Comscore Tracker

6 Pelatih Terakhir yang Juara Liga Europa, Olivier Glasner Terbaru!

Selalu berbeda dalam enam musim ke belakang

Eintracht Frankfurt baru saja meraih gelar Liga Europa musim 2021/2022. Bagi klub berjuluk Die Adler tersebut, gelar ini menjadi gelar kedua mereka sepanjang sejarah. Di bawah asuhan Olivier Glasner, Frankfurt berhasil menjadi klub asal Jerman pertama yang meraih gelar Liga Europa setelah 25 tahun.

Berkat kemenangan ini, Glasner menjadi pelatih keenam dalam enam musim terakhir yang berhasil menjuarai gelar Liga Europa. Lantas, siapa saja enam pelatih terakhir yang sukses meraih gelar Liga Europa?

1. Jose Mourinho (2016/2017)

6 Pelatih Terakhir yang Juara Liga Europa, Olivier Glasner Terbaru!potret Jose Mourinho (skysports.com)

Manchester United menunjuk Jose Mourinho untuk menukangi Setan Merah pada musim 2016/2017. Pelatih asal Portugal bisa dikatakan sebagai salah satu pelatih terbaik saat ini. Bersama Manchester United, ia bertahan selama 3 musim (2016/2017 hingga 2018/2019).

Hebatnya, Mourinho berhasil memenangi gelar Liga Europa, Piala Liga, dan Community Shield. Di ajang Liga Europa, Mourinho berhasil meraih gelar usai mengalahkan wakil Belanda, Ajax, di partai final. Hingga kini, Mourinho menjadi pelatih terakhir yang mampu meraih trofi bersama Manchester United.

2. Diego Simeone (2017/2018)

6 Pelatih Terakhir yang Juara Liga Europa, Olivier Glasner Terbaru!potret Diego Simeone (skysports.com)

Diego Simeone merupakan salah satu pelatih dengan masa jabatan terlama saat ini. Ia telah menangani Atletico Madrid sejak musim 2011/2012. Selama melatih Los Rojiblancos, Simeone mampu meraih sederet trofi, termasuk dua gelar Liga Europa musim 2011/2012 dan 2017/2018.

Pada musim 2017/2018, Atletico Madrid berhasil menjuarai gelar Liga Europa setelah mengalahkan Marseille dengan skor 0-3 pada partai final. Terakhir kali Simeone meraih trofi bersama Atletico Madrid terjadi pada musim lalu. Ia berhasil menjuarai LaLiga musim 2020/2021.

3. Maurizio Sarri (2018/2019)

6 Pelatih Terakhir yang Juara Liga Europa, Olivier Glasner Terbaru!potret Maurizio Sarri menjuarai Liga Europa bersama Chelsea (skysports.com)

Pada musim 2018/2019, Chelsea menunjuk Maurizio Sarri sebagai juru taktik. Pada musim pertamanya, ia sukses membawa The Blues tampil apik di kancah Eropa. Pelatih asal Italia ini berhasil merengkuh trofi Liga Europa pada musim pertamanya.

Istimewanya, Chelsea menjuarai gelar tersebut usai mengalahkan rival sekota, yaitu Arsenal, dengan skor 4-1 di partai final. Meski juara Liga Europa, Chelsea tetap memecat Sarri pada akhir musim tersebut. Setelah itu, Sarri menukangi klub Italia, Juventus.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pantas Gantikan Marcos Alonso di Chelsea pada 2022/2023

4. Julen Lopetegui (2019/2020)

6 Pelatih Terakhir yang Juara Liga Europa, Olivier Glasner Terbaru!potret Julen Lopetegui menjuarai Liga Europa bersama Sevilla (skysports.com)

Sevilla memang bisa dikatakan sebagai klub tersukses di ajang Liga Europa. Sejauh ini,  Sevilla telah mengoleksi 6 trofi Liga Europa sepanjang sejarah. Julen Lopetegui menjadi pelatih terakhir yang mampu meraih gelar tersebut bersama Sevilla.

Hal itu terjadi di musim pertamanya menangani Sevilla, yaitu musim 2019/2020. Sevilla berhasil menjuarai gelar Liga Europa usai meraih kemenangan dari Inter Milan dengan skor 3-2. Catatan ini juga menjadi trofi pertama Lopetegui selama menangani klub.

5. Unai Emery (2020/2021)

6 Pelatih Terakhir yang Juara Liga Europa, Olivier Glasner Terbaru!potret Unai Emery (marca.com)

Unai Emery adalah pelatih tersukses sepanjang sejarah Liga Europa. Pelatih berkebangsaan Spanyol ini telah mengoleksi 4 trofi Liga Europa. 3 di antaranya ia raih saat bersama Sevilla. Pada musim 2020/2021, Emery berhasil membawa Villarreal memenangi Liga Europa.

Mereka berhasil memenangkan gelar tersebut usai mengalahkan Manchester United di partai final. Kemenangan tersebut membuat Villarreal berhasil meraih trofi Eropa perdana sepanjang sejarah.

6. Olivier Glasner (2021/2022)

6 Pelatih Terakhir yang Juara Liga Europa, Olivier Glasner Terbaru!potret Olivier Glasner (sportbild.bild.de)

Olivier Glasner menjadi pelatih teranyar yang meraih trofi Liga Europa. Pelatih asal Austria ini berhasil membawa Frankfurt juara Liga Europa dengan mengalahkan Rangers di partai final melalui babak adu penalti. Kemenangan ini membuat trofi Liga Europa kedua bagi Frankfurt.

Bagi Olivier Glasner, ini menjadi trofi pertamanya selama menukangi Frankfurt. Berkat kemenangan ini, Frankfurt akan mentas di Liga Champions musim depan. Glasner memiliki kontrak hingga Juni 2024 mendatang bersama Frankfurt.

 

Nama-nama diatas merupakan pelatih terakhir yang mampu membawa klubnya menjuarai Liga Europa. Patut dinantikan siapakah yang akan memenangkan Liga Europa pada musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Liga Europa Musim 2021/2022

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya