5 Pemain Amerika Latin Termahal yang Pernah Direkrut Barcelona

Tak semuanya tampil cemerlang bersama Blaugrana

Barcelona merupakan klub papan atas yang berkompetisi di kasta teratas Liga Spanyol. Klub berjuluk Blaugrana ini memiliki sederet prestasi ciamik di Liga ataupun Eropa. Tak heran jika banyak sejumlah pemain top ingin memperkuat Barcelona.

Dalam beberapa tahun terakhir, Blaugrana kerap mendatangkan sejumlah pemain asal Amerika Latin dengan nilai transfer yang tinggi. Setidaknya ada lima pemain Amerika Latin termahal yang pernah direkrut Barcelona. Siapa sajakah mereka?

1. Philippe Coutinho

5 Pemain Amerika Latin Termahal yang Pernah Direkrut BarcelonaPhilippe Coutinho (skysports.com)

Philippe Coutinho merupakan pemain berkebangsaan Brasil yang didatangkan Barcelona dari Liverpool pada musim dingin 2018. Sang pemain didatangkan dengan nilai transfer yang fantastis. Ia direkrut dengan mahar 149 juta euro atau setara dengan Rp2,34 triliun.

Nilai tersebut merupakan pembelian termahal kedua sepanjang sejarah Barcelona. Kedatangan Coutinho diproyeksikan untuk mempertajam di lini depan. Namun, performa sang pemain dianggap gagal memenuhi ekspetasi Barcelona.

Bersama Barcelona, ia hanya mampu mencetak 25 gol dan 14 assist dalam 106 pertandingan. Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen dan Aston Villa. Namun, musim depan ia telah resmi dilepas ke klub Inggris, Aston Villa.

2. Neymar Jr

5 Pemain Amerika Latin Termahal yang Pernah Direkrut BarcelonaNeymar Jr (barcablaugranes.com)

Barcelona merekrut pemain asal Brasil pada musim 2013. Neymar didatangkan ke Camp Nou dari Santos dengan biaya yang cukup mahal, yakni 97 juta euro atau senilai Rp1,52 triliun. Berposisi sebagai winger, Neymar mampu menujukkan performa terbaik bersama Blaugrana.

Selama berkostum Barcelona, Neymar sukses menorehkan 105 gol dan 76 assist dalam 186 pertandingan. Performa gemilangnya membawa Barcelona sukses meraih sederet trofi. Pada 2017, kebersamaan Neymar dan Barcelona berakhir setelah ia diboyong klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain.

Baca Juga: Sadis! Mbappe Jadi Dalang di Balik Keinginan PSG Jual Neymar

3. Luis Suarez

5 Pemain Amerika Latin Termahal yang Pernah Direkrut BarcelonaLuis Suarez (eurosport.com)

Barcelona mendatangkan seorang stiker asal Uruguay dari klub yang sama dengan Philippe Coutinho, yakni Liverpool. Luis Suarez diboyong dengan nilai trasnfer mencapai 90 juta euro atau seharga Rp1,42 triliun. Suarez sukses tampil tajam kala berseragam Barcelona.

Tercatat, Suarez sukses membukukan 194 gol dan 113 assist dalam 282 penampilan. Bahkan, ia membentuk trio maut bersama Neymar dan Lionel Messi di lini depan. Ia bertahan selama 6 musim lamanya (2014--2020) bersama Barcelona. Kemudian, ia bergabung Atletico Madrid pada musim 2020.

4. Malcom

5 Pemain Amerika Latin Termahal yang Pernah Direkrut BarcelonaMalcom (skysports.com)

Pada musim 2018/2019, Barcelona mendatangkan Malcom dari klub Prancis, Bordeaux. Pemain yang berposisi sebagai winger ini diboyong dengan harga yang cukup mahal, yaitu 45 juta euro atau seharga Rp712 miliar. Namun, ia hanya bertahan selama semusim bersama Barcelona.

Selama membela Barcelona, Malcom hanya memainkan 24 pertandingan dengan mencetak 4 gol serta 2 assist. Kehadiran Malcom tak mampu membuat banyak perubahan bagi Barcelona sehingga ia dilepas ke klub Rusia, Zenit Saint Petersburg.

5. Paulinho

5 Pemain Amerika Latin Termahal yang Pernah Direkrut BarcelonaPaulinho (eurosport.com)

Terakhir ada sosok Paulinho. Pemain asal Brasil ini didatangkan Barcelona pada musim 2017/2018. Ia diboyong ke Camp Nou dengan nilai transfer mencapai sekitar 44 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar. Paulinho merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah.

Bersama Barcelona, Paulinho mampu mencatatkan 49 penampilan dengan mencetak 9 gol dan 3 assist. Tak hanya itu, ia juga berhasil meraih trofi bersama Blaugrana. Namun, kiprahnya bersama Barcelona berjalan tak begitu apik. Ia dipinjamkan ke klub Turki, Guangzhou, dan dipermanenkan klub tersebut.

 

Melihat kiprah kelima rekrutan di atas, tak semuanya berhasil memiliki performa gemilang bersama Barcelona. Dari daftar di atas, adakah pemain idolamu?

Baca Juga: 5 Transfer Mengejutkan yang Pernah Dilakukan Barcelona, Ada Paulinho!

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya