Comscore Tracker

5 Kontroversi pada Ajang Piala Dunia 2002, Tim Tuan Rumah Diuntungkan!

Korea Selatan terlibat dalam semua kontroversi yang terjadi

Piala Dunia merupakan ajang kejuaraan tertinggi sepak bola yang diadakan empat tahun sekali. Pada tahun 2002, untuk pertama kalinya Piala Dunia akan diselenggarakan di benua Asia. Adapun negara yang mendapatkan kehormatan tersebut adalah Korea Selatan dan Jepang.

Namun, dalam ajang empat tahunan tersebut yang menghasilkan Brasil sebagai juaranya meninggalkan kesan buruk. Salah satu tim tuan rumah, Korea Selatan, menuai kontroversi dalam beberapa laga.

Hal ini membuat Piala Dunia 2002 menjadi edisi yang paling kotor dalam sejarah. Lantas, apa saja kontroversi yang terjadi pada Piala Dunia 2002 lalu? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Dua pemain Portugal mendapatkan kartu merah saat melawan Korea Selatan

5 Kontroversi pada Ajang Piala Dunia 2002, Tim Tuan Rumah Diuntungkan!Portugal gagal lolos dari fase grup (edition.cnn.com)

Kontroversi pada Piala Dunia 2002 dimulai ketika partai terakhir grup D yang mempertemukan antara Korea Selatan dan Portugal. Ini merupakan laga hidup mati bagi keduanya karena siapapun yang memenangkan laga akan lolos ke babak 16 besar.

Namun, harapan Portugal untuk lolos harus mengecil saat dua pemain Portugal mendapatkan kartu merah. Beto dan Joao Pedro adalah pemain yang diusir wasit pada laga tersebut. Padahal, pelanggaran yang dilakukan keduanya tidak keras bahkan seharusnya tidak diberi ganjaran kartu.

Bermain dengan 9 orang sejak menit ke-66, Portugal semakin pesimis untuk lolos. Harapan benar-benar pupus pada menit ke-70 saat Park Ji Sung membobol gawang Portugal. Skor 1-0 bertahan hingga akhir pertandingan dan membuat Korea Selatan lolos sebagai juara grup.

2. Korea mendapatkan penalti kontroversial pada menit ke-4 saat melawan Italia

5 Kontroversi pada Ajang Piala Dunia 2002, Tim Tuan Rumah Diuntungkan!Gianluigi Buffon berhasil menggagalkan penalti Korea Selatan (cabinetmagazine.org)

Pada babak 16 besar, Korea Selatan berhadapan dengan Italia. Dalam laga ini, banyak terdapat kontroversi yang terjadi karena keputusan wasit pada laga tersebut yang dipimpin oleh Bryan Moreno.

Saat laga baru berjalan 4 menit, tim tuan rumah sudah mendapatkan penalti. Hal tersebut karena adanya indikasi pelanggaran dalam kotak penalti. Beruntung, Gianluigi Buffon berhasil mementahkan penalti dari Ahn Jung Hwan

Baca Juga: 8 Pemain Ini Sandingkan Ballon d'Or, Liga Champions, dan Piala Dunia

3. Memberikan kartu kuning kedua kepada Francesco Totti

5 Kontroversi pada Ajang Piala Dunia 2002, Tim Tuan Rumah Diuntungkan!Francesco Totti dianggap melakukan diving (fansided.com)

Laga di waktu normal berakhir imbang dengan skor 1-1 sehingga memaksa laga berjalan pada babak extra time. Namun pada babak ini, puncak kontroversi dari Bryan Moreno terjadi.

Pada menit ke-105, Francesco Totti terlihat terjatuh di kotak penalti Korea Selatan. Namun yang terjadi Totti malah diberikan kartu kuning kedua yang membuatnya harus meninggalkan permainan. Hal ini karena Totti dianggap diving oleh sang wasit.

4. Menganulir gol Damiano Tommasi

5 Kontroversi pada Ajang Piala Dunia 2002, Tim Tuan Rumah Diuntungkan!Bryan Moreno menganulir gol kemenangan Italia (planetfootball.com)

Kontroversi dari wasit Bryan Moreno tak hanya berhenti sampai di situ. Italia sebenarnya dapat unggul lewat gol dari Damiano Tommasi, namun gol tersebut dianulir karena terindikasi adanya offside sebelum gol tersebut terjadi.

Hal ini membuat Giovanni Trapattoni sangat murka akan keputusan tersebut. Pada akhirnya, Italia harus tersingkir karena aturan golden goal setelah Ahn Jung Hwan membobol gawang Italia pada menit ke-117.

5. Menganulir dua gol Spanyol pada babak perempat final

5 Kontroversi pada Ajang Piala Dunia 2002, Tim Tuan Rumah Diuntungkan!Spanyol dirugikan wasit saat melawan Korea Selatan (theweek.in)

Tak hanya berhenti pada babak 16 besar, kontroversi yang melibatkan Korea Selatan kembali berlanjut pada babak 8 besar ketika melawan Spanyol. Pada waktu normal, dua gol dari Spanyol dianulir yang membuat harus berlanjut hingga babak adu penalti. Spanyol harus takluk di babak tos-tosan dengan skor 5-3 yang membuat Korea Selatan melenggang ke semifinal dan berhadapan dengan Jerman.

 

Hal-hal tersebut membuat Piala Dunia 2002 menjadi ajang paling kotor dalam sejarah. Apalagi kejadian tersebut melibatkan tim tuan rumah, yaitu Korea Selatan yang membuat adanya indikasi pengaturan skor. Momen mana yang paling kontroversial menurutmu? Yuk tulis di kolom komentar!

Baca Juga: 10 Selebrasi Paling Tak Terlupakan Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya