Profil Meksiko, Raja CONCACAF yang Rutin Ikut Piala Dunia

Meksiko hanya absen di lima edisi

Jakarta, IDN Times - Meksiko akan menjalani Piala Dunia ke-17 pada edisi 2022 di Qatar. Ya, penampilan yang begitu sering, karena Meksiko memang menjadi salah satu langganan dalam pesta sepak bola terbesar dunia itu.

El Tri lolos ke putaran final usai menjadi runner-up pada Kualifikasi Piala Dunia Zona CONCACAF 2021/22. Dari 14 laga, Meksiko berhasil menang delapan kali dan empat kali imbang. Mereka berada di Grup C bersama Argentina, Arab Saudi, dan Polandia.

1. Sering lolos dari fase grup

Profil Meksiko, Raja CONCACAF yang Rutin Ikut Piala DuniaTimnas Negara Meksiko (thesun.co.uk)

Sebagai langganan, Meksiko tak bisa dianggap enteng. Mereka selalu lolos dari fase grup dalam tujuh edisi Piala Dunia terakhir.

Bahkan, pada 2018 lalu, Meksiko sempat bikin kejutan dengan mengalahkan Jerman di fase grup lewat gol tunggal Hirving Lozano. Sayangnya, pemenang Piala Emas CONCACAF 11 kali ini selalu terhenti di fase gugur, seperti saat menghadapi Brasil pada 2018, Belanda di 2014, dan Argentina dalam edisi 2010 lalu.

Baca Juga: Profil Amerika Serikat, Pernah Nyaris Juara di Piala Dunia Pertama

2. Dua kali lolos ke perempat final

Profil Meksiko, Raja CONCACAF yang Rutin Ikut Piala Duniahttps://bleacherreport.com

Langkah terjauh Meksiko di Piala Dunia adalah mencapai perempat final. Total, mereka menginjakkan kakinya di delapan besar sebanyak dua kali.

Uniknya, pencapaian mereka itu dilakukan saat mereka menjadi tuan rumah. Meksiko dua kali menjadi tuan rumah pada edisi 1970 dan 1986.

3. Pemain kunci

Profil Meksiko, Raja CONCACAF yang Rutin Ikut Piala Duniapotret Guillermo Ochoa (en.as.com)

Meksiko memiliki sejumlah pemain kunci yang dapat diandalkan yang dapat terlihat sepanjang kualifikasi. Di posisi penjaga gawang ada, Guillermo Ochoa yang merupakan penggawa senior. Kemudian, ada Raul Jimenez yang performanya selalu bikin bek-bek lawan berkeringat di Premier League.

Tak cuma mereka, Meksiko juga punya lini tengah yang solid. Ada Hector Moreno dan Edson Alvarez yang masing-masing mencatatkan angka 86,7 dan 88 persen umpan sukses, mengutip data dari Fotmob.

Bagaimana kiprah Meksiko di Piala Dunia 2022 nanti? Akankah mereka melaju melewati perempat final? Menarik untuk dinantikan tentunya.

Baca Juga: Profil Wales, Melepas Kerinduan Panjang dari Piala Dunia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya