Zidane Dibidik Jadi Pelatih Brasil Gantikan Tite

Zidane hingga kini masih menganggur

Jakarta, IDN Times - Pelatih asal Prancis, Zinedine Zidane, dilaporkan menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menjadi suksesor Tite melatih Brasil. Hal itu lantaran Zidane dianggap memenuhi semua kriteria yang diinginkan Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) untuk melatih tim Selecao.

Zidane hingga kini masih belum melatih tim mana pun setelah terakhir kali memimpin Real Madrid pada 2021 lalu. Kini, setelah CBF memecat Tite gagal total di Piala Dunia 2022, nama Zidane mencuat ke permukaan sebagai salah satu yang paling berpotensi melatih Neymar dan kawan-kawan.

1. Zidane penuhi persyaratan Brasil

Zidane Dibidik Jadi Pelatih Brasil Gantikan TiteZinedine Zidane. (france24.com)

Zidane dianggap menjadi salah satu kandidat terkuat untuk memimpin Brasil berikutnya. Marca melansir, Zidane memenuhi seluruh kriteria yang diinginkan CBF untuk menjadi pelatih Brasil.

Ada tiga kriteria yang membuat Zidane dinilai cocok, yaitu Zidane adalah orang asing, sedang tak melatih, dan memiliki segudang gelar yang telah dimenangkannya. Bersama Real Madrid, Zidane sukses merebut dua titel LaLiga, tiga mahkota Liga Champions, dua trofi Piala Dunia Klub, dan dua gelar Piala Super Eropa.

Baca Juga: Argentina Masih di Bawah Brasil Meski Jadi Juara Piala Dunia

2. Ada sederet kandidat pesaing Zidane

Zidane Dibidik Jadi Pelatih Brasil Gantikan TiteCarlo Ancelotti (skysports.com)

Meski demikian, Zidane bukanlah satu-satunya pelatih yang masuk bursa pelatih Brasil. Ada nama-nama lainnya seperti Marcelo Gallardo, Mauricio Pochettino, Rafa Benitez, Roberto Martinez, Thomas Tuchel, dan Carlo Ancelotti.

Namun, Ancelotti telah menyangkal kabar tersebut. Dia menyatakan kalau sedang fokus pada pekerjaannya sebagai pelatih Real Madrid.

"Untuk saat ini, fokus saya adalah Real Madrid. Kami punya banyak tujuan akhir. Saya dikontrak hingga 2024. Jika Real Madrid tidak memecat saya, maka tidak akan pergi," kata Ancelotti.

3. Tunggu kepastian Didier Deschamps

Zidane Dibidik Jadi Pelatih Brasil Gantikan TiteDidier Deschamps (sports.fr)

Meski dipercaya memenuhi tolak ukur yang dimiliki CBF, tetapi Zidane tak bisa begitu saja menjadi pelatih Brasil. Segala sesuatunya masih harus menunggu masa depan Didier Deschamps sebagai arsitek Prancis.

Jika Deschamps bertahan, maka Brasil berpeluang untuk menggaet Zidane. Di sisi lain, jika Deschamps dipecat, maka Zidane akan jadi calon terkuat untuk menggantikannya melatih Les Bleus. Memimpin Prancis, memang menjadi impian Zidane.

Baca Juga: Ketika Warga Brasil Dukung Argentina Juara Piala Dunia 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya