Penyusup Laga Portugal Vs Uruguay Ternyata Pemain Sepak Bola

Portugal menang 2-0 atas Uruguay

Jakarta, IDN Times - Portugal menang meyakinkan atas Uruguay dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan Grup H di Lusail Stadium, Selasa dini hari WIB (29/11/2022). Namun, kemenangan itu, aksi Portugal sempat diganggu penyusup lapangan.

Insiden ini terjadi pada menit 51. Saat itu, penyusup yang menggunakan kaus biru tersebut berlari dengan membawa bendera pelangi. Aksinya menarik perhatian para pemain dan petugas keamanan langsung mengejarnya.

1. Ternyata, pelakunya pesepak bola profesional

Penyusup Laga Portugal Vs Uruguay Ternyata Pemain Sepak BolaPenyusup laga Portugal lawan Uruguay. (diariodesevilla.es)

Dilansir Daily Mail, penyusup tersebut adalah seorang pria bernama Mario Ferri. Pun, identitas Ferri mengejutkan, karena merupakan pesepak bola asal Italia yang main di klub kasta kedua India, United Sports Club.

Ferry beraksi dengan menggunakan kaus biru ala Superman. Dia membawa bendera pelangi, dan di belakang kausnya tertulis sebuah frasa, "Respect For Iranian Women". Frasa itu jelas menjadi dukungan buat wanita Iran yang dianggap menjadi korban pengekangan.

Aksi Ferry sejalan dengan protes para pemain Iran sepanjang Piala Dunia 2022, yang menuntut pula kebebasan hak wanita. Tak hanya itu, dia juga membawa pesan untuk perdamaian di Ukraina.

2. Merupakan aktivis HAM pula

Penyusup Laga Portugal Vs Uruguay Ternyata Pemain Sepak BolaSeorang penonton berlari memasuki lapangan pertandingan Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2022 (Twitter.com/ESPNFC)

Ferri merupakan pria yang memang aktif meningkatkan kesadaran akan penegakan hak asasi manusia. Dia diketahui juga sedang bekerja sebagai sopir di Ukraina untuk membawa pengungsi ke tempat yang aman ke Polandia.

Ini bukan pertama kalinya Ferri menyusup ke dalam lapangan. Sebelumnya, pada Piala Dunia 2014 di Brasil, Ferri juga melakukan hal serupa yang sampai membuatnya menjadi tahanan rumah di Italia.

"Saya melakukannya sendiri. Saya membayar semuanya dan tidak menginginkan imbalan apa pun. Saya hampir bertengkar karena melihat seorang pria meminta uang untuk melakukan hal ini. Tidak dapat diterima, orang putus asa di sini dan ada beberapa yang ingin memanfaatkannya untuk bisnis," kata dia dilansir Daily Mail.

Baca Juga: Aksi Suporter Bawa Bendera Pelangi Saat Duel Portugal vs Uruguay

3. Portugal sudah lolos ke 16 besar

Penyusup Laga Portugal Vs Uruguay Ternyata Pemain Sepak BolaSelebrasi Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes saat bobol gawang Uruguay, Selasa dini hari WIB (29/11/2022). (Twitter/@selecaoportugal).

Aksi Ferri tak menghentikan keganasan Portugal di atas lapangan. Mereka menang dua gol tanpa balas atas Uruguay, berkat brace dari Bruno Fernandes.

Berkat kemenangan 2-0 Portugal atas Uruguay, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan telah berhasil meraih tiket ke babak 16 besar. Raihan poin mereka sudah pasti tidak dapat dikejar oleh Korea Selatan dan Uruguay yang baru meraup satu poin.

Baca Juga: Bendera Iran Diedit, Amerika Serikat Buka Suara

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya