Comscore Tracker

Vietnam dalam Tekanan di Piala AFF 2020

Sederet situasi membuat Vietnam tertekan di Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang Seo, mengaku anak-anak asuhnya cukup tertekan ketika tampil di Piala AFF 2020. Status juara bertahan, membuat mereka mengemban beban yang berat ketika beraksi di ajang dua tahunan terbesar se-Asia Tenggara ini.

Apalagi, The Golden Stars harus bersaing dengan Indonesia, Malaysia, Laos, dan Kamboja di Grup B. Bukan grup yang enteng, bahkan publik menyebutnya sebagai neraka.

"Kami terbebani dan tertekan dengan status sebagai juara bertahan Piala AFF. Namun, kami akan berusaha keras untuk mendapat hasil terbaik dari tiap pertandingan," kata Hang Seo dikutip Vietnam News.

1. Beban juara bertahan

Vietnam dalam Tekanan di Piala AFF 2020Timnas Vietnam (affsuzukicup.com)

Bukan cuma status juara bertahan yang bikin Vietnam terbebani. Hang Seo menuturkan, hasil buruk yang diterima Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Qatar, membuat para pemain terpukul.

"Timnas Vietnam baru saja menyelesaikan enam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia dan kami kalah di seluruhnya. Hal ini berpengaruh terhadap semangat tim," ujar Hang Seo. 

Baca Juga: Piala AFF: Vietnam Boyong Skuad Maut Demi Jegal Timnas Indonesia

2. Kehilangan pemain senior

Vietnam dalam Tekanan di Piala AFF 2020Pemain Vietnam, Do Hung Dung. (newsbeezer.com)

Vietnam tidak dihantam masalah cedera saat ini. Sejumlah pemain telah kembali setelah masa rehabilitasi seperti gelandang Tran Dinh Trong dan Tran Minh Vuong. Tim Vietnam juga mendapat tambahan amunisi dari kemajuan pesat dari sejumlah pemain muda, Nguyen Hoang Duc, serta kembalinya Nguyen Tuan Anh dan Pham Duc Huy.

Namun, gelandang senior, Do Hung Dung, dipastikan absen di Piala AFF 2020 setelah Singapura menolak prosedur pengajuan izin masuknya. Dung dipanggil kembali ke Vietnam pada 27 November 2021. Tapi, batas akhir tim nasional untuk mendaftarkan pemainnya untuk berlaga di Piala AFF 2020 cuma sampai 24 November 2021.

Alhasil, panitia menolak permohonan Vietnam yang baru memasukkan nama Dung pada 29 November 2021 lalu.

"Kami tahu Dung sudah lama absen karena cederanya. Staf pelatih ingin Dung kembali ke tim untuk mendapatkan kembali performanya. Sangat sulit untuk membicarakan kontribusinya," kata Hang Seo.

3. Ujian laga pertama

Vietnam dalam Tekanan di Piala AFF 2020Timnas Vietnam. (affsuzukicup.com)

Vietnam akan memulai petualangannya di Piala AFF 2020 malam ini WIB (6/12/2021) melawan Laos. Hang Seo menyatakan jika pertandingan pertama selalu sulit untuk dilewati. Hang Seo juga mengatakan jika situasi pandemik COVID-19 membuat semuanya menjadi jauh lebih susah.

"Pertandingan pertama selalu menyulitkan. Kami kesulitan mendapat informasi mengenai tim Laos. Kami bermain di situasi pandemik COVID-19 yang membuat semuanya dikontrol dengan ketat. Tim hanya diperbolehkan melakukan mobilitas dalam jangkauan dari hotel, ke tempat latihan, dan stadion. Ini juga berpengaruh kepada kami secara mental. Tetapi kami harus beradaptasi dengan ini. Kami akan melakukan yang terbaik di pertandingan melawan Laos," jelas Hang Seo.

Baca Juga: Ban Kapten Pelangi Guncangkan Piala AFF 2020

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya