Comscore Tracker

5 Pemain asal Afrika Termahal yang Direkrut Chelsea, Ada Ziyech!

Terbaru ada sosok bek asal Senegal, Kalidou Koulibaly

Setelah kehilangan Andreas Christensen dan Antonio Rudiger pada musim panas 2022, Chelsea bergerak cepat menemukan pengganti yang mampu mengisi pos bek tengah. Alhasil, mereka pun memutuskan untuk merekrut Kalidou Koulibaly dari Napoli.

Pemain asal Senegal ini direkrut dengan biaya yang cukup mahal yang sekaligus membuatnya masuk dalam jajaran pemain asal Afrika termahal yang pernah didatangkan oleh Chelsea. Termasuk Kalidou Koulibaly, berikut ulasan kelima pemain Afrika termahal yang pernah digaet Chelsea.

Bagaimana kiprah mereka bersama The Blues?

1. Hakim Ziyech (Rp695 miliar)

5 Pemain asal Afrika Termahal yang Direkrut Chelsea, Ada Ziyech!Hakim Ziyech (twitter.com/premierleague)

Setelah membela Ajax Amsterdam dalam jangka waktu yang cukup lama, Hakim Ziyech memutuskan untuk hengkang dari klub raksasa sepak bola Belanda tersebut pada musim panas 2020. Pemain asal Maroko ini memilih Chelsea sebagai destinasi selanjutnya.

Hakim Ziyech ditebus The Blues dengan biaya 45 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar. Pemain yang berposisi winger ini pun mampu beradaptasi dengan baik di Premier League. Sejauh ini, ia telah mencatatkan 83 penampilan dengan mencetak 14 gol dan 10 assist.

2. Kalidou Koulibaly (Rp660 miliar)

5 Pemain asal Afrika Termahal yang Direkrut Chelsea, Ada Ziyech!Kalidou Koulibaly (instagram.com/kkoulibaly)

Kalidou Kolibaly sejatinya merupakan pemain anyar yang berada di dalam daftar ini. Pemain asal Senegal ini baru bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2022 setelah diboyong dengan biaya 43 juta euro atau setara Rp660 miliar dari Napoli.

Meski telah berusia 31 tahun, Chelsea berani menyodorkan kontrak jangka panjang untuk, yakni hingga Juni 2026 mendatang. Kala masih berseragam Napoli, Koulibaly sendiri mampu membukukan 316 penampilan dengan torehan 14 gol dan 8 assist

Baca Juga: Sepak terjang Kalidou Koulibaly, Pemain Baru Chelsea asal Senegal

3. Michael Essien (Rp660 miliar)

5 Pemain asal Afrika Termahal yang Direkrut Chelsea, Ada Ziyech!Michael Essien (twitter.com/squawka)

Michael Essien mulai jajal ketatnya persaingan di kompetisi sepak bola Inggris pada musim 2005. Pemain asal Ghana ini didatangkan Chelsea dengan biaya 43 juta euro atau setara dengan Rp660 miliar dari klub Prancis, Olympique Lyon. 

Pemilik 58 caps bersama Timnas Ghana ini berhasil tampil apik dan menjadi andalan utama di skuad Chelsea. Selama berseragam Chelsea, ia mampu menorehkan 256 penampilan dengan mencetak 25 gol dan 20 assist di semua kompetisi. 

4. Abdul-Rahman Baba (Rp451 miliar)

5 Pemain asal Afrika Termahal yang Direkrut Chelsea, Ada Ziyech!Abdul-Rahman Baba (twitter.com/chelseafc)

Pada musim panas 2015, Chelsea memutuskan mengontrak Abdul-Rahman Baba dari klub Jerman, FC Augsburg. Rekan senegara Michael Essien ini dibeli dengan biaya 29 juta euro atau setara dengan Rp451 miliar.

Sayangnya, kiprah Abdul-Rahman bersama Chelsea tak berjalan begitu baik. Ia lebih sering dipinjamkan Chelsea ke klub lain. Bersama Chelsea, pemain yang berposisi bek kiri ini hanya mampu mencatatkan 23 penampilan saja. 

5. Eduardo Mendy (Rp417 miliar)

5 Pemain asal Afrika Termahal yang Direkrut Chelsea, Ada Ziyech!Eduard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Performa Kepa Arrizabalaga dinilai tidak optimal sehingga membuat Chelsea mencari pengganti yang sepadan. Alhasil, The Blues merekrut Eduardo Mendy dari klub Prancis, Stade Rennais. Mendy diboyong dengan mahar 27 juta euro atau setara Rp417 miliar.

Meski digaet dengan biaya yang relatif murah, pemain asal Senegal ini berhasil menggeser posisi utama Kepa di bawah mistar gawang Chelsea. Sejauh ini, Mendy telah mencatatkan 93 penampilan dengan catatan 48 clean sheet. Ia juga sukses membantu Chelsea dalam meraih sejumlah titel bergengsi.

Talenta-talenta sepak bola asal Afrika makin menunjukkan dominasinya di klub-klub besar sepak bola, tak terkecuali di klub-klub Premier League. Siap jajal ketatnya persaingan Premier League 2022/2023, mampukah Kalidou Kolibaly tampil solid seperti saat ia masih merumput di Serie A?

Baca Juga: 10 Fakta Edouard Mendy, Penjaga Gawang Heroik Chelsea

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya