7 Pemain Inggris Dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga Spanyol

Beckham terbanyak di antara yang lain

Inggris dan Spanyol adalah kiblat sepak bola dunia. Tak jarang para pesepak bola bermimpi untuk berkarier di negara tersebut. Sering kita temui pemain-pemain asal Spanyol yang mencoba peruntungan di Liga Inggris. Sebagian dari mereka bersinar di sana, namun tidak sedikit juga yang meredup. David Silva, Cesc Fabregas, hingga David De Gea merupakan contoh pemain Spanyol yang bersinar dan menjadi andalan klub Premier League.

Namun, bagaimana dengan pemain Inggris yang berkarier di LaLiga? Jumlahnya bisa dihitung jari. Tidak banyak pemain Inggris yang merumput di Spanyol. Lantas, siapa saja pemain Inggris dengan penampilan terbanyak di LaLiga? Yuk simak artikel berikut ini!

1. David Beckham - 116 Penampilan

7 Pemain Inggris Dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga Spanyolespn.com

David Beckham datang ke Santiago Bernabeu pada musim 2003/2004 sebagai bagian dari ambisi Florentino Perez membentu Los Galacticos. David Beckham bersama Zidane dan Luis Figo menjadi lini tengah yang sangat ditakuti lawan pada saat itu.

Namun, sepak terjang Beckham bersama Los Blancos hanya berlangsung selama 4 musim saja. Setelahnya dia bergabung dengan klub Amerika Serikat, LA Galaxy. Walaupun begitu, kontribusi Beckham untuk Real Madrid cukup besar dengan meraih 1 gelar LaLiga dan 1 Piala Super Spanyol. Beckham bermain di sebanyak 116 penampilan dengan catatan 13 gol dan 37 assist.

2. Gary Lineker - 103 Penampilan

7 Pemain Inggris Dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga Spanyolmetro.co.uk

Barcelona merupakan salah satu klub terbesar di dunia dan menjadi impian banyak orang untuk bermain membela klub asal Catalan tersebut. Namun, sepanjang sejarah Barcelona, hanya satu orang Inggris saja yang pernah berkostum biru-merah tersebut. Pemain yang dimaksud adalah Gary Lineker.

Lineker datang ke Camp Nou pada musim 1986/1987 dan bertahan selama 3 musim di sana. Walaupun kariernya cukup singkat, Lineker mampu membuat 103 penampilan dengan 42 gol dan menjadi tumpuan lini depan Barcelona. Lineker juga turut berkontribusi dengan meraih 1 trofi Piala Winners dan 1 Copa Del Rey.

3. Steve McManaman - 94 Penampilan

7 Pemain Inggris Dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga Spanyolmanagingmadrid.com

Sebelum David Beckham datang ke Real Madrid, sebelumnya ada Steve McManaman sebagai pemain Inggris yang bersinar di Santiago Bernabeu. Dirinya berhasil mencatatkan rekor sebagai pemain Inggris pertama yang meraih dua trofi Liga Champions dan menjadi kapten Real Madrid pertama asal Inggris.

Karier dari McManaman juga tidak bertahan lama di Real Madrid karena hanya bertahan selama 4 musim saja. Dia memutuskan untuk kembali ke Inggris setelah itu. Total McManaman mencatat 94 penampilan bagi Los Blancos dengan torehan 8 gol dan 14 assist.

4. Vinny Samways - 74 Penampilan

7 Pemain Inggris Dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga Spanyolen.as.com

Nama Vinny Samways pastinya terdengar sangat asing bagi pecinta sepak bola. Pasalnya, sepanjang kariernya dia hanya bermain di klub-klub medioker saja. Begitu pun saat mencoba peruntungan di Spanyol, Samways hanya bermain di Las Palmas dan Sevilla.

Samways bermain cukup lama di Spanyol, yaitu selama 7 musim. Namun, dia lebih banyak dicadangkan dibandingkan bermain. Total selama kariernya di Spanyol, Samways hanya bermain sebanyak 74 penampilan dan mencetak masing-masing 1 gol dan assist.

5. Laurie Cunningham - 60 Penampilan

7 Pemain Inggris Dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga Spanyoltelegraph.co.uk

Larrie Cunningham merupakan pemain Inggris pertama yang membela Real Madrid. Di awal kedatangannya ke Santiago Bernabeu, Cunningham bermain sangat impresif sampai mendapat standing ovation dari fans Barcelona karena mencetak 2 gol saat laga El Clasico.

Namun, performa gemilangnya tersebut hanya di musim pertamanya saja karena di musim berikutnya dia sering dilanda cedera. Hingga pada musim ketiganya dia dipinjamkan ke Sporting Gijon. Selama bermain di Spanyol, Cunningham mencatatkan 60 penampilan dan 16 gol.

6. Kieran Trippier - 38 Penampilan

7 Pemain Inggris Dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga Spanyolskysports.com

Kieran Trippier merupakan satu-satunya pemain aktif asal Inggris yang saat ini bermain di Spanyol. Saat ini, Tripper tengah membela Atletico Madrid dan menjadi andalan di sana. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut sukses membawa Atletico Madrid masih bertahan di puncak klasemen sementara LaLiga.

Hingga saat artikel ini ditulis, Tripper sudah mencatatkan 38 penampilan dan 8 assist. Catatan tersebut masih akan terus bertambah karena Tripper masih bermain bersama Atletico Madrid.

7. Kevin Richardson - 37 Penampilan

7 Pemain Inggris Dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga Spanyolespn.co.uk

Kevin Richardson juga mungkin terdengar asing bagi pecinta si kulit bundar walaupun dia pernah bermain dengan Arsenal selama 3 musim. Setelah membela Arsenal, pada musim 1990/1991 Richardson pindah ke Spanyol untuk bergabung dengan Real Sociedad.

Namun, kiprahnya di Spanyol pun sangat singkat karena hanya semusim. Walaupun kariernya di Spanyol sangat singkat, Richardson berhasil mencatatkan 37 penampilan.

 

Itulah para pemain Inggris yang pernah bermain di LaLiga Spanyol. Pemain-pemain tersebut tidak mempunyai karier yang panjang di sana dan banyak dari mereka yang kembali bermain di Inggris setelah bermain di Spanyol. Tak sedikit juga dari mereka yang membawa kesuksesan untuk klub yang dibelanya.

Baca Juga: 9 Fakta dan Potret Mikel Oyarzabal, Bintang Muda Andalan Real Sociedad

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya