Comscore Tracker

5 Jebolan Akademi Bayer Leverkusesn yang Pernah Bermain di EPL

Deretan pemain top

Bayer Leverkusen jadi salah satu klub papan atas di Bundesliga. Klub berjuluk Werkself ini memiliki akademi yang cukup baik. Mereka banyak menghasilkan talenta-talenta muda setiap tahunnya.

Beberapa jebolan akademi Bayer Leverkusen juga pernah merumput di kasta tertinggi Liga Inggris. Terdapat lima pemain top yang berkiprah di English Premier League. Siapa sajakah mereka?

1. Stefan Schwarz

5 Jebolan Akademi Bayer Leverkusesn yang Pernah Bermain di EPLpotret Stefan Schwarz (skysports.com)

Stefan Schwarz merupakan jebolan akademi Bayer Leverkusen pertama yang merumput di Premier League. Pemain berpaspor Swedia ini mulai berkarier di tanah Inggris pada 1994 silam. Klub Inggris yang ia bela adalah Arsenal.

Ia bertahan selama semusim bersama Arsenal. Schwarz hanya mampu mencatatkan 45 pertandingan sebelum pindah ke Italia untuk membela Fiorentina. Pada 2003, ia kembali ke Inggris untuk memperkuat Sunderland dan bertahan hingga 2003, lalu memutuskan pensiun pada tahun tersebut.

2. Leroy Sane

5 Jebolan Akademi Bayer Leverkusesn yang Pernah Bermain di EPLpotret Leroy Sane (skysports.com)

Leroy Sane salah satu jebolan akademi Bayer Leverkusen yang sukses berkarier di klub Eropa. Ia bergabung dengan Manchester City pada 2016 lalu. Saat itu, Sane baru berusia 20 tahun.

Meski usianya masih tergolong muda, ia mampu tampil gemilang bersama Manchester City. Sane sukses mencatatkan 135 penampilan dengan mencetak 39 gol dan 46 assist. Ia juga banyak meraih titel bergengsi bersama Manchester City.

Sane menghabiskan waktu selama 4 musim bersama The Citizens. Pada 2020, ia kembali ke Jerman dengan bergabung ke tim raksasa Jerman, Bayern Munich.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Selatan yang Merumput di Bayer Leverkusen 2021/2022

3. Gokhan Tore

5 Jebolan Akademi Bayer Leverkusesn yang Pernah Bermain di EPLpotret Gokhan Tore (marca.com)

Selanjutnya, ada sosok Gokhan Tore. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini pernah bergabung dengan tim muda Chelsea pada 2009. Namun, ia tak mampu mencatatkan satu penampilan bersama tim senior Chelsea hingga dilepas ke Hamburger.

Pada 2016/2017, Tore sempat kembali ke Inggris dengan membela West Ham United. Ia berstatus pemain pinjaman dari klub Turki, Besiktas, di sana. Bersama The Hammers, ia hanya mampu mencatatkan delapan penampilan.

4. Philip Heise

5 Jebolan Akademi Bayer Leverkusesn yang Pernah Bermain di EPLpotret Philip Heise (skysports.com)

Philip Heise merupakan pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Bayer Leverkusen dan berkarier di Premier League. Ia didatangkan Norwich City pada 2019 lalu dari klub Jerman, Dynamo Dresden.

Selama membela Norwich, kiprah Heise tak berjalan begitu baik. Ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Pada bursa transfer musim panas 2021, Heise akhirnya dilepas ke klub Jerman, Karlsruher SC, secara gratis.

5. Kai Havertz

5 Jebolan Akademi Bayer Leverkusesn yang Pernah Bermain di EPLKai Havertz (skysports.com)

Berbeda dari nama-nama di atas, Kai Havertz masih aktif bermain di kasta teratas Liga Inggris dengan memperkuat Chelsea. The Blues memboyong Havertz pada musim panas 2020 lalu dari Bayer Leverkusen. Biaya transfernya mencapai 89 juta euro atau setara dengan Rp1,39 triliun.

Pemain berusia 22 tahun ini mampu tampil apik di lini depan Chelsea. Sejauh ini, Havertz mencetak 22 gol dan 14 assist dalam 90 pertandingan. Performa ciamiknya membawa Chelsea meraih sederet trofi. Ia terikat kontrak hingga Juni 2025 mendatang.

Bayer Leverkusen sendiri berhasil menempati posisi ketiga klasemen Bundesliga 2021/2022 dengan perolehan 64 poin. Torehan ini membuat mereka bisa mentas di Liga Champions musim depan.

Baca Juga: 5 Fakta Keberhasilan FC Schalke 04 Promosi ke Bundesliga 2022/2023

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya