Comscore Tracker

Kiprah 7 Pelatih Asal Prancis di Premier League, Wenger Terbaik!

Hanya Wenger yang dapat meraih titel Premier League

Prancis memiliki segudang talenta sepak bola yang hebat. Namun, perlu diingat bahwa talenta muda yang sukses tidak lepas dari sosok pelatih yang hebat juga. Para pelatih asal Prancis memang menjadi salah satu yang terhebat di dunia saat ini.

Sebut saja Didier Deschamps yang menjuarai Piala Dunia bersama Prancis, Zinedine Zidane yang meriah Liga Champions 3 kali secara beruntun, hingga Arsene Wenger yang menjadi satu-satunya pelatih yang menjuarai Premier League tanpa terkalahkan bersama Arsenal.

Hingga saat ini, sudah ada 7 pelatih asal Prancis yang berkiprah di Premier League. Lantas, siapa saja pelatih asal Prancis yang pernah melatih klub Premier League? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Arsène Wenger

Kiprah 7 Pelatih Asal Prancis di Premier League, Wenger Terbaik!arsenal.com

Arsène Wenger merupakan pelatih asal Prancis pertama yang melatih klub Premier League. Setelah sukses bersama AS Monaco dan Nagoya Grampus, Wenger melatih Arsenal pada musim 1996/1997.

Bersama klub London Utara tersebut, Wenger meraih banyak gelar serta mencetak sejarah. Wenger berhasil memenangkan 3 titel Premier League, 7 FA Cup, serta 7 Community Shield.

Perlu diingat, Wenger meraih gelar invincibles saat membawa Arsenal juara Premier League tanpa terkalahkan pada 2003/2004. Hingga saat ini, belum ada pelatih yang dapat menyamai prestasinya.

2. Gérard Houllier

Kiprah 7 Pelatih Asal Prancis di Premier League, Wenger Terbaik!transfermarkt.co.in

Walaupun berkebangsaan Prancis, karier kepelatihan dari Gérard Houllier dihabiskan di tanah Inggris. Houllier menghabiskan 7 musim di kasta teratas Inggris bersama 2 klub berbeda.

Liverpool merupakan tim Inggris pertama yang dilatih Houllier, yaitu sejak musim 1998/1999. Bersama The Reds, Houllier meraih 1 Piala UEFA, 1 Piala Super Eropa, 1 FA Cup, 2 Piala Liga, dan 1 Community Shield. Satu klub lain yang dilatih Houllier di Inggris adalah Aston Villa pada 2010/2011 dan hanya menjabat selama semusim saja.

Baca Juga: 5 Fakta Mantan Pelatih Liverpool, Gerard Houllier yang Meninggal Dunia

3. Jean Tigana

Kiprah 7 Pelatih Asal Prancis di Premier League, Wenger Terbaik!eurosport.com

Jean Tigana pernah sukses bersama Fulham pada awal 2000-an. Setelah sebelumnya sukses bersama Monaco, Tigana pernah membawa Fulham lolos ke Piala Intertoto lalu membuat Fulham bertengger di papan tengah sebagai tim promosi.

Kebersamaan Tigana dan Fulham hanya berlangsung 2 musim karena dia dipecat pada akhir musim 2002/2003 setelah hanya meraih 1 kemenangan dalam 5 pertandingan dan membuat Fulham berada di posisi 15.

4. Jacques Santini

Kiprah 7 Pelatih Asal Prancis di Premier League, Wenger Terbaik!sportsmole.co.uk

Jacques Santini merupakan pelatih asal Prancis yang memiliki masa jabatan paling singkat. Mulai melatih Tottenham pada Agustus 2004, Santini harus rela dipecat 3 bulan kemudian karena deretan hasil buruk di awal musim.

Dalam 12 pertandingan Premier League yang telah dijalani, Tottenham hanya meraih 3 kemenangan saja yang membuat Tottenham berada di posisi 14 klasemen.

5. Alain Perrin

Kiprah 7 Pelatih Asal Prancis di Premier League, Wenger Terbaik!sportsmole.co.uk

Tak berbeda jauh dengan Santini, masa jabatan dari Alain Perrin saat melatih Portsmouth berlangsung singkat juga. Perrin hanya mendampingi Portsmouth hanya dalam 13 laga dan meraih 3 kemenangan saja.

Setelah melatih Portsmouth, Perrin lebih banyak menghabiskan karier kepelatihannya di Prancis.

6. Rémi Garde

Kiprah 7 Pelatih Asal Prancis di Premier League, Wenger Terbaik!express.co.uk

Remi Garde pernah membuat Lyon menjadi pengganggu bagi Paris Saint-Germain dalam memperebutkan titel Ligue 1. Walaupun belum pernah berhasil melengserkan PSG dari pucuk, Garde bersama Lyon pernah meraih 1 titel Piala Prancis serta 1 Piala Super Prancis.

Mendengar ada tawaran dari klub Premier League, Garde siap melebarkan sayap karier kepelatihannya diluar Prancis. Namun, saat melatih Aston Villa, Garde malah membuat klub tersebut menjadi juru kunci Premier League.

7. Claude Puel

Kiprah 7 Pelatih Asal Prancis di Premier League, Wenger Terbaik!goal.com

Claude Puel sudah banyak melatih klub-klub papan atas Prancis, seperti Monaco, Lille, hingga Lyon. Bersama klub-klub tersebut, Puel sukses membawa seluruhnya bertengger di papan atas Ligue 1.

Hingga pada musim 2016/2017, untuk pertama kalinya, Puel berkarier di luar Prancis untuk melatih klub Premier League, yaitu Southampton. Semusim bersama The Saints, Puel berhasil membawa Southampton bertengger di posisi 8.

Pada musim selanjutnya, Puel bergabung dengan Leicester. Musim pertama Puel bersama Leicester berlangsung baik dengan membawa Leicester berada di papan atas. Namun, musim kedua berjalan buruk yang berujung pemecatan pada dirinya.

 

Itulah para pelatih asal Prancis yang berkiprah di Premier League. Hanya Wenger yang dapat meraih titel Premier League, sedangkan sebagian besar hanya menjabat dengan masa jabatan yang singkat dan belum memberi gelar bagi timnya. Lantas, siapa menurutmu yang terbaik pada daftar ini? Yuk, komen di bawah!

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Membawa Leicester City Juara Premier League

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya