Comscore Tracker

7 Aksi Comeback Fantastis di Babak 16 Besar Liga Champions

Leg kedua babak 16 Liga Champions penuh kejutan

Babak knock-out Liga Champions selalu penuh kejutan. Ada tim yang menang besar dan yakin dengan keunggulannya, namun secara tak terduga keunggulan tersebut berbalik saat leg kedua berlangsung.

Sudah banyak comeback yang terjadi sejak babak awal tersebut. Lantas, pada pertandingan apa saja terjadi comeback fantastis di babak 16 besar Liga Champions? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Napoli vs Chelsea (2011/2012)

7 Aksi Comeback Fantastis di Babak 16 Besar Liga Championsdailymail.co.uk

Pada leg pertama antara Napoli vs Chelsea musim 2011/2012, Napoli sukses menghajar The Blues di San Paolo dengan skor 3-1. Dua gol dari Ezequiel Lavezzi dan satu gol dari Cavani hanya dapat dibalas oleh gol dari Juan Mata.

Menghadapi leg kedua, Chelsea sedang dalam keadaan yang sangat buruk. Andre Villas-Boas baru saja dipecat dan Chelsea dipegang oleh sang caretaker, Roberto Di Matteo. Namun, di sisi lain, Chelsea memiliki keunggulan karena akan bermain di Stamford Bridge dan mengantongi 1 gol tandang.

Tak disangka, gol dari Didier Drogba, John Terry, dan Frank Lampard yang hanya dibalas satu gol dari Gokhan Inler dapat memperpanjang permainan hingga extra time. Akhirnya pada menit ke-105 Branislav Ivanovic berhasil membuat Chelsea lolos ke babak selanjutnya dengan agregat 5-4.

2. AC Milan vs Barcelona (2012/2013)

7 Aksi Comeback Fantastis di Babak 16 Besar Liga Championsgoal.com

Saat pertandingan AC Milan vs Barcelona, sebenarnya kejutan yang terjadi adalah di leg pertama saat Milan mampu menundukkan Barcelona dengan skor 2-0. Gol dari Kevin-Prince Boateng dan Sulley Muntari membuat Barcelona pulang dengan tangan kosong dari San Siro.

Namun, di leg kedua saat bermain di Camp Nou, Barcelona berhasil membalas. Brace dari Lionel Messi serta dua lainnya dari David Villa dan Jordi Alba membuat Barcelona dapat membalikkan keadaan dengan skor telak 4-0. Barcelona unggul dengan agregat 4-2.

3. Olympiakos vs Manchester United (2013/2014)

7 Aksi Comeback Fantastis di Babak 16 Besar Liga Championsskysports.com

Saat bertandang ke markas Olympiakos, tak ada yang menyangka jika Manchester United harus pulang dengan tertunduk karena kalah dengan skor 2-0. Gol dari Olympiakos dicetak oleh Alejandro Dominguez dan Joel Campbell.

Namun, pada leg kedua, Old Trafford masih menunjukkan taringnya sebagai tempat yang angker bagi tim tamu. Robin van Persie bersinar di laga tersebut dengan mencetak hattrick ke gawang Olympiakos. Alhasil Manchester United lolos dengan agregat 3-2.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Bawah Ole Solskjaer

4. Manchester City vs Monaco (2016/2017)

7 Aksi Comeback Fantastis di Babak 16 Besar Liga Championstheguardian.com

Pada leg pertama antara Manchester City vs Monaco yang berlangsung di Etihad Stadium, terjadi pesta gol yang dimenangkan oleh tim tuan rumah dengan skor 5-3. Brace dari Sergio Aguero serta tambahan gol dari Leroy Sane, Raheem Sterling, dan John Stones dibalas dengan brace Radamel Falcao dan sang wonderkid, Kylian Mbappe.

Di leg kedua, Monaco memiliki keunggulan dari dua gol tandang walaupun tertinggal dalam sisi agregat. Namun, tak disangka, skuad asuhan Pep Guardiola harus takluk dengan skor 3-1. Gol dari Mbappe, Tiemoue Bakayoko, dan Fabinho hanya mampu dibalas oleh gol dari Sane.

Atas hasil tersebut, agregat menjadi 6-6. Namun, Monaco lolos ke babak selanjutnya berkat agresivitas gol tandang yang dimilikinya.

5. Paris Saint-Germain vs Barcelona (2016/2017)

7 Aksi Comeback Fantastis di Babak 16 Besar Liga Championsfcbarcelona.com

Pertandingan antara Paris Saint-Germain melawan Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions musim 2016/2017 merupakan comeback dengan margin terbesar dan paling fantastis sepanjang sejarah. Di leg pertama, Barcelona harus kalah dengan skor 4-0 dari PSG lewat brace Angel Di Maria dan tambahan dari Julian Draxler dan Edinson Cavani.

Namun, di leg kedua, Barcelona berhasil bangkit dan balik menghajar PSG. Brace dari Neymar ditambah gol dari Lionel Messi, Luis Suarez, Sergi Roberto, serta gol bunuh diri dari Layvin Kurzawa hanya mampu dibalas satu gol dari Cavani. Barcelona dapat memenangkan pertandingan dengan skor 6-1. Berkat hasil tersebut, Barcelona lolos dengan agregat 6-5.

6. Manchester United vs Paris Saint-Germain (2018/2019)

7 Aksi Comeback Fantastis di Babak 16 Besar Liga Championsskysports.com

Berselang dua musim, Paris Saint-Germain kembali menjadi korban dari tim yang bangkit dari kekalahan pada leg pertama. Pada awalnya, PSG berhasil mencuri kemenangan di Old Trafford dengan skor 2-0 lewat gol Presnel Kimpembe dan Kylian Mbappe.

Seharusnya, laga yang berjalan di Parc des Princes menjadi milik PSG karena keunggulan yang dimilikinya. Namun, Manchester United ternyata dapat membalikkan keadaan. Brace dari Lukaku serta penalti Marcus Rashford di penghujung laga hanya dibalas satu gol oleh Juan bernat.

Alhasil, Manchester United membuat agregat menjadi 3-3 dan lolos berkat agresivitas gol tandang.

7. Atletico Madrid vs Juventus (2018/2019)

7 Aksi Comeback Fantastis di Babak 16 Besar Liga Championsen.as.com

Terakhir, tim asuhan Diego Simeone berhasil menundukkan Juventus di Wanda Metropolitano dengan skor 2-0. Gol tersebut dicetak oleh dua bek Atletico Madrid, yaitu Jose Maria Gimenez dan Diego Godin.

Namun, pada leg kedua yang berlangsung di Italia, Cristiano Ronaldo harus memupus mimpi Diego Simeone untuk melangkah jauh di Liga Champions. Megabintang asal Portugal tersebut membuat hattrick dan membuat Juventus unggul 3-0. Juventus lolos dengan agregat 3-2.

 

Itulah aksi comeback fantastis yang terjadi pada babak 16 besar Liga Champions. Menarik jika pada leg kedua musim ini akan ada comeback yang serupa. Klub mana yang kemungkinan akan membalikkan keadaan pada leg kedua Liga Champions musim ini? Yuk, tulis prediksimu di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Pemain Abad ke-21 yang Pernah Membela Atletico Madrid dan Chelsea

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya