PSM Vs Becamex Binh Duong, Kalezic Rindu Nyanyian Ribuan Suporter

Usai evaluasi, sektor depan bakal dirombak

Makassar, IDN Times - Persiapan yang dilakukan oleh skuad PSM di Jakarta kian intensif. Latihan dilakukan setiap hari di Stadion Madya Senayan sejak kembali dari Thu Dau Mot, kota tempat Becamex Binh Duong bermarkas. Mereka memilih menetap sementara di ibu kota alih-alih kembali ke Makassar dengan alasan efisiensi.

Tugas krusial kini ada di pundak anak asuh Darije Kalezic pada leg kedua semi final AFC Cup 2019 Zona Asia Tenggara. Usai ditekuk si runner-up Grup G dengan skor tipis 1-0 di Stadion Go Dau pada Rabu pekan lalu (19/6), peluang PSM untuk mencetak sejarah dengan melaju ke partai puncak tingkat regional belum sepenuhnya tertutup.

1. PSM sangat membutuhkan dukungan suporter di leg kedua semi final pada Rabu (26/6) esok

Baca Juga: Adu Kekuatan Antar Lini PSM Makassar dan Becamex Binh Duong

PSM Vs Becamex Binh Duong, Kalezic Rindu Nyanyian Ribuan SuporterInstagram.com/psm_makassar

Dengan agregat tipis, PSM wajib membalikkan keadaan jika masih mau melaju lebih jauh. Caranya? Menang minimal 2-0 saat kebagian giliran menjamu Binh Duong di Stadion Pakansari Cibinong pada Rabu (26/9) esok. Dengan selisih hanya satu angka, juara Piala Vietnam 2018 itu memang masih bisa disalip.

Namun jelang leg kedua ini, coach Kalezic rupanya rindu dengan yel-yel dukungan dari ribuan suporter Stadion Andi Mattalatta Mattoanging. Sudah lumrah jika di masa-masa genting seperti ini, kehadiran lautan merah di sekeliling tribun bakal mengerek tinggi moral bertanding Wiljan Pluim cs di lapangan hijau.

2. Padahal sejak 'meminjam' Pakansari, Wiljan Pluim cs belum pernah terkalahkan di kandang TIRA-Kabo

PSM Vs Becamex Binh Duong, Kalezic Rindu Nyanyian Ribuan SuporterInstagram.com/psm_makassar

"Tak ada masalah untuk persiapan. Hanya memang agak terasa 'janggal', karena rasanya kami sedang jalani laga tandang. Dukungan (di Pakansari) tak sebesar jika kami tampil di Makassar. Namun inilah yang harus PSM terima," pungkas pelatih asal Swiss tersebut pada Sabtu (22/6) lalu.

Boleh saja Kalezic bertutur demikan, namun Juku Eja harus sadar jika Pakansari sejatinya menyimpan tuah tersendiri. Sejak 'meminjam' markas PS TIRA-Persikabo tersebut untuk helatan kontinental, PSM tak sekalipun kalah dalam tiga partai di arena berkapasitas 30 ribu penonton tersebut. Termasuk saat bersua si empunya stadion pada pekan ketiga Liga 1, yang berkesudahan skor kacamata.

3. Perubahan di lini depan diharap pertajam agresifitas Pasukan Ramang

PSM Vs Becamex Binh Duong, Kalezic Rindu Nyanyian Ribuan SuporterInstagram.com/psm_makassar

Baca Juga: Parade Jersey PSM Makassar dari Masa ke Masa (Bagian ke-4)

Menyoal evaluasi pasca leg pertama, lini depan menjadi fokus utama. Meski memasukkan Eero Markkanen, M Rahmat dan Ferdinand Sinaga selama 25 menit akhir, tak ada satupun peluang emas atau bahkan shot on target dikirim ke gawang Binh Duong. Kendati demikian, Kalezic mengaku masih percaya dengan kemampuan para pemainnya.

Eero, yang sebelumnya hanya masuk sebagai pengganti, berpotensi turun sejak menit awal sebagai ujung tombak sekaligus memberi penyegaran. Sementara itu striker lainnya, Ferdinand Sinaga, disebut belum bisa turun sebagai starter namun siap diturunkan kapanpun sektor depan butuh tambahan tenaga penggedor.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya