5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Liverpool di Piala FA

Liverpool akan melawan Chelsea di partai final

Liverpool berhasil lolos ke babak final Piala FA 2021/2022. The Reds berhasil mengalahkan klub asal Manchester, Manchester City, pada babak semifinal dengan agregat 2-3. Skuad asuhan Jurgen Klopp ini akan melawan Chelsea di partai final.

Duel ini akan berlangsung seru dan menarik. Pasalnya, skuad asuhan Thomas Tuchel telah dikalahkan The Reds pada babak final Piala Liga pada Februari 2022 lalu. Tentunya Chelsea tidak ingin menelan kekalahan kembali dan kehilangan kesempatan meraih trofi.

Di sisi lain, Liverpool juga akan menunjukkan performa terbaik untuk menambah gelarnya musim ini. Lantas, klub apa saja yang paling sering dihadapi Liverpool di Piala FA?

1. Everton (16)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Liverpool di Piala FApotret Divock Origi merayakan golnya ke gawang Everton (skysports.com)

Everton merupakan klub yang paling sering dihadapi oleh Liverpool di Piala FA. Kedua tim telah berhadapan sebanyak 16 kali. Dalam periode tersebut, Liverpool mampu meraih 8 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 4 kekalahan.

Liverpool sempat bertemu Everton pada putaran ketiga Piala FA pada musim 2019/2020. The Reds meraih kemenangan dengan skor 1-0. Di partai final Piala FA, kedua tim pernah  berhadapan, yaitu pada musim 1988/1989. The Reds berhasil memenangi pertandingan dengan skor 3-2.

2. Arsenal (11)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Liverpool di Piala FApotret duel Liverpool vs Arsenal (skysports.com)

Arsenal merupakan pemegang rekor dengan gelar terbanyak di ajang Piala FA. The Gunners telah memenangi 14 gelar sepanjang sejarah. Terakhir kali Arsenal memenangkan gelar tersebut pada 2019/2020. Mereka sukses mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1 di partai final.

Liverpool telah berhadapan dengan Arsenal sebanyak 11 kali. The Reds meraih 3 kemenangan, 3 hasil imbang, dan 5 kekalahan. Kedua tim sempat bertemu pada musim 2013/2014. Namun, The Reds harus menelan kekalahan dari The Gunners dengan skor 2-1.

Baca Juga: 6 Klub yang Sering Tampil di Final Piala FA, Ada Chelsea dan Liverpool

3. Manchester United (11)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Liverpool di Piala FApotret duel Liverpool vs Manchester United (skysports.com)

Liverpool dan Manchester United selalu menyajikan duel yang seru dan menarik. Mereka bisa dikatakan sebagai klub asal Inggris yang memiliki prestasi gemilang di kancah Eropa. Di ajang Piala FA, mereka telah bertemu sebanyak 11 kali.

The Reds mencatatkan 2 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 7 kekalahan. Terakhir kali mereka berjumpa di final Piala FA adalah pada musim 1995/1996. Setan Merah berhasil memenangi duel dengan skor 1-0.

4. Chelsea (10)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Liverpool di Piala FApotret Roberto Firmino berhadapan dengan pemain Chelsea (thisisanfield.com)

Liverpool telah melawan Chelsea di final Piala FA sebanyak 10 kali. Liverpool meraih 4 kemenangan dan 6 kekalahan. Pertemuan kedua tim pada musim 2011/2012 menjadi duel terakhir mereka di final Piala FA. Saat itu, Chelsea berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Liverpool dengan skor 2-1.

Pada musim ini mereka akan kembali berhadapan di final Piala FA. Duel ini akan berlangsung sengit. Skuad asuhan Jurgen Klopp akan menampilkan skuad terbaik melawan Chelsea. Duel tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 14 Mei 2022 mendatang.

5. Leicester (9)

5 Klub yang Paling Sering Dihadapi Liverpool di Piala FAduel Liverpool vs Leicester City (skysports.com)

Sepanjang sejarah, Leicester baru menjuarai ajang Piala FA sebanyak satu kali, yakni pada musim 2020/2021. The Foxes berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 0-1. Liverpool sendiri telah berhadapan dengan Leicester sebanyak 9 kali.

The Reds meraih 3 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 2 kekalahan. Terakhir kali mereka bertemu pada musim 1973/1974. Liverpool meraih kemenangan dengan skor 1-3.

 

Sepanjang sejarah, Liverpool baru memenangi Piala FA sebanyak 7 kali. Terakhir kali mereka memenangkan trofi tersebut pada musim 2005/2006 setelah mengalahkan West Ham di partai final. Mampukah Liverpool menambah gelarnya musim ini di ajang Piala FA?

Baca Juga: 3 Bintang saat Liverpool Bantai Manchester United

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya