Comscore Tracker

5 Tim Asal Italia yang Terakhir Kali Memenangkan Liga Champions

Sudah satu dekade tim dari Italia tak pernah juara!

Musim ini, perwakilan dari Italia tak ada yang mampu menembus babak 8 besar Liga Champions. Hal ini cukup ironis karena Serie A merupakan salah satu dari 5 Liga top Eropa. Padahal, di babak 16 besar Italia menyumbang 3 wakilnya, yaitu Juventus, Atalanta, dan Lazio.

Langkah Lazio dan Atalanta untuk melaju ke babak selanjutnya memang berat karena harus berhadapan dengan Bayern Munchen dan Real Madrid. Harapan satu-satunya adalah Juventus yang melawan Porto yang tak disangka harus tersingkir secara dramatis.

Terhitung sudah lebih dari satu dekade tidak ada klub Italia yang menjuarai Liga Champions. Lantas, tim asal Italia terakhir yang dapat memenangkan titel Liga Champions? Jika kamu penasaran, yuk simak artikel berikut ini!

1. Inter Milan (2009/10)

5 Tim Asal Italia yang Terakhir Kali Memenangkan Liga ChampionsInter Milan saat memenangkan Liga Champions 2009/2010. (forzaitalianfootball.com)

Pada musim 2009/10, Inter bukan menjadi unggulan utama dalam perebutan gelar Liga Champions. Masih banyak yang memprediksi jika Bayern Munchen dan Barcelona akan bertemu di partai final.

Namun di babak semifinal, Inter membuktikan bahwa mereka layak berada di final dengan menyingkirkan Barcelona dengan agregat 3-2. Jose Mourinho dapat meredam tiki-taka Guardiola dengan parkir bis dengan serangan balik yang cepat.

Di partai final, Bayern Munchen menjadi lawan selanjutnya. Tetapi Inter berhasil menundukkan raksasa Jerman tersebut dengan skor 2-0. Dua gol Inter diborong oleh DIego Milito. Ini menjadikan Inter menjadi klub Italia terakhir yang meraih titel Liga Champions.

Saat itu, Inter memang diperkuat oleh beberapa pemain bintang seperti Samuel Eto'o, Wesley Sneijder, Diego Milito, hingga Javier Zanetti.

2. AC Milan (2006/07)

5 Tim Asal Italia yang Terakhir Kali Memenangkan Liga ChampionsAC Milan juara Liga Champions 2006/2007 (goal.com)

Perjalanan AC Milan menuju babak final Liga Champions 2006/07 tidaklah mudah. Mulai dari babak 16 besar, Milan harus melalui babak tambahan waktu untuk mengalahkan Celtic dengan agregat 1-0.

Di babak perempat final, AC Milan sempat tertahan 2-2 di San Siro oleh Bayern Munchen sebelum dapat menang 2-0 pada leg kedua. Lalu di semifinal, I Rossoneri harus takluk terlebih dahulu dari Manchester United dengan skor 3-2 sebelum klub asal Milan tersebut menghajar tim asuhan Sir Alex Ferguson dengan skor telak 3-0.

Liverpool sudah menjadi lawan di partai final. Ini menjadi sesuatu yang sangat spesial karena bisa menjadi ajang balas dendam musim 2004/05 dimana Liverpool mendapatkan keajaiban Istanbul dengan melakukan comeback setelah tertinggal 3 gol lalu menang lewat adu penalti.

Namun ternyata, di partai final AC Milan berhasil menundukkan perlawanan Liverpool dengan skor 2-1. Filippo Inzaghi memborong 2 gol Rossoneri yang hanya dapat dibalaskan The Reds lewat Dirk Kuyt di menit-menit akhir.

Baca Juga: 8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Champions

3. AC Milan (2002/03)

5 Tim Asal Italia yang Terakhir Kali Memenangkan Liga ChampionsAC Milan juara Liga Champions 2002/2003 (vavel.com)

Musim 2002/03 menjadi musim kejayaan bagi italia dalam menguasai Eropa. Pasalnya, padamusim ini terjadi All-Italian Final antara AC Milan melawan Juventus. Lalu, di babak semifinal terdapat Inter yang tersingkir oleh rival sekotanya lewat agresvitas gol tandang.

Babak final menjadi partai dengan gengsi yang besar antara keduanya. Sampai-sampai, pertandingan harus berakhir imbang tanpa gol selama 120 menit dan dilanjutkan dengan babak adu penalti untuk menentukan pemenangnya.

Beruntung bagi AC Milan, sang algojo terakhir, Andriy Shenvhenko, berhasil menuntuaskan tugasnya yang membuat skor akhir babak adu penalti menjadi 3-2 untuk keunggulan si Merah-Hitam.

4. Juventus (1995/96)

5 Tim Asal Italia yang Terakhir Kali Memenangkan Liga ChampionsJuventus juara Liga Champions 1995/1996 (uefa.com)

Walaupun Juventus merupakan klub Italia terakhir yang dapat mencapai final Liga Champions, Si Nyonya Tua berhasil meraih titel tersebut jauh lebih lama, yaitu pada musim 1994/95.

Saat itu, tim yang diatas kertas merupakan penantang berat hanya Real Madrid saja. Beruntung Juventus telah menyingkirkan Real Madrid pada babak 8 besar.

Di partai final, Juventus harus melawan sang juara bertahan, Ajax. Pertandingan cukup berjalan alot hingga memaksa keduanya untuk melakukan adu penalti. Seluruh algojo Juventus berhasil menuntaskan tugasnya yang membuat skor akhir adalah 5-3.

5. AC Milan (1993/94)

5 Tim Asal Italia yang Terakhir Kali Memenangkan Liga ChampionsAC Milan juara Liga Champions 1993/1994 (90min.com)

Era 80-an hingga 90-an memang menjadi masa kejayaan bagi klub-klub Italia, salah satunya adalah AC Milan. Pada musim 1993/94, I Rossoneri memang sedang kuat-kuatnya pada saat itu.

Hebatnya lagi, AC Milan hanya kebobolan 2 gol saja sepanjang gelaran Liga Champions di musim tersebut. Bahkan di partai final, tim sekelas Barcelona saja dihajar dengan skor telak 4-0. Tak heran jika fans AC Milan saat ini merindukan skuad pada era 90-an tersebut.

Itulah tim Italia terakhir yang berhasil memenangkan titel Premier League. Sudah sangat lama trofi Liga Champions tak datang ke negeri Pizza tersebut. Apa yang menjadi penyebab klub Italia tak perkasa seperti dulu? Yuk tulis pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Inter Milan, Ada Javier Zanetti

Ahsan Nurrijal Photo Verified Writer Ahsan Nurrijal

instagram.com/ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya