Comscore Tracker

Kisah Kieran Tripper, Bek Inggris Pertama yang Juara La Liga!

Ia berhasil berprestasi di luar Inggris

Musim ini, Atletico Madrid berhasil meruntuhkan dominasi Real Madrid dan Barcelona dalam perebutan tahta La Liga. Los Rojiblancos berhasil merengkuh titel La Liga secara dramatis setelah menang pada laga melawan Real Valladolid dengan skor tipis 2-1.

Namun, ada yang menarik dengan skuad Atletico yang meraih juara musim ini, Dalam skuad asuhan Diego Simeone tersebut, ada satu orang yang berkebangsaan Inggris di dalamnya, yaiut Kieran Trippier.

Bek kanan yang kini berusia 30 tahun tersebut mencetak sejarah sebagai bek asal Inggris pertama yang dapat meraih trofi La Liga. Padahal sebelumnya, Trippier hijrah ke Atletico Madrid hanya untuk mencari menit bermain jarang mendapatkan kesempatan bersama Tottenham Hotspur.

Lantas, bagaimana kisah dari Kieran Trippier yang sebelumnya terbuang namun dapat mencetak sejarah di luar Inggris? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Menimba ilmu di akademi Manchester City

Kisah Kieran Tripper, Bek Inggris Pertama yang Juara La Liga!Trippier memulai karier sepak bola bersama Manchester City (thescore.com)

Lahir di Bury pada 19 September 1990, Kieran Trippier mulai menimba ilmu di akademi Manchester City. Saat berada di akademi, Trippier memang tidak terlalu menonjol namun beberapa staff pelatih saat itu melihat ada potensi dari diri Trippier. Oleh karena itu, Trippier dapat bertahan dan menjadi pemain reguler di tim muda Manchester City. 

2. Kerap dipinjamkan untuk menambah jam terbang

Kisah Kieran Tripper, Bek Inggris Pertama yang Juara La Liga!Trippier tampil apik ketika dipinjamkan ke Burnley (goal.com)

Walaupun tampil reguler bersama tim muda Manchester City, Trippier tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk membela tim seniornya. Demi menambah jam terbang, Trippier beberapa kali dipinjamkan ke klub Championship Inggris seperti Barnsley dan Burnley.

Dua musim bermain bersama Barnsley, Trippier mencatatkan 44 penampilan dengan kontribusi 2 gol dan 6 assists. Lalu bersama Burnley, Trippier tampil gemilang dengan mencetak 2 gol dan 3 assists dalam 46 pertandingan. Akhirnya pada akhir musim 2011/12 Burnley mempermanenkan Trippier dengan harga yang tidak dipublikasikan.

Baca Juga: 5 Bek Kanan Top yang Saling Memperebutkan Posisi di Timnas Inggris

3. Mendapatkan tempat utama di Tottenham setelah kepergian Kyle Walker

Kisah Kieran Tripper, Bek Inggris Pertama yang Juara La Liga!Trippier berhasil menjadi bek kanan utama Tottenham (transfermarkt.com)

Tiga musim bersama Burnley, Trippier tampil impresif dengan total telah tampil sebanyak 185 kali dengan catatan 6 gol dan 37 assists. Bahkan, Trippier berhasil membawa Burnley promosi ke Premier League pada musim 2013/14.

Berdasarkan penampilan gemilangnya tersebut, Tottenham Hotspur kepincut dan memboyongnya dari Burnley pada musim panas 2015 sebesar 4,9 juta euro atau sebesar Rp85 miliar. Namun sayang, Trippier hanya menjadi pelapis Kyle Walker pada musim pertama dan keduanya.

Tetapi setelah Kyle Walker hengkang ke Manchester City, Tripper menjadi pilihan utama Mauricio Pochettino di bek kanan Spurs. Bahkan, Trippier mendapatkan tempat di timnas Inggris pada Piala Dunia 2018 lalu.

4. Hijrah ke Atletico Madrid untuk menambah jam terbang

Kisah Kieran Tripper, Bek Inggris Pertama yang Juara La Liga!Trippier kini mencoba peruntungan di Spanyol (90min.com)

Pasca penampilan gemilangnya bersama timnas Inggris pada Piala Dunia 2018, penampilan Trippier mulai kurang konsisten. Ditambah cedera yang berulang kali menimpanya, musim 2018/19 menjadi musim yang buruk baginya.

Oleh karena itu, demi menambah jam terbang dan menjauh dari kerasnya atmosfer Premier League, Trippier menerima pinangan dari Atletico Madrid pada musim panas 2019. Saat itu, Los Rojiblancos membelinya dari Tottenham dengan harga 22 juta euro atau sebesar Rp382 miliar.

5. Berhasil mengukir sejarah di La Liga bersama Atletico Madrid

Kisah Kieran Tripper, Bek Inggris Pertama yang Juara La Liga!Trippier berhasil mengukir sejarah bersama Atletico Madrid (givemesport.com)

Musim pertama Trippier berjalan cukup baik bersama Atletico Madrid dengan menjadi pilihan utama di bek kanan serta lolos ke Liga Champions untuk musim selanjutnya. Memang tak butuh waktu lama bagi Trippier untuk beradaptasi di La Liga.

Namun di musim keduanya, Tripper bersama Atletico Madrid tampil konsisten di La Liga dengan bertengger di posisi satu klasemen sejak bulan November. Walaupun sempat turun menjelang akhir musim, Atletico Madrid berhasil meraih trofi La Liga ke-11 sepanjang sejarah.

Hal ini juga merupakan sesuatu yang spesial bagi Trippier. Ini membuat Trippier mengukir sejarah dengan menjadi bek pertama asal Inggris yang berhasil meraih trofi La Liga. Pemain-pemain Inggris memang sangat jarang yang bermain di La Liga apalagi yang berposisi sebagai pemain belakang, maka tak heran baru kali ini sejarah tersebut tercipta.

 

Walaupun awal kariernya terlihat kurang menjanjikan, namun perlahan Trippier mampu membuktikan bahwa dirinya merupakan salah satu bek kanan top dunia. Bahkan, dirinya kembali mendapatkan kesempatan bermain di Piala Eropa 2020 mendatang.

Baca Juga: Rahasia Kieran Trippier Bermain Bagus, Ada Hubungannya dengan Beckham

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya