Comscore Tracker

Kisah Dejan Stankovic, Bela 3 Negara Berbeda pada 3 Piala Dunia!

Dejan Stankovic cetak rekor unik di Piala Dunia

Nama Dejan Stankovic bukan nama yang asing bagi pencinta sepak bola Italia. Walaupun berasal dari Serbia, dirinya menghabiskan sebagian karier sebagai pesepak bola di tanah Italia. Dirinya pernah membela Lazio dan Inter Milan pada medio 2000-an.

Di level klub, Stankovic sangat berprestasi dengan banyaknya trofi yang diraih. Namun tahukah kamu, jika di level timnas, Stankovic memiliki rekor unik yang belum ada yang menyamainya hingga saat ini.

Stankovic memiliki rekor unik dengan membela 3 negara dalam 3 ajang Piala Dunia yang berbeda. Kok bisa? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Tampil gemilang sejak muda bersama Red Star Belgrade

Kisah Dejan Stankovic, Bela 3 Negara Berbeda pada 3 Piala Dunia!foxindabox.com

Pada awal kariernya, Stankovic berposisi sebagai gelandang serang. Bersama Red Star Belgrade, Stankovic bermain dalam 4 musim dengan mencatatkan 30 gol dalam 85 pertandingan. Dia juga menyumbang 1 titel Liga Yugoslavia dan 3 Piala Yugoslavia.

Atas penampilan gemilangnya tersebut, pada Piala Dunia 1998 yang berlangsung di Prancis. Padahal, usia dari Stankovic saat itu masih 19 tahun.

2. Menjadi playmaker Yugoslavia pada Piala Dunia 1998

Kisah Dejan Stankovic, Bela 3 Negara Berbeda pada 3 Piala Dunia!dreamteamfc.com

Piala Dunia 1998 yang berlangsung di Prancis merupakan ajang besar pertama bagi Stankovic. Dirinya yang saat itu beru berusia 19 tahun sudah mengemban tugas sebagai playmaker dari Yugoslavia.

Bermain sebanyak 3 kali, Stankovic mencetak 1 gol ke gawang Jerman. Langkah Yugoslavia harus terhenti di babak 16 besar saat tunduk oleh Belanda dengan skor 2-1.

Baca Juga: Setelah Dejan Stankovic, Luis Figo Terpilih Jadi Penasihat UEFA

3. Gagal total bersama Serbia & Montenegro pada Piala Dunia 2006

Kisah Dejan Stankovic, Bela 3 Negara Berbeda pada 3 Piala Dunia!dreamteamfc.com

Berselang 8 tahun, Piala Dunia 2006 menjadi ajang kedua bagi Stankovic untuk unjuk gigi. Saat ini, Stankovic membela Serbia & Montenegro, negara pecahan dari Yugoslavia. Serbia & Montenegro berada satu grup dengan Belanda, Argentina, dan Pantai Gading.

Namun sayang, langkah dari Stankovic dkk. harus terhenti di babak grup sebagai juru kunci. Bahkan, Argentina menghajar Serbia & Montenegro dengan skor 6-0.

4. Menjadi kapten timnas Serbia di Piala Dunia 2010

Kisah Dejan Stankovic, Bela 3 Negara Berbeda pada 3 Piala Dunia!indosport.com

4 tahun berselang, Stankovic kembali masuk ke Piala Dunia 2010 namun kali ini bersama Serbia. Hal tersebut karena Serbia dan Montenegro sudah menyatakan kemerdekaannya masing-masing. Stankovic yang paling senior mendapat tanggung jawab sebagai kapten.

Dalam edisi Piala Dunia kali ini, langkah Serbia kembali terhenti hingga babak grup. Namun setidaknya Serbia berhasil mengalahkan Jerman dengan skor tipis, 1-0.

5. Gagal bersama timnas namun gemilang di level klub

Kisah Dejan Stankovic, Bela 3 Negara Berbeda pada 3 Piala Dunia!suara.com

Walaupun Stankovic belum pernah memberi gelar bergensi bagi negaranya, tapi di level klub Stankovic banyak memberi gelar prestisius. Total Stankovic sudah memberi 26 gelar dengan 3 klub berbeda.

Salah satu prestasi tertinggi Stankovic adalah saat berkostum Inter. Stankovic tergabung dengan skuad yang meraih treble winner bersama Mourinho. Saat itu Stankovic menjadi pilar penting di lini tengah La Beneamata.

Itulah kisah Dejan Stankovic yang membela 3 negara dalam 3 ajang Piala Dunia berbeda. Bukan keinginannya sendiri membela banyak negara, namun hal tersebut terpaksa karena desakan politik di negaranya tersebut. Walaupun gagal bersama timnas, namun prestasi Stankovic bersama klub memang sangat gemilang.

Baca Juga: 10 Pemain Asal Serbia dengan Banderol Termahal Saat Ini, Ada Jovic!

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya