Premier League Bakal Ubah Format Piala FA, Klub Napas Panjang

Premier League mulai pikirkan masa istirahat kompetisi

Jakarta, IDN Times - Premier League sedang menyusun rencana untuk melakukan perubahan terhadap format Piala FA dan Liga. Ada potensi, laga replay bakal dihapus pada musim ini dengan berbagai alasan.

Sudah dua musim, replay Piala FA dihentikan sementara sejak putaran ketiga karena pandemik COVID-19. Kebijakan yang sama juga diterapkan di Piala Liga musim ini, akibat Piala Dunia 2022, dengan pertandingan putaran ketiga, keempat, dan kelima, harus diundur waktunya.

Atas kondisi itu, Premier League pun berpikir buat menghapus secara permanen format pertandingan replay.

1. Bermanfaat buat longgarkan jadwal

Premier League Bakal Ubah Format Piala FA, Klub Napas Panjanglogo Premier League (skysports.com)

Perubahan ini diyakini bisa bermanfaat buat klub-klub Premier League dan kasta di bawahnya. Sebab, dengan penyesuaian format, jadwal kompetisi akan menjadi lebih longgar.

Selama ini, Piala FA dan Liga memang cukup menyibukkan tim-tim di Inggris. Dengan dua turnamen pendamping, klub-klub jadi lebih sibuk. Bahkan, tim-tim Premier League yang mentas di kompetisi Eropa, harus menyeimbangkan tim dengan menurunkan lapis keduanya.

Baca Juga: Bocah 15 Tahun Arsenal Gemparkan Premier League, Cetak Rekor

2. Masih dibahas

Premier League Bakal Ubah Format Piala FA, Klub Napas Panjanglogo Premier League (turbologo.com)

Para pemegang saham Premier League akan membahas sejumlah alternatif pada pertemuan yang akan dilaksanakan Rabu (21/9/2022). Dilansir Daily Mirror, ide penghapusan laga replay sejak putaran tiga dan empat akan dimulai pada 2024 mendatang.

Selain disambut oleh klub-klub Premier League, ide ini juga disambut oleh para kontestan kasta di bawahnya. Namun, ada hal yang menarik menyusul perubahan ini.

Konsep "New Deal for Football" akan diperkenalkan. Ini merupakan ide untuk membantu tim-tim EFL dan di bawahnya untuk mendapatkan dana bantuan. Pun, tim-tim yang terdegradasi dari papan atas juga akan menerimanya. Tetapi, EFL dilaporkan belum mengetahui rencana dari perubahan ini.

3. Piala Liga juga bisa dihapus

Premier League Bakal Ubah Format Piala FA, Klub Napas PanjangNewcastle United (skysports.com)

Ada usulan lain yang muncul, yakni Piala Liga dibatalkan. Selain itu, ada juga usulan untuk menyesuaikan jadwal Piala FA dengan memindahkan semua pertandingan ke pertengahan pekan.

Sebelumnya, struktur kedua kompetisi telah mengalami perubahan dengan Piala Liga mengubah putaran awal dari dua leg menjadi satu, pada 2001 silam. Sedangkan Piala FA sudah menerapkan sistem single match sejak perempat final dan putaran kelima dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Klub Premier League Kompak, Bersaing Datangkan Bintang Inter Milan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya