Catat! 5 Alasan Jerman Dapat Menghasilkan Pelatih Kelas Dunia

Akademi yang kompetitif hingga filosofi permainan atraktif

Sudah dua musim ke belakang tim yang memenangkan Liga Champions ditukangi oleh pelatih asal Jerman, yaitu Juergen Klopp dan Hansi Flick. Bahkan, Pada semifinal Liga Champions musim lalu, tiga dari empat tim ditukangi oleh pelatih asal Jerman.

Hal ini membuat para pelatih asal Jerman begitu spesial karena dapat merajai eropa dan menjadi komoditas panas karena nama seperti Julian Nagelsmann banyak diisukan akan merapat ke klub-klub besar Liga Inggris.

Tidak hanya kejadian dekat-dekat ini, tetapi jika melihat ke satu dekade ke belakang, pelatih asal Jerman sukses meraih prestasi, seperti Jupp Heynckes yang memberi treble winner pada Munchen pada musim 2012/2013 dan juga Joachim Loew yang mengantar Timnas Jerman meraih juara Piala Dunia 2014 lalu.

Kesuksesan para pelatih asal Jerman ini bukan tanpa sebab. Ada beberapa alasan mereka semua dapat mengukir prestasi tersebut. Penasaran apa saja kunci yang menjadikan pelatih asal Jerman ini pelatih kelas dunia? Yuk, simak artikel berikut ini!

Baca Juga: Kesedihan Jurgen Klopp Tak Bisa Hadiri Pemakaman Ibunya

1. Akademi kepelatihan yang kompetitif

Catat! 5 Alasan Jerman Dapat Menghasilkan Pelatih Kelas Duniabundesliga.com

Menjadi seorang pelatih sepak bola tidak cukup hanya mengetahui cara meracik strategi atau memotivasi pemain. Untuk menjadi pelatih di kancah profesional, dibutuhkan lisensi. Hal tersebut bisa didapatkan dengan masuk ke akademi kepelatihan, salah satunya adalah Akademi Hennes-Weisweiler yang dikenal sangat kompetitif karena setiap tahunnya hanya menerima sebanyak 24--25 orang.

Untuk masuk ke akademi tersebut pun tidak mudah karena harus melalui tes bakat yang sulit. Selain itu, orang yang hendak masuk ke sana harus mempunyai pengalaman melatih selama setahun dan sedang tergabung dalam klub profesional yang berada di bawah naungan DFB. Dalam akademi tersebut, para calon pelatih ditekankan untuk mempelajari aspek sepak bola modern dan pengembangan pemain muda.

2. Langsung praktik menjadi staf di klub professional

Catat! 5 Alasan Jerman Dapat Menghasilkan Pelatih Kelas Duniamlssoccer.com

Mendapatkan lisensi tidak cukup hanya dengan menimba ilmu di akademi saja, tetapi juga harus dibarengi dengan praktik. Dalam regulasi dari DFB, para calon pelatih mesti menjabat sebagai staf di salah satu klub profesional. Salah satu contohnya adalah Hansi Flick.

Jauh sebelum mengarsiteki Bayern Munchen, Flick terlebih dahulu menjadi asisten pelatih Joachim Low di Timnas Jerman sejak tahun 2006. Bersama Timnas Jerman, Flick sukses meraih Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di Brazil.

3. Akademi berada di setiap regional  

Catat! 5 Alasan Jerman Dapat Menghasilkan Pelatih Kelas Duniasport.de

Salah satu keputusan DFB yang sangat baik adalah membuat akademi di tiap regional. Hal ini ditujukan agar pelatih dan pemain muda akan bersama-sama berkembang dan membuat kualitas secara keseluruhan merata karena untuk menjadi pelatih di akademi pemain muda saja dibutuhkan lisensi.

Kualitas yang merata seperti itu membuat banyak bibit pemain muda Jerman yang selalu dilirik oleh klub-klub besar Eropa.

4. Taktik sepak bola atraktif  

Catat! 5 Alasan Jerman Dapat Menghasilkan Pelatih Kelas Duniathenationalnews.com

Selain Timnas Jerman yang dikenal bermain sepak bola atraktif, para pelatih yang melatih di klub pun menerapkan gaya sepak bola serupa dalam permainan mereka. Salah satu yang menonjol adalah gaya gegenpressing yang diusung oleh Juergen Klopp.

Dengan masuk final Liga Champion sebanyak dua kali dalam tiga tahun terakhir, Klopp membuktikan bahwa taktik yang ia bawa memang sudah matang walaupun di awal kedatangannya tidak berjalan mulus.

5. Filosofi yang sudah terbentuk  

Catat! 5 Alasan Jerman Dapat Menghasilkan Pelatih Kelas Duniathenationalnews.com

Betapa berkelasnya para pelatih asal Jerman memang tidak lepas dari campur tangan DFB. Federasi sudah menentukan filosofi. Filosofi dasar yang dipikirkan oleh DFB sangat sederhana, yaitu jika ingin mempunyai pemain hebat, dibutuhkan pelatih yang hebat juga.

Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu dalam mengembangkan pemain muda, pelatih pun tidak luput untuk dibimbing.

 

Itulah alasan mengapa pelatih asal Jerman adalah pelatih kelas dunia. Banyak faktor seperti akademi, sistem pelatihan, hingga filosofi yang sudah sangat maju di Jerman sehingga dapat menghasilkan pelatih-pelatih berkualitas.

Baca Juga: 5 Pelatih asal Jerman yang Pernah Menangani Klub Premier League

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya