Comscore Tracker

Mengenang Kisah Sukses Timnas Yunani Raih Piala Eropa 2004, Keajaiban!

Kisah tim non unggulan yang berhasil meraih juara

Piala Eropa 2004 yang diselenggarakan di Portugal mungkin menjadi ajang yang penuh kejutan. Karena sejak fase grup, sudah banyak tim unggulan yang berguguran. Sebut saja Spanyol, Italia, dan Jerman adalah tim kuat yang tak mampu lolos dari grup.

Namun, gak hanya sampai situ kejutan terbesar dalam ajang ini. Kejutan terbesarnya adalah juara pada Piala Eropa edisi kali ini berasal dari tim non unggulan, yaitu Yunani. Lantas, bagaimana kisah Yunani yang tak disangka dapat menjuarai Piala Eropa 2004? Simak artikel berikut ini!

1. Datang sebagai tim non unggulan

Mengenang Kisah Sukses Timnas Yunani Raih Piala Eropa 2004, Keajaiban!Banyak yang menganggap Yunani akan menjadi juru kunci (90min.com)

Yunani sangat jarang tampil di ajang Piala Eropa. Terakhir kali 'Negeri Para Dewa' tersebut lolos ke ajang tersebut adalah pada 1980. Gelaran tahun 2004 menjadi kali kedua Yunani mengikuti Piala Eropa.

Sebagai tim non unggulan, pada saat pembagian grup Yunani mendapatkan pot terakhir. Bahkan menurut koefisien UEFA, Yunani memiliki koefisien terendah kedua (1,563), sedikit lebih unggul dari Latvia (1.250).

2. Lolos dari grup neraka secara dramatis

Mengenang Kisah Sukses Timnas Yunani Raih Piala Eropa 2004, Keajaiban!agonasport.com

Awal perjalanan Yunani di Piala Eropa tidaklah mudah. Di fase grup saja, Yunani tergabung dengan grup neraka bersama Portugal, Spanyol, dan Rusia. Melihat komposisi tim yang berada di grup tersebut, bisa dibilang mustahil bagi Yunani untuk dapat lolos.

Namun, kejutan sudah tersaji di pertandingan pertama. Yunani berhasil mengalahkan tim tuan rumah, Portugal, dengan skor 2-1. Pertandingan selanjutnya, Yunani dapat menahan imbang Spanyol 1-1.

Pada partai terakhir, Yunani sebenarnya kalah melawan Rusia. Namun, karena di pertandingan lain Spanyol kalah dari Portugal, Yunani berhak lolos ke babak selanjutnya dengan koleksi 4 poin sebagai runner-up di belakang Portugal.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Timnas Portugal dalam Satu Dekade, CR7 Termasuk!

3. Singkirkan timnas Prancis yang penuh bintang

Mengenang Kisah Sukses Timnas Yunani Raih Piala Eropa 2004, Keajaiban!Tak ada yang menyangka Perancis harus tersingkir dini (agonasport.com)

Cobaan untuk Yunani tidak berhenti sampai fase grup saja. Pada babak 8 besar, Yunani harus berhadapan dengan sang juara bertahan, Prancis. Saat itu, Perancis diisi oleh para pemain bintang seperti Thierry Henry, Patrick Vieira, hingga David Trezeguet.

Berkat permainan ultra defensif yang dilakukan oleh anak asuhan Otto Rehhagel, Yunani dapat menahan serangan-serangan dari Prancis. Beruntung Yunani berhasil mencuri satu gol yang dicetak oleh Angelos Charisteas. Skor 1-0 cukup membuat Yunani lolos ke semifinal.

4. Menundukkan generasi emas Republik Ceko lewat perpanjangan waktu

Mengenang Kisah Sukses Timnas Yunani Raih Piala Eropa 2004, Keajaiban!Perlawanan dari Republik Ceko hanya sampai extra time (planetfootball.com)

Republik Ceko sangat bersinar dan mencuri perhatian pada Piala Eropa edisi ini. Pasalnya, negara tersebut selalu meraih kemenangan hingga mencapai semifinal. Saat itu, Republik Ceko tengah diperkuat oleh generasi emasnya seperti, Pavel Nedved dan Milan Baros.

Namun, permainan bertahan total dari Yunani mampu menahan permainan Republik Ceko. Bahkan, skor 0-0 sampai akhir laga normal memaksa pertandingan berlanjut ke babak extra time.

Akhirnya, Yunani berhasil memecah kebuntuan lewat gol Traianos Dellas pada menit ke-105. Hasil ini membuat Yunani melaju ke partai final dan kembali akan melawan tuan rumah, Portugal.

5. Kalahkan tim tuan rumah di partai final

Mengenang Kisah Sukses Timnas Yunani Raih Piala Eropa 2004, Keajaiban!Tim tuan rumah harus menanggung malu(agonasport.com)

Kembali melawan Portugal, kini Yunani tinggal selangkah lagi menuju juara. Walaupun Yunani sudah pernah mengalahkan mereka pada partai awal, pastinya Portugal sudah melakukan evaluasi serta persiapan agar kejadian yang sama tidak terulang kembali.

Apalagi, Portugal didukung oleh 62.000 penonton yang berada di Estadio da Luz. Walaupun begitu, hal tersebut malah menjadi sebuah keuntungan bagi Yunani. Tim asuhan Otto Rehhagel akan bermain tanpa beban karena mencapai final sudah menjadi sebuah kesuksesan.

Hal tersebut terbukti. Yunani tampil lepas dan membuat Portugal kewalahan. Gol tunggal dari Charisteas memastikan kemenangan tipis Yunani 1-0 dan menjadikannya juara Piala Eropa edisi 2004 lalu.

 

Piala Eropa 2004 menjadi momen kejuaraan yang sangat spesial serta kejutan yang tidak pernah diduga sebelumnya. Gelar tersebut menjadi gelar pertama dan satu-satunya yang pernah diraih oleh timnas Yunani hingga saat ini.

Baca Juga: 7 Pemain Skuad Timnas Italia di Piala Dunia 2006 yang Menjadi Pelatih

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya