Comscore Tracker

5 Kiper Berusia 40 Tahun ke Atas yang Masih Aktif Bermain!

Ada yang masih jadi kiper utama klub mereka

Para pesepak bola profesional biasanya akan memutuskan pensiun saat usianya sudah akan mendekati 40 tahun. Hal tersebut karena fisiknya sudah tidak dapat banyak mendukung penampilannya diatas lapangan.

Namun berbeda dengan pemain di posisi kiper. Biasanya, kiper dengan usia muda kenyang akan pengalaman dan semakin solid di bawah mistar gawang. Maka tak heran, jika hingga saat ini ada banyak kiper yang sudah berusia 40 tahun yang masih aktif bermain walaupun hanya sebagai pelapis.

Lantas, siapa saja kiper top yang masih aktif bermain walaupun sudah berusia 40 tahun? Jika kamu penasaran, simak artikel berikut ini!

1. Gianluigi Buffon (43 tahun)

5 Kiper Berusia 40 Tahun ke Atas yang Masih Aktif Bermain!indosport.com

Gianluigi Buffon menjadi salah satu pemain bintang yang masih aktif bermain di level tertinggi walaupun sudah menginjak kepala empat. Musim ini, Buffon sudah tampil dalam 10 pertandingan di seluruh kompetisi dengan mencatatkan 6 clean sheets.

Sudah banyak gelar yang diraih Buffon di level klub maupun timnas. Hal yang membuatnya belum pensiun adalah rasa penasarannya yang belum pernah meraih trofi Liga Champions.

2. Artur Boruc (41 tahun)

5 Kiper Berusia 40 Tahun ke Atas yang Masih Aktif Bermain!sport.onet.pl

Artur Boruc mungkin tidak termasuk jajaran kiper top Eropa. Namun, dirinya sudah kenyang akan pengalaman bermain di liga-liga besar Eropa. Mulai dari Celtic, Fiorentina, Southampton, hingga Bournemouth adalah klub-klub yang pernah dibela oleh Boruc.

Saat ini, Boruc sudah berusia 41 tahun. Kini, ia kembali bermain di klub lamanya, Legia Warsawa dan menjadi kiper utama di tim tersebut. Musim ini, Boruc sudah bermain dalam 24 pertandingan dengan mencatatkan 9 clean sheets.

Baca Juga: 5 Timnas yang Memiliki Duo Kiper Sama Hebatnya, Tembok Kokoh

3. Jesus Corona (40 tahun)

5 Kiper Berusia 40 Tahun ke Atas yang Masih Aktif Bermain!mediotiempo.com

Jika Meksiko tidak mempunyai Guillermo Ochoa di bawah mistar gawang, mungkin Jesus Corona yang akan menjadi penjaga gawang utama dari Los Tricolores. Corona sudah bermain selama lebih dari satu dekade bersama Cruz Azul hingga kini usianya sudah mencapai 40 tahun.

Musim ini juga, Corona tetap menjadi kiper utama dari Cruz Azul. Dirinya sudah tampil dalam 31 pertandingan dan mencatatkan 13 clean sheets.

4. Oussa (44 tahun)

5 Kiper Berusia 40 Tahun ke Atas yang Masih Aktif Bermain!panafricanfootball.com

Mesir memiliki catatan kiper tertua yang pernah tampil di Piala Dunia, yaitu dalam diri Essam El Hadary yang saat itu berusia 45 tahun. Namun, ia sudah pensiun pada 2020 lalu.

Sepertinya Mesir tidak begitu kehilangan sosok kiper senior dalam timnasnya. Oussa yang kini berusia 44 tahun merupakan suksesor dari El Hadary. Ia sudah malang melintang di beberapa klub mesir seperti Zamalek hingga Al-Ittihad.

Kini, Oussa tengah membela Wadi Degla dan sudah tampil dalam 16 pertandingan dengan catatan 4 clean sheets.

5. Jean-François Gillet (41 tahun)

5 Kiper Berusia 40 Tahun ke Atas yang Masih Aktif Bermain!zimbio.com

Walaupun Jean-François Gillet merupakan kiper berkebangsaan Belgia, dirinya menghabiskan sebagian besar kariernya di Italia. Tetapi, Gillet juga hanya membela tim-tim medioker saja di Serie A seperti Bari, Bologna, Torino, hingga Catania.

Saat ini, Gillet kembali memperkuat klub masa kecilnya di Belgia, Standard Liege. Saat ini, ia sudah berusia 41 tahun dan hanya menjadi kiper pelapis saja di sana.

 

Itulah para kiper yang masih aktif bermain saat berusia 40 tahun. Beberapa di antara mereka bahkan masih menjadi kiper utama dan tetap dalam performa terbaiknya. Siapa yang menjadi favoritmu dalam daftar ini? 

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Kini Hanya Jadi Cadangan di Klubnya, Ada Buffon

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya