5 Lulusan Akademi Barcelona yang Membela Tim Utama pada 2022/2023

Sukses diandalkan oleh Blaugrana!

Akademi Barcelona memang kerap dikatakan sebagai salah satu akademi terbaik. Pasalnya, banyak pemain bintang dunia yang memulai karier sepak bolanya dari akademi Barcelona.

Namun, tak semuanya berhasil promosi ke tim utama Barcelona. Ada yang memilih hengkang, ada juga yang dijual. Musim ini, setidaknya ada lima nama pemain lulusan akademi Barcelona yang membela tim utama. Siapa saja mereka?

1. Sergio Busquets

5 Lulusan Akademi Barcelona yang Membela Tim Utama pada 2022/2023Sergio Busquets (fcbarcelona.com)

Sergio Busquets merupakan pemain senior yang berseragam Barcelona saat ini. Pemain berkebangsaan Spanyol ini sejatinya hanya membela Barcelona sepanjang kariernya. Sang pemain telah promosi ke tim utama sejak musim panas 2008.

Berposisi gelandang bertahan, Busquets sukses tampil impresif dan konsisten di lini tengah. Hingga kini, ia telah membukukan 706 pertandingan dengan mencetak 18 gol dan 42 assist di semua kompetisi.

2. Sergi Roberto

5 Lulusan Akademi Barcelona yang Membela Tim Utama pada 2022/2023Sergi Roberto (instagram.com/sergiroberto)

Sama dengan Sergio Busquets, Sergi Roberto memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke akademi Barcelona. Pemain yang berposisi bek kanan ini mulai naik kasta ke tim senior pada musim panas 2013.

Sergi Roberto sempat menjadi andalan di lini belakang Barcelona. Namun, performanya kian menurun lantaran dimakan usia sehingga kini ia hanya menjadi pemain pelapis di skuad Barcelona.

Baca Juga: 5 Alumni La Masia yang Gagal Bersinar bersama Barcelona

3. Ronald Araujo 

5 Lulusan Akademi Barcelona yang Membela Tim Utama pada 2022/2023Ronald Araujo (instagram.com/ronaldaraujo)

Performa apiknya di tim akademi membuat Ronald Araujo berhasil promosi ke skuad utama pada musim panas 2020. Pemain berposisi bek tengah ini selalu memaksimalkan setiap kesempatan yang diberikan.

Alhasil, pemain berusia 23 tahun ini berhasil menjadi andalan di barisan belakang Barcelona. Selama berseragam Barcelona, ia telah mencatatkan 96 pertandingan dengan mencetak 7 gol dan 2 assist.

4. Ansu Fati

5 Lulusan Akademi Barcelona yang Membela Tim Utama pada 2022/2023Ansu Fati (instagram.com/ansufati)

Ansu Fati sempat digadang-gadang akan menjadi penerus dari Lionel Messi di Barcelona. Performa impresifnya membuat ia akhirnya promosi ke skuad utama. Bahkan, ia kini diberikan nomor punggung sepeninggalan Lionel Messi.

Sayangnya, ia kerap terkena cedera dan masih kesulitan menemukan sentuhan terbaiknya. Pemain berusia 20 tahun ini telah mencatatkan 88 pertandingan mencetak 25 gol dan 9 assist di tim senior.

5. Pablo Gavi

5 Lulusan Akademi Barcelona yang Membela Tim Utama pada 2022/2023Pablo Gavi (instagram.com/pablogavi)

Pablo Gavi mulai naik kasta ke tim utama pada musim panas 2021. Namanya mulai mencuat ketika ia berhasil memberikan performa impresif kala membela tim senior Barcelona.

Bahkan, performanya kian berkembang lantaran kerap diberikan menit bermain lebih pada musim lalu. Meski baru berusia 18 tahun, pemain berposisi gelandang tengah ini berhasil menjadi pemain utama di lini tengah. 

 

Meski kerap melahirkan pemain bintang, tak banyak yang memilih untuk bertahan dan menembus skuad utama Barcelona. Ada yang memilih untuk hengkang ke klub lain.

Baca Juga: Biodata dan Profil Princess Leonor, Putri Spanyol Kabarnya Naksir Gavi

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya