Comscore Tracker

5 Bek Termahal yang Pernah Digaet Manchester United

Sang rekrutan baru MU langsung masuk daftar ini

Di bawah asuhan Erik Ten Hag, Manchester United memulai era baru pada musim 2022/2023. Klub berjuluk The Reds Devils ini tentu berambisi untuk meraih trofi kembali mengingat mereka sudah tak pernah meraih trofi dalam beberapa musim terakhir.

Skuad baru asuhan Ten Hag ini baru saja mendatangkan bek berbakat asal Argentina, Lisandro Martinez. Ia ditebus dengan biaya yang mahal dari Ajax.

Dalam sejarah, ada beberapa nama bek yang didatangkan Manchester United dengan banderol tinggi. Termasuk Lisandro Martinez, berikut ini kelima bek termahal yang pernah didatangkan oleh Manchester United.

1. Harry Maguire (Rp1,31 triliun)

5 Bek Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedHarry Maguire (twitter.com/harrymaguire93)

Harry Maguire masih memegang rekor sebagai bek termahal yang pernah didatangkan oleh Manchester United sejauh ini. Pemain asal Inggris ini diboyong ke Old Trafford pada musim panas 2019. Sang pemain ditebus dengan biaya 87 juta euro alias Rp1,31 triliun dari Leicester.

Sejauh ini, Harry Maguire mampu menjadi andalan di sektor pertahanan Setan Merah meski dinilai oleh para penggemarnya belum menunjukkan performa terbaik. Sejauh ini Maguire sendiri telah membukukan 143 penampilan dengan mencetak 7 gol dan 5 assist di semua kompetisi.

2. Lisandro Martinez

5 Bek Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedLisandro Martinez (twitter.com/fabrizioromano)

Pada musim panas 2022, Manchester United mendatangkan bek dari Ajax Amsterdam, Lisandro Martinez. Berkat performa apiknya di Ajax, Lisandro Martinez diboyong dengan biaya sekitar 57,3 juta euro atau setara dengan Rp868 miliar. 

Bersama Ajax, Lisandro sukses tampil kokoh di barisan pertahanan dengan mencatatkan 118 penampilan dengan mencetak 6 gol dan 6 assist. Ia diharapkan mampu menunjukkan performa impresifnya bersama Setan Merah mulai musim 2022/2023 mendatang.

Baca Juga: 7 Pemain Argentina yang Pernah Bela MU Sebelum Lisandro Martinez

3. Aaron Wan-Bissaka

5 Bek Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedAaron Wan-Bissaka (instagram.com/awbissaka)

Selain mendatangkan Harry Maguire, Manchester United juga mendatangkan bek lainnya pada musim panas 2019, Aaron Wan-Bissaka. Ia direkrut dari klub Inggris lainnya, Crystal Palace, dengan biaya 55 juta euro atau setara Rp832 miliar.

Bek kanan ini awalnya mampu menunjukkan performa impresif dan menjadi andalan Manchester United. Namun, performanya cenderung menurun di musim 2021/2022 hingga perlahan mulai tersisihkan dari skuad utama. Sejauh berkostum Setan Merah, Wan Bissaka telah membukukan 125 penampilan dengan mencetak 2 gol dan 10 assist.

4. Rio Ferdinand

5 Bek Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedRio Ferdinand (twitter.com/premierleague)

Jauh sebelum nama-nama di atas, Rio Ferdinand sempat memegang rekor bek termahal yang pernah didatangkan Manchester United. Pemain asal Inggris ini merapat ke Setan Merah pada musim 2002 silam.

Ferdinand didatangkan dengan mahar 46 juta euro atau setara dengan Rp696 miliar, nominal yang sangat fantastis kala itu. Bersama Setan Merah, ia layak menyandang salah satu bek terbaik sekaligus legendaris atas semua sumbangsih yang ia torehkan. Ferdinand sendiri membukukan 454 penampilan dengan mencetak 8 gol dan 9 assist selama bermain untuk publik Old Trafford.

5. Raphael Varane

5 Bek Termahal yang Pernah Digaet Manchester UnitedRaphael Varane (twitter.com/premierleague)

Raphael Varane baru bergabung dengan Manchster United pada musim panas 2021 lalu. Pria berkebangsaan Prancis ini didatangkan dari Real Madrid dengan biaya 40 juta euro atau setara dengan Rp605 miliar. Ia dikontrak hingga Juni 2025 mendatang.

Sejauh ini, Varane belum terlalu nyetel dengan permainan Manchester United. Pada musim lalu, ia hanya mencatatkan 22 penampilan dengan mencetak 1 gol dan 1 assist di semua kompetisi. Varane tentu harus meningkatkan performanya musim depan untuk mengunci pos utama di lini pertahanan.

Kedatangan Lisandro Martinez bikin persaingan di lini belakang Manchester United makin ketat. Dengan banderol mahal yang ia sandang, mampukah Lisandro Martinez cepat beradaptasi dengan gaya permainan serta kultur Manchester United?

Baca Juga: Lisandro Martinez Datang, Varane atau Maguire yang Tersingkir? 

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya