Belum Pernah Menang Musim ini, Berikut 5 Faktor Kehancuran Schalke 04

Mulai dari masalah internal pemain hingga manajemen

Sudah 14 pekan Bundesliga berjalan, namun Schalke belum meraih kemenangan sekali pun. Bahkan, parahnya lagi, klub berjuluk The Royal Blues tersebut terakhir kali meraih kemenangan adalah 8 Januari 2020 lalu saat melawan Borussia Moenchengladbach dengan skor 2-0.

Hal ini membuat Schalke 04 telah melalui 30 pertandingan tanpa kemenangan sama sekali. Klub yang telah meraih 8 Bundesliga ini di ambang kehancuran serta kebangkrutan. Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi kehancuran dari Schalke? Yuk simak artikel di bawah ini!

Baca Juga: 5 Pemain Ternama Lulusan Akademi FC Schalke, Neuer Hingga Mesut Ozil!

1. Adaptasi Tiada Henti

Belum Pernah Menang Musim ini, Berikut 5 Faktor Kehancuran Schalke 04sportschau.de

Bundesliga baru berjalan setengah kompetisi, namun Schalke telah berganti manajer sebanyak 3 kali. Dimulai dari David Wagner yang dipecat pada 27 September, lalu Manuel Baum yang dipecat juga pada 18 Desember, hingga Huub Stevens yang masih menjabat hingga sekarang.

Hal tersebut sangat berpengaruh bagi permainan Die Koenigsblauen. Para pemain belum dapat beradaptasi dengan strategi baru, namun posisi manajer sudah berganti lagi yang membuat permainan Schalke memburuk.

2. Masalah Internal Pemain

Belum Pernah Menang Musim ini, Berikut 5 Faktor Kehancuran Schalke 04ligaolahraga.com

Vedad Ibisevic merupakan salah satu pemain yang datang pada awal musim ini. Sebelumnya, ia merupakan pemain andalan saat bermain bersama Hertha Berlin. Di setiap musimnya, Ibisevic selalu mencetak 2 digit gol di Bundesliga.

Namun, penyerang veteran tersebut tidak bisa berbuat apa pun di Veltins Arena, bahkan terlibat masalah dengan asisten pelatih, Naldo. Buntut dari hal tersebut adalah kontrak dari Ibisevic diakhiri pada 31 Desember lalu. Namun, Direktur Olahraga Schalke 04, Jochen Schneider, tidak membenarkan hal tersebut dan menyatakan bahwa Schalke memang tidak cocok dengan Ibisevic.

3. Pemain Penting Dikenakan Skorsing

Belum Pernah Menang Musim ini, Berikut 5 Faktor Kehancuran Schalke 04football5star.com

Sebelum masalah Ibisevic, Schalke 04 terlebih dahulu bermasalah dengan dua pemain pentingnya, yaitu Amine Harit dan Nabil Bentaleb. Kedua pemain tersebut dijatuhkan skorsing karena dianggap tidak banyak memberikan kontribusi pada tim.

Padahal, kedua pemain tersebut adalah kunci dari permainan Schalke 04 pada musim-musim sebelumnya. Hal tersebut membuat keseimbangan dan chemistry dari tim yang sudah terbentuk seolah hilang.

4. Krisis Moral

Belum Pernah Menang Musim ini, Berikut 5 Faktor Kehancuran Schalke 04espn.com

Adanya pandemi memang membuat krisis di segala sisi, salah satunya adalah dari segi moral pemain. Dengan tidak adanya kemenangan yang diraih dalam hampir setahun penuh, hal tersebut pastinya memengaruhi moral pemain.

Pergantian dari sisi manajer dan juga manajemen masih juga belum menjadi jalan untuk mendongkrak moral dari para pemain yang sudah tidak haus lagi akan kemenangan.

5. Kebangkrutan Ekonomi

Belum Pernah Menang Musim ini, Berikut 5 Faktor Kehancuran Schalke 04kicker.de

Pandemi memang sangat berdampak pada klub sepak bola. Bahkan, di Bundesliga ada 13 tim yang dikabarkan bangkrut, salah satu yang terparah adalah Schalke 04 yang menanggung utang klub sebesar 250 juta euro atau sebesar 4 triliun rupiah.

Salah satu langkah kontroversial yang diambil manajemen adalah tidak mengembalikan uang untuk tiket musiman yang sudah masuk. Hal tersebut menyulut emosi dari para pendukung setia dan membuat kepercayaan dari fans sendiri perlahan hilang. Padahal, basis fans dari Schalke 04 adalah yang terbesar kedua di Jerman.

 

Itulah faktor-faktor dari keterpurukan Schalke 04 yang membuatnya terbenam di dasar klasemen sementara Bundesliga. Mulai dari masalah internal pemain hingga manajemen menjadi faktor utama kehancuran dari Schalke 04 musim ini.

Baca Juga: Klub Kaya Raya Filipina Ceres Negros Dipastikan Bangkrut!

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya