Comscore Tracker

5 Kiper Inggris Dengan Banderol Tertinggi, Tidak Ada Joe Hart!

Semuanya tak ada yang bermain di klub besar

Inggris dikenal dengan kompetisi liga utamanya, Premier League, yang sangat kompetitif dan menjadi impian banyak pesepak bola untuk bermain di sana. Tak heran jika banyak pemain yang bersaing untuk posisi utama dalam klubnya yang membuat pemain Inggris sendiri sangat sulit mendapatkan tempat utama, salah satunya adalah posisi kiper.

Posisi kiper di Premier League sangat jarang ditempati oleh kiper berkebangsaan Inggris. Bahkan, tim langganan enam besar saja seluruhnya menggunakan jasa kiper asing. Jika harga pemain Inggris biasanya selalu lebih mahal dibanding pemain negara lain, hal ini berbanding terbalik dengan posisi kiper.

Dalam situs Transfermarkt, kiper asal Inggris harga pasarnya tidak ada yang melebihi 30 juta euro. Lantas, siapa saja kiper asal Inggris dengan harga pasar tertinggi? Yuk simak artikel berikut ini!

Baca Juga: 5 Kiper Terbaik di LaLiga Musim 2020/2021, Salah Satunya Kiper Sevilla

1. Jordan Pickford - 26 Juta Euro

5 Kiper Inggris Dengan Banderol Tertinggi, Tidak Ada Joe Hart!skysports.com

Jordan Pickford merupakan kiper Everton sekaligus kiper utama Timnas Inggris saat ini. Kiper yang berusia 26 tahun tersebut tidak pernah bermain di klub besar. Pada musim ini saja, Pickford hanya berhasil mencatatkan 3 clean sheet dan 19 kali kebobolan dalam 15 pertandingan.

Hal tersebut bukan catatan yang baik untuk seorang kiper. Alhasil, harga pasar untuk Jordan Pickford saat ini hanya sebesar 26 juta euro atau sekitar Rp450 miliar. Harga tersebut menurun karena sebelumnya, saat Pickford mengantar Timnas Inggris menjadi semifinalis Piala Dunia 2018, harganya mencapat 40 juta euro atau sekitar Rp691 miliar.

2. Dean Henderson - 20 Juta Euro

5 Kiper Inggris Dengan Banderol Tertinggi, Tidak Ada Joe Hart!bleacherreport.com

Dean Henderson tampil gemilang musim lalu bersama Sheffield United dengan mencatatkan 13 clean sheet dan hanya 33 kali kebobolan dari 36 pertandingan. Hal tersebut membuat dirinya dipromosikan dari tim U-23 Manchester United ke tim senior.

Sayang, kiper berusia 23 tahun tersebut masih kalah bersaing dengan David De Gea yang membuatnya hanya bisa bermain di kompetisi piala domestik. Oleh karena itu, berkat buah hasil penampilan gemilangnya musim lalu, juga setelah mendapat debut dengan Timnas Inggris saat melawan Irlandia, harga pasar Henderson mencapai 20 juta euro atau sekitar Rp345 miliar.

3. Aaron Ramsdale - 16 Juta Euro

5 Kiper Inggris Dengan Banderol Tertinggi, Tidak Ada Joe Hart!sheffieldunited.news

Aaron Ramsdale didatangkan oleh Sheffield United dari AFC Bournemouth pada awal musim ini dengan mahar 20,5 juta euro atau sebesar Rp354 miliar. Datang dari klub yang terdegradasi, performa Ramsdale saat ini pun sangat buruk karena baru mendapatkan sekali clean sheet dari 19 pertandingan.

Kiper yang berusia 22 tahun ini juga belum pernah bermain bersama Timnas Inggris. Namun, dirinya pernah membawa timnas U-19 meraih juara Euro pada 2017 lalu. Alhasil, harga pasar dari Ramsdale saat ini adalah sebesar 16 juta euro atau sekitar Rp276 miliar.

4. Nick Pope - 12 Juta Euro

5 Kiper Inggris Dengan Banderol Tertinggi, Tidak Ada Joe Hart!theathletic.com

Nick Pope pernah menjadi komoditas panas bursa transfer saat 2018 lalu ketika Burnley mencapai posisi ketujuh dan berhak tampil di Europa League. Namun, hingga saat ini, Pope memilih tetap bersama Burnley.

Pada musim ini saja, penampilan Pope bisa dibilang masih cukup baik dengan mencatatkan 7 clean sheet dan 17 kali kebobolan dari 17 pertandingan. Hingga saat ini Pope sudah mengantongi 4 caps dengan Timnas Inggris walaupun sebagian besar adalah pertandingan persahabatan. Harga pasar dari kiper berusia 28 tahun tersebut adalah sebesar 12 juta euro atau sekitar Rp207 miliar.

5. Freddie Woodman - 7 Juta Euro

5 Kiper Inggris Dengan Banderol Tertinggi, Tidak Ada Joe Hart!chroniclelive.co.uk

Kiper Inggris termahal kelima berdasarkan Transfermarkt ini tidak bermain di Premier League, namun bermain di kasta kedua liga Inggris, Championship Division. Kiper tersebut adalah Freddie Woodman yang bermain di Swansea. Woodman hanya bermain sebagai pinjaman di Swansea dan di akhir musim nanti akan kembali ke klub asalnya, Newcastle.

Musim ini penampilannya sangat gemilang dengan membawa Swansea ke peringkat kedua dan mencatatkan 14 clean sheet dan 12 kali kebobolan dari 23 pertandingan. Alhasil, Woodman mendapatkan kenaikan harga pasar yang cukup drastis. Saat ini, Woodman mempunyai harga pasar sebesar 7 juta euro atau sebesar Rp120 miliar.

 

Itulah kiper-kiper asal Inggris dengan harga pasar tertinggi. Tidak ada nama Joe Hart yang sebelumnya adalah kiper utama Inggris. Banyak nama yang kurang familier di telinga penggemar sepak bola. Hal ini menandakan bahwa Inggris memang kekurangan kiper berkualitas.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Memiliki Kemampuan Passing Terbaik

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya