grup H. 

Kemudian, misi Korea Selatan untuk melaju ke fase gugur sempat menipis. Maklum, pada laga kedua mereka harus dikalahkan Ghana dengan skor tipis 2-3. Dalam laga tersebut, Paulo Bento juga diganjar kartu merah lantaran melakukan protes keras usai pertandingan.

Namun, saat dia tak bisa menemani tim menjalani laga terakhir di babak penyisihan, kejutan dilakukan Korea Selatan. Mereka secara tak terduga mampu mengalahkan Portugal dengan skor tipis 2-1. Sehingga, dinyatakan lolos sebagai runner-up.

Memasuki babak 16 besar, Korea Selatan harus bentrok dengan tim raksasa Brasil. Mereka pun kesulitan meladeni permainan cantik dari tim Samba. Hingga akhirnya, Korea Selatan menyerah dengan skor telak 4-1.

Hasil mengecewakan itu mungkin jadi salah satu pertimbangan Paulo Bento menyatakan mundur dari kursi pelatih Korea Selatan. Namun, sebelum keputusan resmi diumumkan, dia masih tetap berstatus sebagai pelatih skuad Taeguk Warriors.

Baca Juga: Jadi Saksi Brasil Bantai Korea Selatan, Stadion 974 Langsung Dibongkar

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya