Comscore Tracker

5 Alasan Banyak Klub Bundesliga Memakai Angka pada Namanya

Nilai historis klub menjadi salah satu alasan

Nama klub biasanya diambil dari nama kota asal dari klub tersebut. Jadi tidak heran jika sebauh klub sepak bola menjadi representasi kota asalnya. Namun, pernahkah kamu memperhatikan nama-nama klub dari Bundesliga Jerman?

Untuk musim 2020/21, terdapat 5 dari 18 klub Bundesliga yang memiliki angka pada nama klubnya. Contohnya seperti 1. FC Koln, Bayer 04 Leverkusen, hingga Schalke 04. Lantas, mengapa banyak klub Bundesliga yang memakai angka pada nama klubnya? Jika kamu penasaran, simak artikel berikut ini, yuk!

1. Klub berawal dari sebuah komunitas

5 Alasan Banyak Klub Bundesliga Memakai Angka pada NamanyaBanyak tim Bundesliga yang berawal dari sebuah komunitas (bundesliga.com)

Pada tahun 1900-an, di Jerman sudah mulai bermunculan klub-klub sepak bola. Awalnya klub tersebut berdiri dari latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari komunitas buruh hingga komunitas senam. Dengan menjamurnya klub sepak bola pada saat itu, maka tak heran untuk membedakan klub yang berasal dari kota serta latar belakang yang sama menggunakan angka.

2. Sebagai pengingat berdirinya klub

5 Alasan Banyak Klub Bundesliga Memakai Angka pada NamanyaTahun berdiri sering terdapat pada nama klub (coliseum-online.com)

Biasanya, tahun berdiri klub tidak pernah dicantumkan secara resmi dalam nama klub, Namun, hal tersebut berbeda dengan yang terjadi di Jerman. Terdapat banyak sekali klub yang mencantumkan tahun berdiri pada nama resmi klub.

Beberapa klub yang menggunakan tahun berdiri pada nama klubnya, antara lain adalah TSG Hoffenheim 1899, Borussia VfL 1900 Mönchengladbach, dan FC Augsburg 1907.

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Nama Depan Klub Top Bundesliga, Tahu Arti Bayern?

3. Dua digit angka sebagai bentuk penyederhanaan

5 Alasan Banyak Klub Bundesliga Memakai Angka pada NamanyaPenggunaan dua angka sebagai bentuk sederhana dari tahun berdiri (latetacklemagazine.com)

Jika dirasa terlalu panjang untuk mencantumkan tahun berdiri pada nama resmi klub, ada beberapa klub yang menyederhanakan penggunaan angka dengan hanya menggunakan 2 digit akhir pada tahun berdiri. Klub-klub yang menerapkan hal tersebut yaitu 1. FSV Mainz 05, Bayer 04 Leverkusen, dan Schalke 04.

4. Pembuktian sebagai klub pertama

5 Alasan Banyak Klub Bundesliga Memakai Angka pada NamanyaPenggunaan angka juga bisa menjadi kebanggaan sebuah tim (dazn.com)

Selain untuk mengingatkan akan tahun berdirinya klub, ada juga yang menggunakan angka sebagai pembuktian bahwa klub tersebut pertama kali berdiri di daerahnya. Contohnya seperti 1. FC Nurnberg, 1. FC Koln, dan 1. FSV Mainz 05. Artinya, klub-klub tersebut adalah klub sepak bola pertama yang berdiri di kota tersebut.

5. Mengingatkan akan sejarah klub

5 Alasan Banyak Klub Bundesliga Memakai Angka pada NamanyaKlub Bundesliga menghormati sejarah (dw.com)

Orang-orang Jerman pada dasarnya selalu bangga akan sejarah. Oleh karena itu, memasukkan tahun berdiri klub serta menandakan klub tersebut yang paling pertama berdiri merupakan kebanggaan tersendiri bagi para fans karena klub tersebut kaya akan sejarah.

 

Menggunakan angka pada nama klub bukan tanpa alasan. Hal tersebut sengaja dilakukan oleh para pendiri klub agar mengingatkan para fans akan nilai historis klub tersebut. Menurutmu, nama klub Jerman mana yang paling unik? Yuk, tulis di kolom komentar!

Baca Juga: Selain Bayern Munchen, Ini 5 Klub Terakhir yang Menjuarai Bundesliga

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya