5 Bek yang Hengkang dari Klub Serie A pada Musim Panas 2022

Mencoba tantangan baru di liga lain

Serie A Italia mampu melahirkan talenta-talenta berbakat berposisi bek. Beberapa pemain legendaris seperti Paolo Maldini dan Alessandro Nesta lahir di sini.

Meski begitu, pada bursa transfer musim panas 2022, banyak pemain bertahan yang memilih hengkang dari klub Serie A. Mereka memutuskan untuk berkiprah di liga lain pada 2022/2023 ini.

Setidaknya ada lima bek yang hengkang dari klub Serie A pada musim panas 2022.

1. Matthijs de Ligt (Bayern Munich)

5 Bek yang Hengkang dari Klub Serie A pada Musim Panas 2022Matthijs de Light (instagram.com/mdelight_)

Matthijs de Ligt berkiprah di Serie A selama 3 musim. Pemain berkebangsaan Belanda ini membela Juventus pada 2019. Saat itu, ia dibeli dari Ajax Amsterdam dengan biaya 97 juta euro atau setara dengan Rp1,48 triliun.

Bek tengah ini berhasil mencatatkan 117 penampilan dengan mencetak 8 gol dan 4 assist bersama Juventus. Pada musim panas 2022 ini, ia akhirnya ditebus Bayern Munich dengan biaya 76 juta euro atau Rp1,16 triliun.

2. Cristian Romero (Tottenham Hotspur)

5 Bek yang Hengkang dari Klub Serie A pada Musim Panas 2022Cristian Romero (instagram.com/cutiromero2)

Cristian Romero sudah tidak berkiprah di Serie A sejak musim panas 2021. Ia menjalani masa peminjaman ke Tottenham Hotspur selama semusim penuh. Performa apiknya membuat Spurs tertarik untuk mempermanenkannya.

Alhasil, pemain asal Argentina ini dipermanenkan Spurs dengan biaya 57 juta euro atau setara dengan Rp869 miliar dari Atalanta. Romero langsung menandatangani kontrak hingga Juni 2027 bersama Tottenham Hotspur.

Baca Juga: Lama Membela Klub Serie A, 5 Pemain Ini Hengkang pada Musim Panas 2022

3. Kalidou Koulibaly (Chelsea)

5 Bek yang Hengkang dari Klub Serie A pada Musim Panas 2022Kalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly26)

Setelah 8 musim mengabdi kepada Napoli, Kalidou Koulibaly mencoba tantangan baru dengan membela Chelsea pada musim panas 2022. Pemain berpaspor Senegal ini berhasil didatangkan dengan biaya 44 juta euro atau setara dengan Rp680 miliar.

Selama berseragam Napoli, Koulibaly menunjukkan performa apik di sektor pertahanan. Ia mampu menorehkan 317 penampilan dengan mencetak 14 gol dan 9 assist bersama Napoli.

4. Nahuel Molina (Atletico Madrid)

5 Bek yang Hengkang dari Klub Serie A pada Musim Panas 2022Nahuel Molina (instagram.com/nahuelmolina35)

Serie A merupakan Liga Eropa pertama yang dirasakan Nahuel Molina. Pemain asal Argentina ini mulai bergabung ke Udinese Calcio pada 2020 lalu. Ia ditebus dari Boca Juniors dengan status bebas transfer.

Pemain berposisi bek kanan ini mampu mencatatkan 68 penampilan dengan mencetak 10 gol dan 10 assist bersama Udinese. Kiprahnya di Serie A akhirnya berakhir pada musim panas ini setelah ia memilih untuk bergabung ke Atletico Madrid.

5. Arthur Thetate (Stade Rennais)

5 Bek yang Hengkang dari Klub Serie A pada Musim Panas 2022Arthur Theate (instagram.com/arthurtheate)

Arthur Theate merupakan pemain sepak bola asal Belgia yang kini berkiprah di Ligue 1 Prancis dengan membela Stade Rennais. Pemain berusia 22 tahun ini didatangkan Rennais dengan biaya 31 juta euro atau setara Rp330 miliar dari klub Italia, Bologna.

Saat bersama Bologna, pemain yang berposisi bek tengah ini tampil apik dan menjadi andalan di barisan pertahanan. Ia mampu menorehkan 31 penampilan dengan mencetak 2 gol dan 1 assist.

Tak semua pemain bola berhasil beradaptasi jika pindah ke liga lain. Mereka harus menyesuaikan pola permainan klub barunya serta arahan dari pelatih. Menurutmu, siapakah yang langsung memberikan kontribusi signifikan terhadap klub barunya?

Baca Juga: 5 Striker Tajam yang Hengkang dari Serie A pada Musim Panas 2022

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya