Profil Argentina, Status Unggulan Berbalut Ambisi Lionel Messi

Sudah juara Piala Dunia dua kali

Jakarta, IDN Times - Seperti biasanya, Argentina masuk sebagai unggulan dalam Piala Dunia, termasuk di edisi 2022 Qatar. Tak cuma soal prestasi, tapi Albiceleste juga dipenuhi talenta berkualitas.

Momentum mereka juga terbilang bagus di Piala Dunia 2022. Berhasil juara di Copa America dan tak terkalahkan sepanjang Kualifikasi CONMEBOL, membuat Argentina layak diperhitungkan di Qatar.

Tergabung di Grup C bersama Meksiko, Polandia, dan Arab Saudi, Lionel Messi Cs digadang-gadang bisa melaju ke fase gugur.

1. Sudah dua kali juara

Profil Argentina, Status Unggulan Berbalut Ambisi Lionel Messipotret timnas Argentina (instagram.com/afaseleccion)

Argentina dianggap sebagai salah satu tim nasional terbaik di dunia. Mereka sudah pernah menjuarai Piala Dunia sebanyak dua kali, yaitu pada edisi 1978 dan 1986.

Di partai final edisi 1978, Argentina mengandaskan perlawanan Belanda lewat gol yang dicetak Mario Kempes dan Daniel Bertoni. Sedangkan pada 1986, Argentina menaklukkan Jerman yang kala itu masih bernama Jerman Barat.

Baca Juga: Messi Catat Rekor Baru Bareng Timnas Argentina

2. Harapan Argentina di pundak Lionel Scaloni

Profil Argentina, Status Unggulan Berbalut Ambisi Lionel MessiLionel Scaloni (skysports.com)

Sejak ditangani oleh Lionel Scaloni, Argentina tampak sangat mengerikan. Bagaimana tidak, mereka kini belum merasakan kekalahan dalam 35 pertandingan beruntun.

Argentina terakhir kali menelan kekalahan dari rival abadinya, Brasil, di semifinal Copa America pada 2019 lalu. Sejak itu, mereka telah mencatatkan 24 kemenangan dan 11 hasil imbang di seluruh ajang.

Terakhir, mereka juga mengalahkan raksasa Eropa, Italia, dalam laga bertajuk La Finalissima, edisi pertama yang mempertemukan juara CONMEBOL dan UEFA.

3. Momentum dan skuad yang lengkap

Profil Argentina, Status Unggulan Berbalut Ambisi Lionel MessiTimnas Argentina. (fifa.com)

Argentina memiliki momentum yang sangat baik untuk menjuarai Piala Dunia 2022. Mereka tak terkalahkan sejak 2019 lalu. Tak hanya itu, dalam kurun waktu dua tahun, mereka telah menjuarai Copa America 2021 dan Finalissima.

Selain momentum, Argentina juga memiliki skuad yang lengkap. Messi tak lagi sendiri. Sebab, kini dia memiliki banyak rekan yang bisa membantunya seperti Rodrigo De Paul, Lautaro Martinez, hingga para pemain muda macam Julian Alvarez hingga Alejandro Garnacho.

Setelah sempat gagal juara di 2014 karena kalah dari Jerman, ada harapan baru buat Argentina sekarang. Apalagi, ini kemungkinan jadi Piala Dunia terakhir buat Messi. Mungkin saja, para pemain Argentina lebih berambisi dan bersemangat membantu La Pulga mengangkat trofi yang diidamkannya, serta mengakhiri dahaga 36 tahun di Piala Dunia.

Baca Juga: Profil Amerika Serikat, Pernah Nyaris Juara di Piala Dunia Pertama

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya