Comscore Tracker

Pele yang Tebar Tersenyum Meski Derita Tumor

Pele dirawat selama enam hari untuk operasi

Jakarta, IDN Times - Legenda hidup Brasil, Pele, kembali masuk rumah sakit. Dia dirawat di Albert Einstein Hospital, Sao Paulo, Brasil, untuk menjalani operasi pengangkatan tumor usus besar.

Dilansir dari The Sun, kesehatan pria yang punya nama asli Edson Arantes do Nascimento tersebut memang mengkhawatirkan dalam beberapa hari belakangan. Kondisinya mulai tak stabil karena tumor yang dialaminya.

Maka dari itu, dokter menyarankan agar Pele melakoni operasi. Tentu, mereka sudah mempertimbangkan segala risiko yang muncul, mengingat usia Pele sudah menginjak 80 tahun. 

Baca Juga: Tinggal 11 Gol Lagi! Neymar Bisa Patahkan Rekor Pele

1. Tebar senyum meski sakit

Selama enam hari terakhir, Pele dirawat di rumah sakit. Tumor itu terdeteksi saat Pele sedang melakukan pemeriksaan kardiovaskular dan laboratorium rutin pada pekan lalu.

Kemudian, tim dokter menemukan adanya luka mencurigakan di usus besar kanan. Ternyata, diungkapkan Pele, lewat akun instagramnya, itu adalah tumor.

Ketika mengumumkan kabar yang mengkhawatirkan itu, Pele tak menulis nada yang bikin orang panik. Pele tetap Pele yang selalu membuat orang terinspirasi. Dia terlihat tegar, menebar senyum dalam unggahannya, dan meminta semua orang tenang. Sebab, dia merasa dikelilingi optimisme dan kegembiraan dari keluarga serta orang terdekatnya agar bisa sehat kembali.

"Puji Tuhan karena merasa sangat baik dan telah mengizinkan Dr Fabio dan Dr Miguel untuk menjaga kesehatan saya. Sabtu lalu, saya menjalani operasi untuk menghilangkan luka yang mencurigakan di usus besar kanan. Tumor itu teridentifikasi pada tes yang saya lakukan minggu lalu," tulis Pele.

"Untungnya, saya terbiasa merayakan kemenangan besar bersama Anda. Saya akan menghadapi pertandingan ini dengan senyum di wajah. Banyak optimisme dan kegembiraan karena dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman saya tercinta," lanjutnya.

2. Berangsur pulih

Pele yang Tebar Tersenyum Meski Derita TumorPele. (irishtimes.com)

Sempat ada kabar yang menyebutkan, karena tumor ini, Pele pingsan. Namun, dia menepisnya.

Pele menyatakan dalam kondisi sehat. Dia juga mulai berangsur pulih setelah menjalani prosedur operasi tumor.

"Teman-teman, saya tidak pingsan dan dalam kesehatan yang sangat baik. Saya mengikuti tes rutin yang sebelumnya tidak bisa saya lakukan karena pandemi," ujar Pele.

3. Kondisi di film dokumenter

Pele yang Tebar Tersenyum Meski Derita TumorPele. (mirror.co.uk)

Awal 2021, para penggemar telah lebih dulu dibuat khawatir oleh Pele. Pada sebuah film dokumenter yang menceritakan kisah suksesnya yang berawal dari seorang anak miskin hingga menjadi juara Piala Dunia tiga kali, dia terlihat seperti sosok lemah dan rapuh. 

Penggemar dibuat prihatin dengan fisik Pele setelah karena menggunakan alat bantu jalan dan kursi roda di berbagai momen dokumenter tersebut. Dalam sebuah adegan pembuka, Pele bisa mencapai tempat duduknya di depan kamera dengan menggunakan alat bantu jalan. Kemudian, di adegan lainnya, dia terlihat menggunakan kursi roda ketika tiba di acara barbekyu.

Pele menjalani operasi pinggul pada Desember 2015. Putranya, Edinho, menyatakan sang ayah menjadi cukup rapuh karena kurangnya rehabilitasi setelah menjalani operasi.

Baca Juga: Dukungan Moral dari Pele untuk Mbappe yang Gagal Eksekusi Penalti

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya