Kisah Andres Escobar, Petaka Muncul Setelah Melakukan Gol Bunuh Diri!

Andres Escobar harus meregang nyawa karena gol bunuh diri

Ajang Piala Dunia 1994 yang berlangsung di Amerika Serikat meninggalkan pil pahit bagi Timnas Kolombia. Bagaimana tidak, selain tidak lolos dari fase grup, Kolombia harus kehilangan sosok kaptennya, yaitu Andres Escobar.

Hal tersebut sangat tragis karena Escobar menjadi kambing hitam oknum tertentu karena mencetak gol bunuh diri yang menyebabkan kekalahan Kolombia. Kejadian tersebut sungguh ironis karena pesta sepak bola yang seharusnya meninggalkan kesan baik malah memberikan kisah pilu.

Lantas, bagaimana kisah dari Andres Escobar bersama Timnas Kolombia pada Piala Dunia 1994 lalu? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Melalui babak kualifikasi Piala Dunia 1994 tanpa kekalahan

Kisah Andres Escobar, Petaka Muncul Setelah Melakukan Gol Bunuh Diri!bleacherreport.com

Timnas Kolombia menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh publik karena melalui babak kualifikasi tanpa terkalahkan. Yang paling mengejutkan adalah saat Kolombia mengalahkan Argentina dengan skor 5-0 dan memastikannya sebagai juara grup.

Apalagi saat itu Kolombia memiliki sederet pemain bintang seperti Carlos Valderrama, Faustino Asprilla, hingga Andres Escobar.

2. Andres Escobar menjadi kapten Kolombia di ajang Piala Dunia 1994

Kisah Andres Escobar, Petaka Muncul Setelah Melakukan Gol Bunuh Diri!bleacherreport.com

Perjalanan Kolombia yang impresif tidak hanya pada kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol saja. Dalam 26 pertandingan menuju Piala Dunia, Kolombia hanya kalah sekali saja. Pria yang memimpin Kolombia saat itu adalah Andres Escobar.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut dijuluki sebagai El Caballero del Futbol atau Gentleman dalam bahasa Inggris. Hal tersebut karena gaya bermainnya yang elegan dan tenang di atas lapangan.

Atas dasar tersebut, Escobar didapuk menjadi kapten Timnas Kolombia dalam ajang Piala Dunia 1994.

Baca Juga: Dari Gol Bunuh Diri Escobar hingga Tandukan Zidane

3. Saat melawan Amerika Serikat, Escobar mencetak gol bunuh diri dan membuat Kolombia tak lolos dari fase grup

Kisah Andres Escobar, Petaka Muncul Setelah Melakukan Gol Bunuh Diri!sport.detik.com

Berkat penampilan gemilang sebelum Piala Dunia, Kolombia menjadi salah satu unggulan dan diperhitungkan oleh banyak pihak. Bahkan Pele memprediksi Kolombia dapat mencapai babak semifinal.

Namun, Kolombia tampil sangat buruk di partai pertama dengan takluk dari Rumania dengan skor 3-1. Berlanjut di pertandingan kedua, Kolombia kembali takluk dari tim tuan rumah, Amerika Serikat, dengan skor tipis 2-1.

Pertandingan tersebut diwarnai oleh gol bunuh diri Andres Escobar yang memastikan kemenangan Amerika Serikat. Dirinya yang mencoba menghalau umpan silang dari John Harkes malah membuat bola tersebut masuk ke gawangnya sendiri. Sang kiper yang sudah mati langkah tak dapat menghentikan laju bola.

Walaupun dapat menang di laga terakhir melawan Swiss, Kolombia tetap tidak lolos ke babak selanjutnya dan parahnya lagi mengakhiri Piala Dunia 1994 sebagai juru kunci.

4. Escobar ditembak oleh 3 orang oknum saat dirinya sedang berada di sebuah cafe

Kisah Andres Escobar, Petaka Muncul Setelah Melakukan Gol Bunuh Diri!indiatimes.com

Pada 2 Juli 1994, tepatnya enam hari setelah Kolombia tersingkir dari Piala Dunia, Andres Escobar meninggal dunia dengan enam peluru bersarang di tubuhnya.

Hal tersebut dilakukan oleh tiga orang oknum setelah Escobar menghabiskan malam bersama teman-temannya pada sebuah bar di kota Medellin. Escobar sebenarnya sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya tidak dapat diselamatkan.

Menurut saksi, para oknum tersebut meneriakkan 'Goool!' saat menembak ke arah Escobar. Penembakan tersebut diyakini terjadi karena gol bunuh diri yang dilakukan Escobar saat melawan Amerika Serikat yang berujung tersingkirnya Kolombia dari Piala Dunia.

5. Seluruh dunia berkabung dan meminta keadilan ditegakkan atas kejadian tragis ini

Kisah Andres Escobar, Petaka Muncul Setelah Melakukan Gol Bunuh Diri!tirto.id

Pemakaman dari Escobar dihadiri oleh lebih dari 100 ribu warga Kolombia. Tubuh dari sang kapten terlihat terbujur kaku dalam peti yang diselubungi dari bendera negaranya. Banyak orang yang menyuarakan agar keadilan ditegakkan.

Mereka meyakini kematian dari Escobar ada keterkaitan dengan bandar judi atau kartel narkoba. Namun hanya tiga oknum tersebut saja yang ditangkap oleh pihak kepolisian.

Itulah kisah dari kapten Timnas Kolombia, Andres Escobar yang berakhir tragis. Berawal dari gol bunuh diri yang menyebabkan Kolombia tersingkir hingga membuat nyawanya melayang karena hal tersebut. Apa pendapatmu mengenai kisah dari Andres Escobar? Yuk komen di bawah!

Baca Juga: Kegagalan Kolombia di Piala Dunia 1994 dan Pembunuhan Andres Escobar

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya