5 Pemain Belanda yang Bela Bayern Munchen Sebelum Ryan Gravenberch

Ryan Gravenberch baru saja diresmikan Die Roten!

Setelah berhasil mendatangkan Noussair Mazraoui dari Ajax Amsterdam secara gratis, Bayern Munchen kini kembali berhasil mendatangkan talenta muda berbakat dari Ajax. Pemain tersebut adalah Ryan Gravenberch.

Ryan Gravenberch menjadi nama terbaru pemain berpaspor Belanda yang akan membeka Bayern Munchen. Dalam sejarahnya, Bayern Munchen kerap mendatangkan pemain berkebangsaan Belanda. Berikut lima pemain top yang membela Bayern Munchen sebelum Ryan Gravenberch.

1. Roy Makaay 

5 Pemain Belanda yang Bela Bayern Munchen Sebelum Ryan GravenberchRoy Makaay (eurosport.com)

Bayern Munchen mendatangkan Roy Makaay pada musim 2003 lalu. Pemain asal Belanda ini diboyong ke Allianz Arena dengan biaya sekitar 22 juta euro atau setara dengan Rp343 miliar. Berposisi sebagai penyerang, Roy sukses menjadi mesin gol tajam Bayern Munchen.

Selama 4 musim berkostum Bayern Munchen, Roy mampu membukukan 181 penampilan dengan mencetak 103 gol dan 35 assists. Catatan impresifnya itu membawa Bayern Munchen sukses menjuarai sejumlah gelar bergengsi.

2. Mark van Bommel

5 Pemain Belanda yang Bela Bayern Munchen Sebelum Ryan GravenberchMark van Bommel (skysports.com)

Berikutnya, ada Mark van Bommel. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini mulai membela Bayern Munchen sejak musim 2006 silam. Ia didatangkan dari Barcelona hanya dengan biaya sekitar 6 juta euro atau senilai Rp104 miliar.

Mark van Bommel menghabiskan waktu selama 5 musim lamanya membela Bayern Munchen. Ia mampu mencatatkan 16 gol dan 21 assists dalam 187 penampilan di semua kompetisi. Pada musim 2011, ia akhirnya dilepas Die Roten ke AC Milan secara gratis.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda yang Gagal Memaksimalkan Potensinya, Siapa Saja?

3. Edson Braafheid

5 Pemain Belanda yang Bela Bayern Munchen Sebelum Ryan GravenberchEdson Braafheid (skysports.com)

Edson Braafheid didatangkan Bayern Munchen pada musim 2009 lalu. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini direkrut dengan harapan besar bagi Die Roten mengingat ia mampu tampil impresif kala berseragam FC Twente. 

Sayangnya, Edson Braafheid tak mampu menunjukkan performa apik bersama Die Roten. Ia hanya mampu mencatatkan 10 penampilan bersama Bayern Munchen. Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke Celtic sebelum akhirnya ia dilepas secara gratis ke Hoffeinhem.

4. Arjen Robben

5 Pemain Belanda yang Bela Bayern Munchen Sebelum Ryan GravenberchArjen Robben (skysports.com)

Arjen Robben bisa dikatakan sebagai salah satu pemain asal Belanda tersukses yang pernah membela Bayern Munchen. Robben mulai berseragam Die Roten pada musim 2009/2010. Ia direkrut dari Real Madrid dengan nilai 28 juta euro atau setara dengan Rp434 miliar.

Keputusannya untuk meninggalkan Real Madrid berbuah manis. Robben sukses menjadi andalan di lini depan Bayern Munchen. Mantan pemain Chelsea ini berhasil menorehkan 144 gol dan 101 assists dalam 309 laga. Kiprahnya bersama Bayern Munchen penuh bergemilang trofi.

5. Ryan Gravenberch

5 Pemain Belanda yang Bela Bayern Munchen Sebelum Ryan GravenberchRyan Gravenberch (bavarianfootballworks.com)

Ryan Gravenberch menjadi nama terbaru pemain Belanda yang akan membela Bayern Munchen. Performa apiknya bersama Ajax membuat Bayern Munchen kepincut. Alhasil, pemain yang berposisi sebagai gelandang ini berhasil diboyong ke Allianz Arena pada musim panas 2022.

Mengingat usianya yang baru menginjak 20 tahun, Ryan tentu akan menjadi proyeksi jangka panjang untuk Bayern Munchen. Ia diharapkan akan meningkatkan kualitasnya dan menjadi andalan Bayern Munchen musim depan.

 

Ryan Gravenberch akan menandatangani kontrak berdurasi jangka panjang hingga Juni 2027 mendatang. Sang pemain ditebus dengan biaya mencapai 25 juta euro atau senilai Rp383 miliar. Angka tersebut belum termasuk dari bonus yang akan diterima Ajax Amsterdam.

Baca Juga: 10 Potret Ryan Gravenberch, Wonderkid Termahal Eredivisie

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya