Van Dijk Lega Usai Belanda Lolos ke Piala Dunia 2022

Belanda lolos usai sikat Norwegia dua gol tanpa balas

Jakarta, IDN Times - Belanda pada akhirnya lolos ke Piala Dunia 2022, Qatar, usai menang atas Norwegia dengan skor 2-0, Rabu dini hari WIB. Hasil itu membuat bek Belanda, Virgil van Dijk lega.

Kemenangan atas Norwegia membuat Belanda lolos otomatis karena menjadi juara Grup G dengan koleksi 23 poin. Dengan demikian, Belanda berhasil mengembalikan gengsinya sebagai raksasa setelah absen di Piala Dunia 2018.

1. Sempat kritis

Van Dijk Lega Usai Belanda Lolos ke Piala Dunia 2022Virgil van Dijk (skysports.com)

Belanda sebenarnya sudah nyaris mengamankan tiket ke Piala Dunia 2022 pada pertandingan sebelumnya kontra Montenegro. Namun, dua gol telat dari Montenegro menggagalkan kemenangan Belanda yang sudah ada di depan mata. Laga pun berakhir imbang 2-2 dan mengancam peluang Belanda lolos otomatis.

Namun, tim asuhan Louis van Gaal berhasil lolos dari lubang jarum. Mereka pada akhirnya mengangkangi Norwegia, saingan terberatnya lewat dua gol yang dicetak Steven Bergwijn dan Memphis Depay.

Baca Juga: Diabaikan Indonesia, Justin Hubner Dipanggil Timnas U-19 Belanda

2. Lega bisa lolos

Van Dijk Lega Usai Belanda Lolos ke Piala Dunia 2022Virgil van Dijk. (netherlandsnewslive.com)

Keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2022 disambut dengan emosional oleh para pemain Belanda. Seluruh anggota skuad De Oranje terlihat lega dan bahagia ketika memastikan diri tampil di Qatar.

Terlebih buat Van Dijk. Absen bela Belanda di Piala Eropa 2020, Van Dijk pada akhirnya bisa tampil di turnamen resmi. Piala Dunia 2022 akan menjadi momen pembuktian Van Dijk sebagai salah satu bek terbaik dunia.

3. Tingkatkan gengsi

Van Dijk Lega Usai Belanda Lolos ke Piala Dunia 2022Virgil van Dijk. (skysports.com)

Piala Dunia 2022, bagi Van Dijk, bukan cuma momen pembuktian atau pembalasan buat Belanda. Tapi, Belanda mau mengangkat gengsinya lagi sebagai raksasa Eropa.

Van Dijk menyatakan hasil di Piala Eropa 2020 tak boleh terulang. Belanda, buat Van Dijk, harus melewati babak 16 besar Piala Dunia.

"Kami telah merencanakan semuanya dengan rapi dan menunjukkan bisa tampil lebih baik. Ini semua masalah hasil dan begitu kami mencapai tujuan, saya sangat bangga. Kami telah berhasil mengatasi ketegangan yang muncul akibat kesalahan sendiri," kata bek Liverpool tersebut, mengutip Daily Express.

Baca Juga: Liverpool Pusing Badai Cedera Meluas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya