Potret Haru dan Meriah Pawai Makassar Sambut Trofi Piala Indonesia

Lihat ekspresi kegembiraan pendukung PSM

Makassar, IDN Times - Hampir dua dekade alami dahaga panjang, publik Kota Daeng pun larut dalam rasa gembira usai keberhasilan PSM Makassar meraih juara di Piala Indonesia 2018-19. Kemenangan 2-0 atas Persija membuat agregat final menjadi 2-1. Hasil ini pun kukuhkan tradisi comeback --kalah di leg pertama sebelum bangkit di leg kedua-- yang berjalan sejak babak perempat final.

Capaian ini pun terhitung unik lantaran saat digulirkan, ajang ini bukanlah prioritas utama PSM. Layaknya tradisi tim yang baru saja merengkuh juara, pawai disertai konvoi pun turut diselenggarakan. Setelah larut dalam seremoni penyerahan trofi pada Selasa (6/8) malam sebelumnya, para pendukung PSM tumpah ruah di sejumlah ruas jalan arteri kota Makassar pada hari Rabu siang (7/8).

1. Konvoi perayaan gelar pertama pasca Ligina 1999/2000 disambut dengan penuh sukacita

Potret Haru dan Meriah Pawai Makassar Sambut Trofi Piala IndonesiaANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Konvoi arak-arakan pemain dan ofisial disambut dengan meriah oleh para suporter yang menyemut dari Jalan Haji Bau --kediaman Wapres Jusuf Kalla-- hingga Rumah Jabatan Gubernur Sulsel yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Semua larut dalam sukacita menyambut status jawara Piala Indonesia untuk kali pertama. Sebelumnya, PSM acapkali kandas di fase gugur kejuaraan milik PSSI tersebut.

Terdiri dari dua mobil beratap terbuka, seluruh penggawa Juku Eja berserta manajer, jajaran pelatih hingga staf yang selama ini bekerja di balik layar disambut oleh lautan merah. Kembang api dan cerawat pun disulut, semarakkan suasana perayaan yang sudah dimulai di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging malam sebelumnya. Mulai dari para pemain, coach Darije Kalezic, Munafri Arifuddin selaku CEO hingga kuartet asisten Imran Amirullah - Bahar Muharram - Herman Kadiaman - Bonnie Fautngil.

Potret Haru dan Meriah Pawai Makassar Sambut Trofi Piala IndonesiaInstagram/psm_makassar

2. Guy Junior tetap ikut dalam perayaan meski dibekap cedera

Potret Haru dan Meriah Pawai Makassar Sambut Trofi Piala IndonesiaInstagram.com/guyjunior39

Guy Junior yang sempat jalani perawatan di rumah sakit malam sebelumnya bahkan turut serta dalam pawai juara kendati harus berjalan dengan bantuan sepasang tongkat. Saat masuk ke kediaman Jusuf Kalla, winger naturalisasi itu dibanjiri ucapan lekas sembuh dari para suporter yang menyemut di bahu jalan. Belum ada kabar terbaru perihal status cedera eks pemain Bhayangkara FC tersebut.

Dimulai pada pukul 13.00 WITA hingga akhirnya rampung pada 15.30 WITA, ribuan suporter di kawasan pusat kota Makassar tak henti-hentinya pekikkan yel-yel yang selama ini lebih sering menggema di empat sisi tribun Mattoanging. Banyak pula memanfaatkan momen ini untuk sekadar swafoto dari jauh atau merekam detik-detik mobil yang membawa rombongan melintas.

3. Darije Kalezic, pelatih PSM, berharap publik Makassar menyaksikan langsung perjuangan anak asuhnya di tingkat Asia

Seperti yang sudah dibeberkan PSSI, jawara Piala Indonesia edisi 2018-19 ini bakal mendapat satu tiket ke babak play-off alias kualifikasi AFC Cup 2020. Darije Kalezic selaku juru taktik PSM berharap Makassar bisa mementaskan laga tingkat benua tahun depan, siratkan rasa enggan kembali terlempar jauh ke Stadion Pakansari Cibinong hanya demi menjamu sesama klub Asia Tenggara.

"Mereka (suporter) tidak layak untuk tidak memiliki stadion yang bagus dan sesuai standar. Appi juga tidak layak tidak miliki stadion namun justru bisa mendapatkan tropi tanpa dukungan itu (stadion)," pungkas sosok 49 tahun itu di sela-sela pawai juara seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Usai berpesta, fokus langsung dialihkan ke ajang Liga 1 2019. PSM masih tercecer di papan tengah lantaran baru kumpulkan 13 poin dari 7 partai. Agenda terdekat --lanjutan pekan ke-13-- yakni menantang Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda pada Sabtu (10/8) mendatang.

Sekali lagi selamat untuk Pasukan Ramang!

Potret Haru dan Meriah Pawai Makassar Sambut Trofi Piala IndonesiaInstagram/psm_makassar

Baca Juga: Kalahkan Persija 2-0, PSM Makassar Juara Piala Indonesia 2018/2019!

4. Haru banget, ekspresi para pendukung saat PSM rebut juara Piala Indonesia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya