5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Borussia Dortmund

Hampir semuanya masih aktif membela klub top Eropa

Borussia Dortmund memang dikenal sebagai salah satu klub yang kerap menghasilkan pesepak bola berbakat. Alhasil, mereka berhasil tampil apik dan akhirnya menjadi incaran bagi klub-klub top Eropa lainnya.

Namun, ada juga yang bertahan cukup lama bersama Die Borussen dan sukses menorehkan banyak gol. Setidaknya, ada lima pemain aktif yang memiliki jumlah gol yang banyak dalam sejarah Borussia Dortmund. Berikut ulasannya!

1. Shinji Kagawa (60 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Borussia Dortmundpotret Shinji Kagawa (instagram.com/sk23.10)

Shinji Kagawa tercatat mulai membela Borussia Dortmund sejak musim 2010 silam. Hanya bertahan selama 2 musim, ia kemudian bergabung dengan Manchester United pada 2012 sebelum akhirnya kembali membela Die Borussen pada musim 2014.

Berposisi gelandang serang, Shinji Kagawa sempat menjadi pilihan utama klub. Selama berseragam Borussia Dortmund, pemain asal Jepang ini mampu mencatatkan 216 penampilan dengan mencetak 60 gol dan 55 assist.

2. Erling Haaland (86 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Borussia DortmundErling Haaland (instagram.com/erling.haaland)

Erling Haaland merupakan pemain yang baru dilepas oleh Borussia Dortmund pada musim panas 2022. Sebelum dilepas, pemain asal Norwegia ini sempat menjadi mesin gol tajam bagi Borussia Dortmund. Ia mulai bergabung dengan Dortmund pada musim 2020.

Meski hanya bertahan selama 2 musim, kiprah Erling Haaland bersama Borussia Dortmund terbilang ciamik. Pasalnya, pria berusia 22 tahun ini sukses membukukan 89 penampilan dengan mencetak 86 gol dan 23 assist bersama Die Borussen.

Baca Juga: Erling Haaland Rayu Bellingham Pindah ke Manchester City

3. Robert Lewandowski (103 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Borussia Dortmundpotret Robert Lewandowski berseragam Barcelona (instagram.com/_rl9)

Sebelum menjadi andalan di skuad Bayern Munchen, Robert Lewandowski menemukan sentuhan terbaiknya saat bersama Borussia Dortmund. Ia mulai membela Die Borussen sejak musim panas 2010. Ia ditebus dari salah satu klub Polandia pada musim tersebut.

Berposisi penyerang, Lewandowski sukses tampil cemerlang. Ia berhasil menorehkan 187 penampilan dengan mencetak 103 gol dan 42 assist bersama Borussia Dortmund. Kini, sang pemain telah meninggalkan Jerman dan bergabung ke Barcelona.

4. Pierre-Emerick Aubameyang (141 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Borussia DortmundPierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/chelseafc)

Pierre-Emerick Aubameyang mulai menjadi bagian skuad Borrusia Dortmund sejak musim panas 2013. Sang pemain ditebus dari klub Prancis, Saint-Etienne, dengan biaya 15 juta euro atau setara dengan Rp225 miliar.

Pemain asal Gabon ini menghabiskan waktu selama 6 musim kala berseragam Borussia Dortmund. Dalam periode tersebut, ia sukses tampil tajam di lini depan dengan mencetak 141 gol dan 36 assist dalam 213 penampilan. Kini, ia berkiprah di Inggris dan membela Chelsea.

5. Marco Reus (156 gol)

5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Borussia Dortmundpotret Marco Reus (instagram.com?marchinho11)

Marco Reus layak dikatakan sebagai salah satu legenda bagi penggemar Borussia Dortmund. Kesetiaannya dalam membela Die Borussen memang tak perlu diragukan lagi. Pemain asal Jerman ini telah bergabung dengan Dortmund sejak usia muda.

Meski sempat dilepas ke klub lain, Reus kembali ke berseragam Borussia Dortmund sejak musim 2012 hingga saat ini. Pemain yang berposisi gelandang serang ini telah membukukan 366 penampilan dengan mencetak 156 gol dan 118 assist.

 

Produktivitas mereka dalam mencetak gol saat membela Borussia Dortmund memang tak perlu diragukan lagi. Mereka sukses menunjukkan performa yang ciamik.

Baca Juga: Cedera Lagi, Marco Reus Masih Bisa Tampil di Piala Dunia 2022?

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya