7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!

Shakhtar jadi pintu gerbang pemain Brasil bermain di eropa

Shakhtar Donetsk merupakan klub asal Ukraina yang dikenal selalu mengorbitkan pemain-pemain Brasil. Tak heran jika para pemain top asal Brasil saat ini pernah bermain untuk klub yang telah memenangkan 13 titel Liga Ukraina tersebut.

Shakhtar Donetsk seakan menjadi pintu gerbang bagi pemuda-pemuda Brasil untuk bermain di tanah eropa. Lantas, siapa saja pemain top Brasil yang pernah bermain untuk Shakhtar Donetsk? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Douglas Costa

7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!republika.co.id

Douglas Costa bermain untuk Shakhtar Donetsk pada 2009/2010 sampai dirinya dibeli oleh Bayern Munchen seharga 30 juta euro atau sekitar Rp515 milyar musim 2015/2016. Selama 6 musim membela Shakhtar, Douglas Costa berhasil mencetak 38 gol dan 40 assist dalam 202 pertandingan.

Selain itu, Douglas Costa juga berhasil menyumbang 5 Piala Liga Ukraina, 3 Piala Ukraina, dan 3 Piala Super Ukraina. Saat ini Douglas Costa masih bermain untuk Bayern Munchen, namun dengan status pinjaman dari Juventus.

2. Fred

7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!nusakini.com

Fred saat ini tergabung di skuad Manchester United setelah didatangkan dari Shakhtar Donetsk pada musim 2018/2019 lalu dengan harga 59 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Walaupun di awal kedatangannya di MU dia sering mendapatkan cibiran, akhir-akhir ini performanya mulai konsisten.

Saat bermain selama 5 musim bersama Shakhtar Donetsk, Fred berhasil mencetak 15 gol dan 15 assist dari 155 pertandingan. Untuk raihan trofi, Fred menyumbangkan 3 titel Liga Ukraina, 3 Piala Ukraina, dan 4 Piala Super Ukraina.

3. Willian

7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!metro.co.uk

Willian datang ke Shakhtar Donetsk pada musim 2007/2009 dari Corinthians dengan mahar 14 juta euro atau sekitar Rp240 miliar. Bermain selama 5 musim, Willian berhasil mencatatkan 37 gol dan 63 assist dalam 221 pertandingan.

Adapun prestasi yang diraih Willian saat berkostum Shakhtar Donetsk antara lain 1 titel Liga Europa, 5 Liga Ukraina, 4 Piala Ukraina, dan 2 Piala Super Ukraina. Saat ini, Willian bermain bersama Arsenal setelah kontraknya habis di Chelsea.

4. Fernandinho

7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!telegraph.co.uk

Fernandinho bergabung dengan Shakhtar Donetsk saat usianya masih 20 tahun pada musim 2005/2006. Selama 8 tahun bermain di Ukraina, Fernandinho mencatatkan 52 gol dan 50 assist dalam 281 pertandingan.

Sumbangan trofi untuk Shakhtar Donetsk juga tidak kalah mentereng dengan 1 Liga Europa, 7 Liga Ukraina, 5 Piala Ukraina, dan 3 Piala Super Ukraina. Saat ini Fernandinho sedang bermain bersama Manchester City.

5. Bernard 

7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!beinsports.com

Pada bursa transfer musim panas tahun 2018 lalu, Bernard pernah menjadi komoditas panas karena dia diincar oleh 5 tim Premier League, yaitu Arsenal, Chelsea, Leicester City, West Ham United, dan Everton. Pada akhirnya, Evertonlah yang berhasil mendapatkan jasanya.

Apa yang membuat Bernard menjadi incaran tidak lain karena performa ciamiknya bersama Shakhtar Donetsk. Dalam 157 pertandingan, dia berhasil mencetak 28 gol dan 35 assist. Bernard membantu Shakhtar Donetsk meraih 3 titel Liga Ukraina, 3 Piala Ukraina, dan 3 Piala Super Ukraina.

6. Alex Teixeira 

7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!bola.net

Banyak orang yang menyayangkan keputusan Alex Teixeira saat dirinya bergabung dengan klub Tiongkok, Jiangsu Suning. Padahal, di saat yang sama dia diincar oleh dua raksasa Inggris, Liverpool dan Chelsea.

Penampilan Alex Teixeira bersama Shakhtar Donetsk begitu gemilang karena dalam 222 pertandingan dia berhasil mencetak 89 gol dan 25 assist. Untuk raihan trofi sendiri, Alex Teixeira menyumbangkan 5 titel Liga Ukraina, 3 Piala Ukraina, dan 4 Piala Super Ukraina. Dia juga pernah meraih 2 gelar top skor Liga Ukraina.

7. Luiz Adriano 

7 Pemain Brasil yang Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk, Ada Willian!thenationalnews.com

Luiz Adriano mungkin bisa disebut sebagai legenda dari Shakhtar Donetsk karena dia merupakan pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah klub Ukraina tersebut dengan total 130 gol dalam 265 pertandingan. Pada musim 2015/2016 dia sempat pindah ke AC Milan, namun kariernya menurun sejak kepindahan tersebut.

Padahal, selama berseragam Shakhtar Donetsk, Luiz Adriano merupakan tumpuan utama, bahkan saat bermain di Liga Champions. Dia pernah menjadi top skor di Liga Ukraina. Untuk sumbangan trofi dari Luiz Adriano, ia sudah menyumbangkan antara lain 1 gelar Liga Europa, 6 Liga Ukraina, 4 Piala Ukraina, dan 4 Piala Super Ukraina.

 

Itulah para pemain top Brasil yang sebelumnya pernah berseragam Shakhtar Donetsk. Sebagian besar dari mereka setelah hengkang dari klub Ukraina tersebut berhasil meraih kesuksesan bersama tim yang lebih besar. Siapa pemain Shakhtar asal Brasil yang akan sukses selanjutnya? Yuk, komen di bawah!

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Ternyata Pernah Berseragam Shakhtar Donetsk

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya