Kisah Juninho Pernambucano, Dewa Tendangan Bebas dari Brasil!

Salah satu maestro tendangan bebas timnas Brasil

Banyak teknik dalam sepak bola yang memerlukan latihan yang keras untuk dapat menguasainya. Mulai dari passingdribbling, hingga shooting. Untuk shooting, teknik yang paling sulit dikuasai dan hanya sedikit orang yang bisa adalah saat melakukan tendangan bebas.

Dengan pagar betis yang menghalangi gawang membuat lebih sulit untuk mencetak gol lewat tendangan bebas. Namun, hal tersebut tidaklah sulit bagi dewa tendangan bebas asal Brasil, Juninho Pernambucano. Ia merupakan pemain dengan gol terbanyak yang dicetak lewat tendangan bebas.

Walaupun Juninho belum pernah bermain di liga besar Eropa seperti Premier League maupun La Liga, ia mampu mencetak sejarah dengan caranya sendiri. Lantas, bagaimana kisah dari Juninho, sang dewa tendangan bebas asal Brasil ini? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Menjalani debut professional di usia 20 tahun

Kisah Juninho Pernambucano, Dewa Tendangan Bebas dari Brasil!90min.com

Antônio Augusto Ribeiro Reis Júnior atau akrab disapa Juninho Pernambucano lahir pada 30 Januari 1975. Dia memulai karier di klub lokal, Sport Recife yang hanya bermain di liga regional Brasil.

Beruntung, bakatnya saat itu dicium oleh klub papan atas Brasil, Vasco da Gama. Barulah pada saat itu, Juninho melakukan debut professionalnya bersama klub tersebut di usia 20 tahun. Bersama Vasco da Gama, Juninho mampu menyumbang banyak trofi seperti dua trofi Liga Brasil dan satu Copa Libertadores.

2. Pindah ke Lyon secara gratis

Kisah Juninho Pernambucano, Dewa Tendangan Bebas dari Brasil!goal.com

Penampilan ciamik Juninho muda di Vasco da Gama membuat beberapa klub besar Eropa tertarik mendatangkannya, salah satunya adalah Lyon. Salah satu yang membuat nama Juninho melambung adalah saat eksekusi tendangan bebasnya yang spektakuler ke gawang River Plate pada semifinal Copa Libertadores waktu itu.

Kebetulan, pada tahun 2000, kontrak Juninho habis bersama Vasco da Gama. Hingga akhirnya, Lyon berhasil mengamankan tanda tangan pemuda asal Brasil tersebut secara gratis.

Baca Juga: 5 Pemain Asal Brasil dengan Torehan Gol Terbanyak di Ligue 1 Prancis

3. Mencetak sejarah bersama Lyon

Kisah Juninho Pernambucano, Dewa Tendangan Bebas dari Brasil!gantigol.com

Sebelum kedatangan Juninho, Lyon belum pernah sama sekali menjuarai Ligue 1. Tak butuh lama, pada musim pertamanya, Juninho berhasil mengantarkan Lyon menjadi jawara Liga Perancis.

Tak cukup sekali saja, Juninho berhasil membawa klub berjuluk Les Gones tersebut menjuarai Ligue 1 sebanyak tujuh kali secara beruntun. Raihan tersebut menjadi rekor dan hingga saat ini, belum ada klub yang mampu memecahkan rekornya.

4. Hampir setengah gol yang dicetak berupa tendangan bebas

Kisah Juninho Pernambucano, Dewa Tendangan Bebas dari Brasil!givemesport.com

Juninho berposisi sebagai gelandang serang. Kualitasnya sebagai playmaker memang hebat, namun bukan kecepatan maupun umpan terobosan yang menjadi senjata andalannya.

Tendangan bebas dari Juninho adalah salah satu senjata andalan Lyon yang pada saat itu menjuarai Ligue 1 selama tujuh musim lamanya. Dalam 344 pertandingan bersama Lyon, Juninho berhasil mencetak 100 gol dan 72 assists. Hebatnya dari 100 gol tersebut, Juninho mencetak 44 gol di antaranya lewat tendangan bebas.

5. Menjadi pemain dengan gol tendangan bebas terbanyak dalam sejarah

Kisah Juninho Pernambucano, Dewa Tendangan Bebas dari Brasil!goal.com

Sepanjang karier profesionalnya, Juninho telah mencetak 77 gol dari situasi bola mati. Ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang sejarah. David Beckham yang dikenal memiliki tendangan bebas yang mematikan juga, hanya mencetak 65 gol saja.

Satu-satunya pemain aktif yang catatannya mendekati Juninho adalah Lionel Messi. Namun, catatan dari Messi juga masih jauh dari Juninho, yaitu hanya 55 gol saja dari tendangan bebas.

Dengan catatan mentereng tersebut, tak salah jika menyebut Juninho sebagai dewa dari tendangan bebas di dunia sepak bola.

 

Itulah kisah dari Juninho Pernambucano, sang dewa tendangan bebas dari Brasil. Walaupun Juninho belum pernah bermain di klub-klub besar Eropa, dirinya berhasil meninggalkan kesan manis di dunia sepak bola sebagai eksekutor tendangan bebas yang paling hebat.

Baca Juga: 9 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Brasil Sepanjang Masa, Para Legenda

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya