7 Pemain Termahal yang Dibeli Barcelona dari Klub Brasil

Tak semua pemain Brasil berhasil di Camp Nou

Barcelona merupakan salah satu klub terbaik dunia. Banyak pemain yang bermimpi akan bermain di Barcelona. Brasil merupakan negara eksportir pesepak bola terbanyak di dunia. Tak sedikit pemain Brasil yang ingin membela Barcelona suatu saat nanti.

Ternyata, Barcelona sudah sering merekrut langsung pemain asal Brasil dari klub lokal. Merekrut pemain langsung dari negara asalnya memang membuat harga pemain lebih murah. Namun, jika si pemain berstatus wonderkid pastinya membuat harganya tinggi.

Lantas, siapa saja pemain termahal yang dibeli Barcelona dari klub asal Brasil? Jika kamu pensaran, simak artikel berikut ini, yuk!

1. Neymar (88,2 juta euro - Santos)

7 Pemain Termahal yang Dibeli Barcelona dari Klub Brasilgoal.com

Pada 2012 lalu, Neymar merupaka wonderkid yang paling banyak mencuri perhatian. Aksi individunya sangat ciamik yang membuat banyak klub kepincut padanya, tak terkecuali dua raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Kedua klub tersebut memperebutkan tanda tangan Neymar. Hingga pada akhirnya, pada musim 2013/14 Barcelona yang berhasil memboyong Neymar dari Santos dengan mahar 88,2 juta euro atau sebesar Rp1,5 triliun.

Bersama Barcelona, Neymar telah meraih seluruh gelar dan menjadi salah satu dari trisula maut bersama Lionel Messi dan Luis Suarez. Neymar hanya bertahan empat musim bersama Barcelona, karena pada 2017 dirinya hengkang ke PSG karena klub asal Perancis tersebut membayar release clause Neymar yang mencapai 222 juta euro atau sebesar Rp3,8 triliun.

2. Arthur (31 juta euro - Gremio)

7 Pemain Termahal yang Dibeli Barcelona dari Klub Brasilmarca.com

Andres Iniesta meninggalkan Barcelona pada 2018 lalu. Dengan kehilangan Iniesta, lini tengah Barcelona seakan nyawa. Oleh karena itu, Barcelona bergerak cepat dengan salah satunya mendatangkan wonderkid asal Brasil, Arthur.

Gaya bermain yang mirip dengan Iniesta membuat Barcelona semakin mantap mendatangkan Arthur yang saat itu baru berusia 22 tahun. Arthur didatangkan dari Gremio dengan mahar 31 juta euro atau sebesar Rp527 miliar.

Namun sayang, performa Arthur bersama Blaugrana tak sesuai ekspektasi. Dirinya lebih banyak turun sebagai pemain pengganti dan sering menderita cedera. Bersama Barcelona, Arthur hanya bermain dalam 72 pertandingan dengan 4 gol dan 6 assists. Pada 2020 lalu, Arthur dijual ke Juventus.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Latin yang Kini Membela Barcelona, Gak Hanya Messi!

3. Geovanni (21 juta euro - Cruzeiro)

7 Pemain Termahal yang Dibeli Barcelona dari Klub Brasilindosport.com

Jauh sebelum Neymar dan Athur, pencari bakat Barcelona pernah mendatangkan wonderkid berusia 22 tahun dari Cruzeiro dalam diri Geovanni. Bersama Cruzeiro, dirinya membantu memenangkan trofi Recopa Sudamericana dengan catatan 9 gol dalam 18 pertandingan.

Hal itulah yang menjadi dasar Barcelona untuk merekrut Geovanni dengan harga 21 juta euro atau sebesar Rp357 miliar. Namun sayang, penampilan dari Geovanni tak pernah sebaik saat berseragam Cruzeiro hingga akhir karirnya.

Saat berseragam Barcelona, Geovanni hanya mencetak 3 gol dan 3 assists dalam 43 pertandingan. Pada Januari 2003 dirinya dipinjamkan ke Benfica dan melepasnya secara gratis ke Benfica di akhir musim.

4. Keirrison (14 juta euro - Desportivo Brasil)

7 Pemain Termahal yang Dibeli Barcelona dari Klub Brasilgoal.com

Keirrison mungkin menjadi wonderkid asal Brasil yang paling gagal di Barcelona. Diboyong dari Desportivo Brasil dengan harga 14 juta euro atau sebesar Rp238 miliar, dirinya tak pernah sekalipun merumput bersama Barcelona.

Sejak kedatangannya ke Camp Nou pada 2009, dirinya selalu dipinjamkan setiap musimnya. Selama dipinjamkan pada lima klub yang berbeda, performa Keirrison tak pernah bagus dan hanya menjadi penghangat bangku cadangan saja.

5. Emerson Royal (12 juta euro - Atletico Mineiro)

7 Pemain Termahal yang Dibeli Barcelona dari Klub Brasilmarca.com

Emerson Royal merupakan wonderkid paling anyar yang direkrut dari klub Brasil, Atletico Mineiro. Ia didatangkan dengan mahar 12 juta euro atau sebesar Rp204 miliar pada bursa transfer musim panas 2019 lalu.

Sejak bergabung dengan klub asal Catalan tersebut, Emerson belum pernah sekalipun bermain. Ia langsung dipinjamkan ke Real Betis selama dua musim. Dalam masa peminjamannya, bisa dibilang cukup sukses dengan tampil sebanyak 69 kali dengan kontribusi 5 gol dan 10 assists.

6. Yerry Mina (11,8 juta euro - Palmeiras)

7 Pemain Termahal yang Dibeli Barcelona dari Klub Brasilakurat.co

Yerry Mina tampil impresif bersama Palmeiras. Walaupun berposisi sebagai bek tengah, dirinya tampil produktif dengan mencetak 9 gol dalam 32 pertandingan. Dirinya juga menjuarai liga bersama Palmeiras pada 2016 lalu.

Hal tersebut membuat Barcelona tertarik mendatangkannya karena saat itu lini belakang Barcelona sangat rapuh. Yerry Mina diboyong dari Palmeiras dengan harga 11,8 juta euro atau sebesar Rp200 miliar.

Tapi sayang, kiprah Yerry Mina bersama Barcelona berlangsung singkat, hanya 6 bulan saja. Ia hanya tampil sebanyak 6 pertandingan saja. Pada Agustus 2018, Yerry Mina dijual ke Everton.

7. Fabio Rochemback (9 juta euro - Internacional)

7 Pemain Termahal yang Dibeli Barcelona dari Klub Brasilbola.net

Jauh sebelum nama-nama di atas diboyong Barcelona, Fabio Rochemback adalah wonderkid asal Brasil yang diboyong ke Camp Nou dengan mahar yang besar.

Rochemback dibeli dari Internacional dengan harga 9 juta euro atau sebesar Rp153 miliar pada 2001. Walaupun bermain sebanyak 68 kali bersama Barcelona, Rochemback sebagain besar tampil sebagai pemain pengganti dan bukan pilihan utama pelatih.

 

Itulah para pemain Barcelona yang dibeli dari klub Brasil. Banyak dari mereka yang gagal di Barcelona karena mungkin belum siap merumput bersama salah satu klub terbesar dunia di usia muda. Lantas, siapa yang menurutmu terbaik dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Terlupakan Pernah Bermain dengan Barcelona

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya