10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier League

Pep Guardiola jauh lebih baik dari semuanya

Spanyol merupakan rumah bagi sepak bola menyerang nan atraktif. Tak heran jika para pelatih dari Spanyol banyak tersebar di berbagai negara dan sukses di sana. Premier League juga tidak lepas dari kedatangan pelatih asal Negeri Matador tersebut.

Sudah banyak klub Premier League yang menggunakan jasa pelatih asal Spanyol. Walaupun tak semuanya pernah memenangkan trofi Premier League, setidaknya para pelatih tersebut telah memberikan permainan yang atraktif.

Lantas, siapa saja pelatih asal Spanyol yang pernah menangani klub Premier League? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Rafael Benitez

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguegoal.com

Rafael Benitez merupakan pelatih asal Spanyol pertama yang menangani klub Premier League. Pascamembawa Valencia menjuarai LaLiga dan Piala UEFA pada 2004, Liverpool tertarik dan menjadikan Benitez sebagai pelatih mereka.

Bersama Liverpool, Benitez pada musim pertamanya berhasil membawa Liverpool menjuarai Liga Champions. Kebersamaan Benitez bersama Liverpool berlangsung selama 6 musim.

Selain Liverpool, Chelsea dan Newcastle adalah tim Premier League lain yang pernah dilatih Benitez. Bersama Chelsea, Benitez sukses meraih titel Europa League. Di sisi lain, bersama Newcastle, Benitez sukses membawa The Magpies promosi dan bersaing di papan tengah. Saat ini Benitez tengah menganggur setelah mengundurkan diri dari klub Liga Tiongkok, Dalian Yifang, pada akhir Januari lalu.

2. Juande Ramos

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguescmp.com

Mengikuti jejak Benitez, Juande Ramos adalah pemenang Piala UEFA tahun 2007 bersama Sevilla yang kemudian menangani Tottenham Hotspur. Juande Ramos adalah pelatih terakhir yang berhasil membawa Tottenham meraih trofi, yaitu Carling Cup 2008.

Walaupun berhasil meraih gelar di musim pertamanya, musim kedua Juande Ramos jeblok. Hingga pekan ke-8, Tottenham berada di dasar klasemen dengan 2 hasil seri dan 6 kekalahan tanpa kemenangan. Atas hasil tersebut, dirinya harus rela dipecat. Kini Juande Ramos sudah tidak melatih klub mana pun sejak 2016 lalu.

3. Roberto Martinez

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguefutsalfocus.net

Berbeda dengan pendahulunya yang telah menjuarai sesuatu untuk melatih klub Premier League, Roberto Martinez mempunyai jalannya sendiri. Martinez pensiun sebagai pemain di Swansea dan langsung menjadi pelatih di sana pascapensiun.

Memulai karier kepelatihan di Championship Division bersama Swansea, akhirnya pada musim 2009/2010 ia dilirik oleh Wigan yang saat itu bermain di Premier League. Berhasil bertahan di 3 musim pertama, di musim keempat Wigan harus terdegradasi.

Akan tetapi, setelah itu Martinez bergabung dengan Everton dan meledak bersama The Toffees. Di musim pertamanya, ia berhasil membawa Everton ke peringkat ke-5. Lalu 2 musim selanjutnya Everton hanya menghiasi papan tengah. Saat ini, Martinez masih nyaman menduduki jabatan pelatih Timnas Belgia sejak 2016.

Baca Juga: 10 Top Skor Sepanjang Masa Everton, Ada Siapa Saja?

4. Pepe Mel

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguebirminghammail.co.uk

Pepe Mel adalah pelatih asal Spanyol dengan masa jabatan tersingkat di Premier League. West Brom merekrutnya pada Januari 2014 dari Real Betis untuk menyelamatkan West Brom dari jeratan zona degradasi.

Hanya memiliki 17 laga tersisa, Pepe Mel sejatinya berhasil membawa West Brom bertahan di Premier League. Namun, manajemen lebih memilih Tony Pulis untuk menjadi pelatih West Brom musim selanjutnya. Kini Pepe Mel tengah melatih Las Palmas yang sedang berada di LaLiga 2.

5. Quique Sanchez Flores

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguemarca.com

Quique Sánchez Flores pernah menangani Valencia dan Atletico Madrid saat masih di Spanyol. Namun, saat di Inggris, dirinya hanya melatih klub semenjana, Watford. Dirinya melatih Watford selama 2 periode. Pertama pada musim 2015/2016 dan berhasil membawa klub promosi tersebut bertengger di papan tengah.

Lalu, pada periode keduanya musim 2019/2020, Quique gagal dan membenamkan Watford di dasar klasemen hanya dalam 12 pertandingan. Saat ini Quique tidak terikat kontrak dengan klub mana pun sejak dipecat oleh Watford.

6. Pep Guardiola

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguethetimes.co.uk

Pep Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik dunia dan datang ke Etihad Stadium pada musim 2016/2017. Hingga saat ini hanya Manchester City klub Premier League yang dilatihnya. Total sudah ada 2 titel Premier League, 1 Piala FA, dan 3 Carabao Cup.

Untuk menyempurnakan raihan Guardiola bersama City, ia hanya tinggal memenangkan Liga Champions. Sayang hingga saat ini Manchester City belum pernah mencapai semifinal dalam ajang tersebut.

7. Aitor Karanka

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguegazettelive.co.uk

Sama seperti Roberto Martinez, Aitor Karanka mengawali karier kepelatihannya bersama klub Championship Division, Middlesbrough. Karanka berjuang bersama The Boro selama 3 musim di Championship Division hingga akhirnya promosi.

Namun, kiprahnya di Premier League tidak bisa dibilang bagus. Karanka hanya dapat bertahan hingga pekan ke-27. Saat itu The Boro sedang berada di posisi ke-18 klasemen sementara dan terancam terdegradasi. Saat ini, Karanka masih melatih tim Inggris, namun di Championship Division bersama Birmingham City.

8. Javi Garcia

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguehappenings.com.ng

Javi Garcia mulai menangani Watford karena menggantikan Marco Silva di pertengahan musim 2018/2019. Di musim pertamanya, Watford berhasil bersaing di papan tengah. lalu di awal musim keduanya, Watford sempat menembus papan atas sampai harus kembali tertahan di papan tengah pada akhir musim.

Musim ketiga dengan Watford menjadi mimpi buruk bagi Javi Garcia. Dalam 10 pertandingan terakhir, Watford hanya meraih 1 kali kemenangan. Karena hal tersebut, Javi Garcia harus meninggalkan Vicarage Road. Saat ini Javi Garcia kembali ke Spanyol untuk melatih Valencia.

9. Unai Emery

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguetalksport.com

Sebelum menangani Arsenal, Unai Emery telah sukses bersama Sevilla dan Paris Saint-Germain. Musim pertamanya bersama Arsenal tidak buruk dengan mencapai final Liga Europa dan meraih posisi ke-5 di Premier League.

Namun, di musim selanjutnya, hingga pekan ke-13 Premier League, Arsenal belum pernah menang dalam 7 pertandingan. Karena alasan tersebut, Unai Emery harus meninggalkan Arsenal. Unai Emery saat ini kembali ke Spanyol untuk melatih Villarreal.

10. Mikel Arteta

10 Pelatih Asal Spanyol yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguefoxsports.com.au

Pascakepergian Unai Emery, suksesornya adalah pelatih asal Spanyol lainnya, yaitu Mikel Arteta. Sebelumnya, Arteta merupakan asisten pelatih dari Pep Guardiola di CIty. Fans The Gunners berharap besar pada mantan pemainnya tersebut.

Di musim pertamanya, Mikel Arteta sukses meraih Piala FA ditambah Community Shield di awal musim keduanya. Saat ini Arteta berhasil membawa Arsenal ke babak 32 besar Liga Europa dan perlahan mulai merangsek ke papan atas Premier League.

 

Itulah para pelatih asal Spanyol yang pernah menangani tim Premier League. Sebagian besar memberikan warna baru bagi sepak bola Inggris. Permainan sepak bola atraktif dengan aliran bola-bola pendek menjadi ciri khas pelatih asal Spanyol. Siapa pelatih asal Spanyol favoritmu? Yuk, komen di bawah!

Baca Juga: Martin Odegaard Bicara Mikel Arteta dan Idolanya di Arsenal

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya