Profil Kanada, Tim Muda yang Baru Dua Kali Lolos Piala Dunia

Pertama kali lolos pada 1986

Jakarta, IDN Times - Kanada telah resmi mengakhiri dahaga 36 tahun berkompetisi di Piala Dunia. Tim berjuluk Les Rouges itu akan bersaing dengan tim-tim nasional terbaik di Piala Dunia 2022 yang akan mulai digelar pada 20 November.

Kanada lolos ke putaran final di Qatar sebagai pemuncak grup Kualifikasi Zona CONCACAF. Nantinya, Kanada akan saling adu sikut dengan Belgia, Kroasia, dan Maroko di Grup F.

Bagaimana peluang Kanada di Piala Dunia 2022 nanti? Mari kita simak fakta dan sejarahnya.

Baca Juga: 5 Fakta Aksi Mogok Pemain Timnas Kanada Jelang Piala Dunia 2022

1. Baru dua kali lolos putaran final

Profil Kanada, Tim Muda yang Baru Dua Kali Lolos Piala DuniaTimnas Kanada Pada Piala Dunia Tahun 1986. (thesefootballtimes.co)

Keikutsertaan Kanad di Piala Dunia 2022 akan menjadi yang kedua sepanjang sejarah. Kanada pertama kali lolos ke putaran final Piala Dunia pada 1986 yang digelar di Meksiko.

Saat itu, mereka berada di Grup C bersama Uni Soviet, Prancis, dan Hongaria. Sayangnya, Kanada takluk dalam tiga laga dan harus rela mengakhiri perjuangan dengan tangan hampa.

Baca Juga: Setelah 1986, Kanada Akhirnya Lolos Lagi ke Piala Dunia

2. Juara grup di babak kualifikasi

Profil Kanada, Tim Muda yang Baru Dua Kali Lolos Piala DuniaKanada lolos ke Piala Dunia 2022. (twitter.com/CanadaSoccerEN)

Pada edisi Piala Dunia 2022 nanti, Kanada memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi usai melaju lewat Kualifikasi Zona CONCACAF sebagai juara grup putaran terakhir. Dari 14 laga, Kanada sukses meraup 28 poin dari delapan kemenangan dan empat hasil imbang.

Kanada berhasil mengungguli raksasa CONCACAF, Meksiko. Tak hanya itu, Kanada juga berhasil memimpin tim-tim yang lebih berpengalaman di Piala Dunia seperti Amerika Serikat dan Kosta Rika.

Baca Juga: 8 Pemain Andalan Timnas Kanada, Siap Berlaga di Piala Dunia 2022!

3. Tiga pemain kunci

Profil Kanada, Tim Muda yang Baru Dua Kali Lolos Piala DuniaJonathan David (instagram.com/jodavid)

Performa mengesankan Kanada selama babak kualifikasi tak lepas dari kolektivitas dan produktivitas mereka dalam bermain. Bagaimana tidak, dari 14 pertandingan, Kanada berhasil melesakkan 23 gol dan hanya kebobolan tujuh gol.

Kanada memiliki tiga pemain andalan yang paling menonjol yaitu Jonathan David, Alphonso Davies, dan Cyle Larin. Tiga pemain yang membela klub Eropa ini tampil sangat produktif.

David, yang masih berusia 22 tahun, memiliki catatan sembilan gol dan lima assist. Kemudian, Davies, yang juga berusia 22 tahun, memiliki koleksi lima gol dan delapan assist. Terakhir, Larin, sukses membukukan 13 gol.

Menarik untuk dinantikan bagaimana kiprah Kanada di Piala Dunia 2022 nanti. Mampukah mereka lolos dari Grup F dan melaju jauh dengan skuat muda potensial yang dimiliki?

Baca Juga: Profil Kosta Rika, Siap Ulang Magi Piala Dunia 2014

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya