Comscore Tracker

5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Sporting Lisbon, Ada Nama Baru!

Bruno Fernandes masih menjadi pemain termahal

Sporting Lisbon merupakan klub top yang berkompetisi di kasta teratas Liga Portugal. Mereka memang dikenal kerap melahirkan talenta-talenta muda berbakat setiap tahunnya. Cristiano Ronaldo juga merupakan lulusan akademi Sporting Lisbon.

Dalam sejarahnya, Sporting Lisbon sering melepas para pemainnya ke klub top Eropa lainnya. Mereka dijual dengan harga yang cukup mahal. Inilah lima pemain yang dijual mahal oleh Sporting Lisbon. 

1. Luis Nani (Rp434 miliar)

5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Sporting Lisbon, Ada Nama Baru!Luis Nani (twitter.com/ojobabatundeiso)

Luis Nani merupakan pemain yang berasa dari akademi Sporting Lisbon. Pemain yang berposisi sebagai winger ini berhasil naik kasta ke tim senior pada musim 2005. Nani hanya butuh waktu selama 2 musim untuk membuat Manchester United tertarik merekrutnya.

Pada musim 2007, Luis Nani didatangkan Setan Merah dengan harga yang cukup mahal. Biaya transfernya mencapai 28 juta euro atau setara dengan Rp443 miliar. Nani sukses menunjukkan performa apik dan meraih berbagai trofi saat berseragam Manchester United.

2. Islam Slimani (Rp538 miliar)

5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Sporting Lisbon, Ada Nama Baru!Islam Slimani (twitter.com/HotspurRelated)

Islam Slimani mulai membela Sporting Lisbon pada musim 2013/2014. Sang pemain didatangkan dari klub Aljazair, CR Belouizdad. Slimani menghabiskan waktu selama 3 musim lamanya (2013--2016) bersama Sporting Lisbon.

Dalam periode tersebut, striker asal Aljazair sukses tampil tajam di lini depan Sporting. Ia mampu membukukan 61 gol dan 16 assist dalam 123 penampilan. Performa apiknya membuat Leicester City rela mengeluarkan dana 34 juta euro atau Rp538 miliar untuk merekrutnya.

Baca Juga: Mengenal Islam Slimani, The Dragon Slayer dari Leicester City

3. Nuno Mendes (Rp660 miliar)

5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Sporting Lisbon, Ada Nama Baru!Nuno Mendes (goal.com)

Nuno Mendes merupakan nama baru yang masuk dalam jajaran penjualan termahal Sporting Lisbon. Pemain asal Portugal ini merupakan produk asli akademi Sporting Lisbon. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini berhasil promosi ke tim senior pada musim 2019.

Penampilan apiknya membuat klub kaya raya Prancis, Paris Saint-Germain meminjam sang pemain pada musim panas lalu. Mendes dinilai mampu tampil impresif saat berkostum PSG. Hal tersebut membuat ia akhirnya dipermanenkan dengan harga 42 juta euro atau Rp660 miliar pada musim panas 2022.

4. Joao Mario (Rp660 miliar)

5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Sporting Lisbon, Ada Nama Baru!Joao Mario (twitter.com/ContesBlues)

Joao Mario memang memulai karier sepak bolanya dengan bergabung akademi Sporting Lisbon. Pemain berpaspor Portugal ini berhasil promosi ke tim senior pada musim 2014. Mario akhirnya dilepas ke Inter Milan dengan harga mahal pada 2016 lalu.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini dijual dengan harga sekitar 44 juta euro atau setara dengan Rp695 miliar. Sayangnya, Mario tak berhasil tampil impresif bersama Inter Milan. Ia kerap dipinjamkan ke klub lain hingga akhirnya ia dilepas ke Benfica secara gratis musim lalu.

5. Bruno Fernandes (Rp1,09 triliun)

5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Sporting Lisbon, Ada Nama Baru!Bruno Fernandes (skysports.com)

Bruno Fernandes masih menjadi pemegang rekor penjualan termahal Sporting Lisbon sepanjang masa. Pemain asal Portugal ini telah membela Sporting sejak musim 2017. Ia didatangkan dari Sampdoria dengan mahar 10 juta euro atau setara Rp168 miliar.

Bruno sukses menunjukkan performa impresif kala berseragam Sporting Lisbon. Ia mampu mencetak 63 gol dan 39 assist dalam 137 penampilan. Pada musim 2019/2020, Manchester United mendatangkannya dengan harga 69 juta euro atau senilai Rp1,09 triliun.

 

Sporting Lisbon memang tak pernah kehabisan talenta berbakat setiap tahunnya. Mereka memiliki akademi yang cukup baik dalam mengembangkan performa pemain muda.

Baca Juga: Bruno Fernandes: Tak Ada Pemain yang Layak Pakai Jersey MU

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya